BTP Minta Semua Angkutan Umum Mau Dilebur dalam 1 Manajemen BUMD

2
63

Ahok.Org – Pasca turunnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Pemprov DKI berencana mengadakan pertemuan dengan Organda DKI untuk membicarakan penyesuaian tarif angkutan umum. Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok) berharap agar tarif angkutan umum bisa mengalami penyesuaian.

“Kita akan diskusikan, antara Organda dan Dishub. Kita nggak bisa sewenang-wenang kan. Kita mau bikin kebijakan bus itu disubsudi,” ujar Ahok kepada wartawan di SME Tower, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Minggu (18/1/2015).

Ke depan, suami Veronica Tan ini ingin semua jenis bus berada di bawah satu atap manajemen. Terlebih jika ketersediaan bus oleh Pemprov DKI sudah memadai. Hal ini bertujuan agar metode penerapan tarif angkutan bisa diseragamkan, yakni dengan metode pembayaran rupiah per kilometer (Rp/Km).

“Orang kalau kamu merasa rugi, ya silakan ikut kami rupiah per kilometer karena kalau bus kami cukup harganya murah orang pasti nggak mau naik bus kamu lagi. Kalau kamu nggak mau rugi gimana, kami tawarkan ikut kami,” lanjutnya.

Bagaimana kalau mereka tidak mau menerima konsep tersebut?

“Kalau dia nggak mau kita akan berperang dengan tarif kita nggak naik-naik. Bus kami nambah kamu akan hilang dengan sendirinya. Kamu mau nggak naik bus dengan jurusan yang sama, ini lebih nyaman dan lebih enak juga lebih murah dibandingkan itu,” jawab mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

“Pasti kamu milih nggak mau naik yang nggak jelas kan. Apalagi sopir kami articulated (bus gandeng) itu (gajinya) 3,5 UMP,” tutupnya. [Detikcom]

2 COMMENTS

  1. Seharusnya setiap Propinsi mendapat dana tambahan dari subsidi BBM yang telah dikurangi secara signifikan (Subsidi BBM Nasional thn 2014 250T tinggal hanya 50T pada thn 2015) Negara hemat 200T dari Subsidi BBM.

    Kalo DKI dapat 10% atau setara 20T, maka dana ini bisa untuk memberikan subsidi bagi Busway, kereta Komuter, APTB, Mikrolet, Metromini/Kopaja agar harganya dipatok murah.

    Serta sebagian dana bisa digunakan perpanjangan dan memperbanyak busway ke kota-kota mitra (botabek dan depok), bersama-sama dengan pemda kota mitra menjadi pemegang saham dan menyediakan lahan park n ride di kota-kota tsb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here