DKI Berencana Bangun Incenerator untuk Bakar Sampah

1
95

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) berencana akan membuat instalasi pembakaran sampah dengan suhu tinggi (incenerator). Hal ini menyusul jumlah sampah yang kian meningkat di Ibu Kota.

“Harus bangun incenerator. Kita nggak bisa lagi main angkut-angkut gitu. Harus diselesaikan di tempat,” ujar Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (18/2/2015).

“Tahun ini kita akan mulai pembangunan incenerator oleh Dinas Kebersihan, mereka ajukan multiyears dan PT Jakpro (PT Jakarta Propertindo). Jadi dua (incenerator). Jakpro bikin, kebersihan juga bikin,” lanjutnya.

Menurut Ahok, incenerator akan dibangun di tempat yang sudah ada di sejumlah wilayah Jabodetabek. Nantinya incenerator akan dibangun di tiga lokasi, yakni Marunda dan Sunter, Jakarta Utara serta Kembangan, Jakarta Barat.

“Kalau kita sudah bisa semua, jadi (sampah) nggak ada lagi yang dibuang. Inginnya begitu (100 persen) tapi kan butuh waktu,” kata Ahok.

Mantan Bupati Belitung Timur itu tengah merancang pembangunan incenerator. Bagaimana dengan sampah dari perumahan?

“Kan sudah ada Perdanya. Bayar langsung ke kita. Ini kita lagi rancang. Selama ini dikuasai oleh RW (Rukun Warga). RW kan harusnya mengurus sampai ke TPS. Faktanya RW mereka tidak ada biaya mungkin dia tanda kutip kasih ke sopir-sopir kebersihan,” ucapnya.

“Jadi sampah-sampah yang diangkut di rumah-rumah mewah itu sebenarnya mobil kebersihan DKI. Tapi uangnya tidak masuk ke Pemprov DKI. Malah ke RW. Itu tidak bisa, mau tidak mau sekarang harus bayar iuran juga. Langsung setor. Ini kita sedang siapkan, jadi dia kayak bayar auto debet atau bayar setahun berapa,” tutup Ahok.  [Detikcom]

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here