Basuki Ingin Sungai Ciliwung Jadi Sumber Air Baku

3
62

Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), ingin Sungai Ciliwung menjadi sumber air baku di ibukota. Terlebih, kondisi sungai itu tak pernah kering saat musim kemarau. Namun harus dilakukan normalisasi sungai agar kondisi air bisa lebih baik.

Basuki mengatakan, Sungai Ciliwung merupakan berkah bagi ibukota. Sehingga harus dijaga dan dilestarikan. “Kita akan mulai manfaatin Sungai Ciliwung. Makanya, harus normalisasi Sungai Ciliwung. Kita ngomong jujur, Ciliwung adalah berkah untuk orang Jakarta, bukan bencana,” ujar Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (18/9).

Menurut Basuki, saat musim kemarau seperti saat ini, Jakarta bisa tetap memanfaatkan Sungai Ciliwung. Terlebih saat ini Bendungan Katulampa sudah kering. “Di Katulampa ternyata waktu kemarau nggak ada air. Makanya kita coba dari Jatiluhur dan kita mau manfaatkan Ciliwung,” ucapnya.

Untuk itu, lanjut Basuki, Pemprov DKI Jakarta bersama dengan pemerintah pusat tengah melakukan normalisasi sungai. Namun beberapa warga yang berada di badan dan bantaran sungai harus direlokasi. Pemprov DKI juga telah menyiapkan rumah susun bagi warga yang direlokasi.

“Musim kemarau begitu panjang, Ciliwung masih kencang dan deras airnya. Artinya sumber air Ciliwung itu luar biasa buat Jakarta. Tapi, kenapa tidak bisa dimanfaatkan buat air. Makanya kita harus melakukan normalisasi Sungai Ciliwung,” katanya.

Basuki pun meminta dukungan dari berbagai kalangan untuk dapat menormalisasi sungai. Termasuk warga yang berada di badan dan bantaran sungai untuk mau direlokasi.  [Beritajakarta]

3 COMMENTS

  1. Menjadi bersih dan lestarinya Ciluwung dan semua sungai tergantung penuh pada penduduk JKT mereka harus mencintai dan menjaga environtment mereka. Mereka harus hidup berdisiplin dan ketat dan suka aturan. Jadi bukan karena diberi sanksi, tetapi karena passionnya adalah melakukan apa yang diaturkan, gitu! Ayo Jakarta, lebih bermartabat!

  2. Om Sak tolong titip ke PakGub mengapa semua naik bus digratiskan, kepada semua prajurit dan kepolisian, kepada penghuni rusunawa, sekarang kepada pegawai swasta, ini apa tidak lebai? Moga ini sementara saja, orang harus belajar, semua ada harganya sehingga lebih bisa menghargai! Nothing in this life is a taken for granted, every1!
    THX indeed OmSak tolong forward ya Om ke Om Basuki.

  3. normalisasi sungai atau kali cuma mengurangi air kiriman dibagian hulu sungai(perbatasan jakarta) dari daerah bogor dan sekitarnya tidak menyelesaikan banjir lokal dampak dari hujan lokal. setiap wilayah kelurahan sudah berbentuk cekung dimana setiap hujan keras akan menjadi waduk” kecil. ini yang harus dituntaskan masalahnya karena menyangkut warga kebanyakan.skr sudah di penghujung musim kemarau agak sulit mengatasinya kecuali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here