Basuki Sayangkan Hilangnya Pulau di Kepulauan Seribu

2
54

Ahok.Org – Sebanyak lima dari 115 pulau yang berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu hilang. Padahal, kelima pulau yang hilang itu merupakan aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Kepulauan Seribu ini harta karunnya DKI lho. Mungkin lima pulau yang hilang itu karena dangkal tertutup air,” ujar Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta saat menyampaikan pengarahan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pemkab Kepulauan Seribu, Selasa (7/4).

Dikatakan Basuki, sejumlah pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu dapat dijadikan sebagai salah satu tujuan destinasi wisata wisatawan internasional.

“Jakarta tidak sekadar dikunjungi untuk investasi maupun kepentingan bisnis, tapi juga bisa dijadikan tempat untuk memanjakan mata dengan berbagai pemandangan indah di pulau-pulau Kepulauan Seribu,” katanya.

Basuki mengungkapkan, pulau – pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu bisa ditata menjadi destinasi wisata seperti Maldives.

Untuk merealisasikan impian tersebut, Pemprov DKI akan menggelar beauty contest atau lelang tender kepada perusahaan swasta untuk mereklamasi kembali kelima pulau yang hilang.

“Kita kasih swasta untuk reklamasi pulau – pulau tersebut. Nanti kalau sudah jadi, sertifikatnya milik DKI. Kalau mau sewa untuk bangun resort silakan, tapi 100 persen itu milik DKI,” ucapnya.

Terlebih, lanjut Basuki, Kabupaten Kepulauan Seribu memiliki visi untuk menjadi destinasi wisata dunia. Alhasil, persoalan turis dan budidaya harus dilakukan dan mendesain tata ruang Kepulauan Seribu dengan baik.

“Kita lagi susun Peraturan Daerah (Perda)-nya. Jangan sampai mana budidaya dan wisata dicampur aduk. Kalau di sini sudah terbangun resort dunia, pasti butuh makanan banyak dan di sekitarnya harus tumbuh budidaya,” tandasnya. [Beritajakarta]

2 COMMENTS

  1. Pulaunya ada 115, bangun jembatan pak yg menghubungkan Jkt dgn pulau2 itu, kl sdh ramai pengunjung pkl2 bs diungsikan ke situ, tiap2 pulau musti ada kekhasannya spt pulau utk kebun binatang, pulau utk fauna, utk wisata alam & pantai bening bersih, pulau utk memancing, utk universal studio spt Singapura, utk kasino (khususnya utk wisatawan asing, kl yg lokal dikenakan biaya tiket masuk yg tinggi spy nga sembarang judi), utk wisata dunia dlm btk miniatur, utk wisata nusantara dlm btk miniatur, utk wisata bawah laut spt seaworld, utk arena balap mobil skala internasional spt formula F1, utk arena olahraga skala olimpiade dan hotel2, dll semua pulau saling terhubung jembatan, sampai2 pulau khusus utk konsentrasi pembiakan benih hewan2 konsumsi berkualitas satu utk distribusi ke Jkt dan propinsi2 lain, kl pangan cukup nga perlu impor lg dan mustinya harga jg terjangkau warga.

  2. Sebentar juga yang gelandangan kere ribut lagi, demo protes, padahal bila mereka berKTP DKI Jakarta, digusurnya kerumah susun, bantu dong usaha pemrov membenahi kesejahteraan warganya.
    Jadilah manusia yg nrimo ing pandum, kalau belum bisa mandiri…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here