Sanksi dari Ahok untuk Pejabat Kongkalikong

3
65

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan menyerahkan nama-nama pejabat yang diduga terlibat dalam pengusulan anggaran siluman pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2015 pada hari ini. Nama-nama itu rencananya akan diserahkan ke instansi terkait, yakni Inspektorat Provinsi.

Kepala Inspektorat Lasro Marbun mengatakan, nama-nama itu nantinya akan langsung diproses. Sesuai instruksi Ahok, sapaan Basuki, kemungkinan besar pejabat yang diduga terlibat kongkalikong dengan oknum anggota DPRD itu akan langsung dicopot dari jabatannya.

“Perintahnya ke kami kalau memang ada pejabat yang terlibat akan dikasih sanksi. Kalau dari pemerintah daerah, akan diberikan sanksi yang sesuai. Kalau dari Pak Gubernur inginnya distafkan (dicopot dari jabatannya),” kata Lasro kepada Kompas.com, Selasa (17/3/2015).

Saat ditanyakan apakah akan ada proses hukum terhadap nama-nama itu, Lasro mengaku belum bisa memastikan. Sebab, dia mengaku masih belum mengetahui secara rinci siapa saja orang-orang yang dimaksudkan oleh Ahok.

“Kalau pelaporan ke aparat hukum, nanti kita lihat. Karena baru mau diserahkan, baru mau dicocokkan. Nama-namanya kan beliau (Ahok) yang punya kan,” ujar Lasro.

Pada Senin (15/3/2015) kemarin, Ahok mengaku telah mengantongi nama-nama pejabat yang menyusupkan anggaran ke dalam RAPBD DKI 2015. Selain nama anggota DPRD DKI Jakarta, Ahok menuding ada juga pejabat yang terlibat. Indikasinya adalah masih lolosnya pengadaan perangkat uninterruptible power supply (UPS) dalam anggaran tahun 2015.

“Ada pejabat eselon IV, eselon III, dan pejabat eselon II juga mungkin terlibat. Kami langsung stafkan. Aku sudah selidiki, ini mah sudah gampang mainnya. Pakai e-budgeting, siapa yang ngetik, siapa yang masukin, kami cari,” kata dia di Balai Kota. [Kompas.com]

3 COMMENTS

  1. Jadi jangan hanya yg di dprd di pemprov sendiri harus dilibas dan konsekuen, saya kira ini Pakgub sdh melakukan dengan ganas! Dan Pak Lasro sendiri bgmn? Terlibat atau hanya kecolongan? Semua hrs bersatu untuk terobosan yang terbaru sehingga selurus IND birokrasi propinsinya transparan. Syarat utamanya CINTA INDONESIA. Keep the war against corruption everyone!

  2. Dear pak ahok bagus pak ahok bersihkan semua org org yg tdk pantas di muka bumi bila perlu di bumi hanguskan , mereka tdk pantas ada di pemerintahan. Kami mendukung anda sebagai president ri. Siap memberi dukungan….

    Tetap tegas terhadap pelaku korupsi , tegakkan hukum sperti pisau tajam keatas,bantu rakyat yg susah hidupnya. Sperti kristus yg telah dulu melayani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here