Basuki Resmikan Kantor Pelayanan Samsat Kecamatan

3
62

Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), meresmikan gerai Samsat pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di lima kantor kecamatan yang tersebar di lima wilayah kota DKI Jakarta. Kemudahan pelayanan kepada masyarakat, akan berdampak positif terhadap pendapatan pajak ibukota.

“Dibukanya gerai Samsat di lima kantor kecamatan juga wujud Pemprov DKI Jakarta untuk memberikan kemudahan layanan kepada warga dalam membayar pajak kendaraan bermotor,” ujar Basuki, saat meresmikan secara simbolik pelayanan PKB di Kantor Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (18/9).

Kelima kantor kecamatan yang telah memiliki pelayanan untuk PKB yaitu Kantor Kecamatan Penjaringan (Jakarta Utara), Kantor Kecamatan Pasar Minggu (Jakarta Selatan), Kantor Kecamatan Kebon Jeruk (Jakarta Barat), Kantor Kecamatan Pegadungan (Jakarta Timur) dan Kantor Kecamatan Kemayoran (Jakarta Pusat).

Menurut Basuki, keberadaan gerai Samsat di lima kantor kecamatan DKI merupakan kerjasama dengan Ditlantas Polda Metro Jaya, Jasa Raharja dan Bank DKI. Sehingga masyarakat bisa dengan mudah dan cepat melakukan pengurusan PKB dan pengesahan STNK. “Keberadaan gerai Samsat di kantor-kantor kecamatan juga berdampak pada peningkatan penerimaan pajak kendaraan bermotor,” ucap Basuki.

Gerai Samsat di lima kantor kecamatan tersebut, sebagai awal sebelum pada Januari 2016 diperluas ke seluruh kecamatan yang ada di DKI Jakarta. Pelayanan yang diberikan gerai Samsat di kecamatan, yaitu pengesahan STNK dan pembayaran pajak kendaraan bermotor yang memiliki masa tempo pajak 1 tahun. Sedangkan untuk wajib pajak badan, perusahaan atau kendaraan pribadi yang lebih dari 1 tahun, pelayanan tetap dilakukan di kantor Samsat induk.

Dalam acara peresmian tersebut, hadir pula Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian, Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI Agus Bambang Setiowidodo dan Direktur Utama Bank DKI Kresno Sediarsi. [Beritajakarta]

3 COMMENTS

  1. Selamat sore. Sy kecewa dgn petugas pemakaman taman kota,basmol jakbar
    Sy mau perpanjang tp d persulit, hanya karna surat perpanjang ilang.
    Sy harus menbayar tiap periode surat perpanjang yg hilang, dan kebetulan 2periode yg ilang.. Dan petugas itu meminta 150 tiap per periode.. Brrti 2periode 300rb.
    Padahal kan arsip di kantor pemakaman itu ada bukti sy sudah membayar periode sebelumnya.. Tolong d tindak lanjuti . trims

  2. Kepada pak ahok, selama ini saya penadatan dg sepakterjang pejabat wanita di pjk ibu maria yuli istiningsing, apa yg dilakukannya sejak thn lalu selama berjam2 di ruangan pak saefullah ( dulu blm sekfa ), dan juga kedekatannya dg kadin pelayanan pjk skg-agus bambang. Apakah pejabat ini memiliki hub. Diluar profesional kerja ya? Tlg pak ahok cek, bila terbukti kkn pak ahok berarti telah dibuat keliru oleh kolega2 sekda dan kpl dinas pjk skg. Info yg beredar mrk memang sama2 merintis dari dikdas,kemudian saling intensif berhubungan s.d mendapat posisi jabatan strategis. Percuma pak ahok teriak2 di media hrs bebas kkn para pejabat pemda bila ini dibiarkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here