Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, BTP Kebut Pembangunan LRT

1
48

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) malam ini menjamu panitia Olympic Council of Asia (OCA). Ahok merasa bangga Jakarta dan Palembang menjadi kota yang dipercaya menjadi tuan Asian Games 2018.

“We are proud Jakarta and also Palembang will be the host of Asian Games 2018. Kita akan berikan yang terbaik untuk Asian Games,” ujar Ahok dalam sambutannya di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (26/1/2015).

Hadir dalam kesempatan ini Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin, Ketua DPRD DKI Prasetyo Edy Marsudi, Chairman of Coordination Committee Tsunekazu Takeda dan member of Coordination Committee Honorary Life Vice President Wei Jizhong. Untuk mewujudkan sebagai tuan rumah yang baik, Ahok tengah menggenjot pembangunan jalur kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT).

“Kita libatkan pengusaha untuk pinjamin dulu agar LRT bisa kebangun supaya orang dari bandara bisa langsung ke Kemayoran dan Kelapa Gading. Basket kan di Kelapa Gading,” lanjutnya.

“Kita punya sejarah jadi tuan rumah Asian Games 1962. Saya belum lahir tp kita bangga bisa menjadi tuan rumah saat itu,” sambung suami Veronica Tan tersebut.

Ahok menyebut akan ada 6-8 venue di Jakarta. Dia juga menargetkan pembangunan LRT dan kampung atlet rampung pada 2017 mendatang.

“Yang saya tahu Jakarta lebih banyak dibanding Palembang,” imbuhnya.

“Kita harap 2017 sudah siap dan try out dengan Youth Asian Games. Kalau bisa jalan, persiapan 2018 lebih matang. 3 tahun kita kejar. Stress juga nih,” tutup Ahok tertawa. [Detikcom]

Ahok Minta Kemenhub Selesaikan Kereta Bandara Sebelum Asian Games 2018

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta Kementerian Perhubungan untuk menyelesaikan pembangunan kereta bandara sebelum penyelenggaraan Asian Games 2018. Menurut dia, kereta bandara itu akan menjadi alternatif para peserta Asian Games di tengah padatnya lalu lintas Ibu Kota.

“Ini sejarah banget kan, makanya persiapan harus matang. Kami juga minta (pemerintah) pusat bangun kereta bandara dan selesai sebelum Asian Games,” kata Basuki dalam sambutannya di jamuan makan malam Olympic Council of Asia (OCA), di Balai Kota, Senin (26/1/2015).

Pemprov DKI juga meminta pengembang membangun light rail transit (LRT) untuk menunjang kereta bandara. Ia mengaku sudah membicarakan perihal ini kepada para pengembang.

Adapun para pengembang yang rencananya membangun LRT yakni Agung Sedayu Group, Agung Podomoro, JIExpo, PT Intiland, Lippo Group, Panin Group, Summarecon, dan Pakuwon Group.

Kemudian dua BUMD DKI yang juga akan berpartisipasi adalah PT Pembangunan Jaya Ancol dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Basuki menjelaskan, para pengembang memiliki kewajiban menyerahkan koefisien lantai bangunan (KLB) kepada Pemprov DKI.

Kewajiban KLB ini yang dipergunakan Basuki kepada pengembang untuk membangun LRT. “Kami libatkan pengusaha untuk membangun LRT dulu. Supaya orang dari bandara bisa langsung ke Kemayoran dan Kelapa Gading, venue basket kan di Kelapa Gading,” katanya.

Tidak hanya membangun LRT, pengembang juga dilibatkan membangun akomodasi bagi para atlet. Itu untuk menunjang perkampungan atlet yang akan dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta di kawasan Kemayoran Jakarta Pusat.

“Semua ini harus berhasil. DKI punya sejarah jadi tuan rumah Asian Games 1962 dan saya belum lahir tetapi kami bangga bisa menjadi tuan rumah saat itu,” kata Basuki.

Dalam kesempatan ini turut hadir pula Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin, Chairman of Coordination Committee Tsunekazu Takeda dan member of Coordination Committee Honorary Life Vice President Wei Jizhong. [Kompas.com]

1 COMMENT

  1. fiuh, luar biasa padat jalanan ini pak, bagaimana kalau buat kbijakan baru, ada deadline tahun sekian angkutan umum harus bbg, bis baru wajib bbg, trayek angkot khusus d jalan 1×1 saja, jalan 2×2 bis sbesar metro mini, jalan 3×2 keatas bis sbesar trans/tingkat, biar ringkas rapi bersih, sama 1 lg, imb mo bangun hrs sekian persen ada rth-nya, tengkyu he..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here