Gubernur DKI Jakarta Resmikan Patung Arjuna (Video)

1
74

Ahok.Org – Patung Arjuna Wijaya yang dikenal dengan nama Patung Kuda, di simpang Jalan MH Thamrin-Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, selesai direvitalisasi.

Pematung Nyoman Nuarta mengganti bagian yang rusak dan menyempurnakan patung yang berdiri pada 1987 itu dengan menambah efek bayangan pada gerakan kuda.

Selain itu, dilakukan perbaikan sarana peralatan air mancur.

Peresmian atas selesainya pemugaran dan penataan kembali Patung Arjuna Wijaya ini dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Acara bertempat di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Minggu (11/1/2015) sore.

Arjuna Wijaya adalah ungkapan kata dari kemenangan Arjuna dalam membela kebenaran dan keberaniannya secara simbolis memberikan apresiasi terhadap sifat-sifat kesatriaan yang dahulu kala senantiasa dipahami masyarakat melalui cerita-cerita epos ‘Mahabarata’.

Fragmen tersebut menggambarkan bagaimana Arjuna dan Batara Kresna bertempur melawan Adipati Karna.

“Patung ini menandakan ketika anda ingin mewujudkan keadilan sosial, mau tidak mau angkat senjata untuk berperang,” ujar Ahok, sapaan Basuki Tjahaja Purnama.

Pemugaran serta pemeliharaan air mancur Patung Arjuna Wijaya didanai melalui kegiatan CSR Bank OCBC NISP.

Ini merupakan kedua kali bank swasta tersebut melakukan renovasi untuk perbaikan patung, setelah yang pertama pada tahun 2003.

“Saya berterima kasih kepada para pihak yang telah membantu,” kata Ahok.

Saat ini, patung Arjuna Wijaya memiliki dimensi panjang 40 meter, tinggi 4 meter, dan berat sekitar 3 ton. Patung itu terbuat dari bahan tembaga kuning.

Penataan air mancur, lampu dan taman di area patung itu juga bertujuan untuk menambah kemegahan dan keindahan patung ini sebagai salah satu ikon DKI Jakarta. [Tribunnews.com]

Hadiri Peresmian Patung Arjuna di Jl Merdeka Barat, Ahok ‘Dijemur’

Pada akhir pekan Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok) tetap menjalani aktivitasnya sebagai kepala daerah. Dia menghadiri acara peresmian patung Arjuna Wijaya di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Peresmian patung ini dilakukan di silang barat daya kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (11/1/2015). Sebuah Panggung dibuat menghadap ke arah patung Arjuna Wijaya yang berada di persimpangan Jalan Medan Merdeka Barat.

Dalam peresmian ini hadir sejumlah SKPD dan seniman patung Arjuna Wijaya, Nyoman Nuarta. Hadir juga sejumlah undangan dari anggota dari Bank OCBC yang menjadi mitra pembersihan patung ini.

Kondisi tenda ini menghadap ke arah matahari yang sedang bersinar terang. Silau pun tak terhindarkan. Beberapa undangan nampak menggunakan undangannya untuk menutup silau silaunya cahaya matahari yang mengenai wajah mereka.

Ahok yang duduk di barisan depan paling terpapar sinar matahari. Keringat terlihat bercucuran di wajahnya. Sesekali ia mengeluarkan sapu tangan dari saku celananya untuk mengelap keringat.

Saat giliran memberi sambutan, Ahok pun berkelar soal triknya matahari sore ini. “Akhirnya yang dijemur bukan depan saya. Sekarang belakang saya‎,” kata Ahok sambil memegang tengkuknya.

Undangan pun tampak tertawa mendengar kelakar Ahok. Ia lalu berbicara tentang peresmian patung tersebut. Ia bercerita pengalamannya berpolitik di awal kariernya. Selama Ahok berbicara, undangan acara masih tetap menutup wajahnya karena silau.

“Saya sengaja lama, biar nggak kepanasan,” ucapnya yang kembali membuat hadirin tersenyum.

Ia menyatakan apresiasinya pada seniman patung Arjuna Wijaya yang membuat patung itu. “Saya senang ketemu Nyoman. Saya pikir gambaran ini benar. Taruh (patungnya) sudah benar dengan arti yang baik,” ucap Ahok. [Detikcom]

Video:

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here