Laporan Kunjungan Kerja Basuki ke Rotterdam Belanda

235
1570
Pintu air canal Amere Buiten, Amsterdam

Ahok – Berikut laporan langsung kunjungan kerja Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama ke Rotterdam, Belanda , 20-23 September 2015.

Tiba 20 September jam 8.25 , dijemput wakil Dubes RI, disambut WNI yang berdomisili di Amsterdam, Rotterdam dan kota-kota lainnya untuk berfoto dan beri bunga. Naik mobil dubes ke hotel Manhattan di Rotterdam. Sekitar 10.00, tiba di hotel, mandi dan makan.
11.30 Berangkat dengan menggunakan bis ke pelabuhan, naik kapal, sampai ke muara, melihat hasil reklamasi dan fungsi pelabuhan.
14.30 Menuju ke kantor tempat pameran dan informasinya untuk mendengarkan penjelasan.
16.00 Selesai, Saya terkejut melihat mereka dalam 5 tahun hanya menghabiskan 1 milyar euro saja, artinya kira-kira setara dengan Rp 3,5 T saja per tahunnya, bandingkan dengan siluman APBD 2015 yang Rp 12,1 T.
16.10 Dalam bis kembali menuju hotel.
16.50 Tiba di hotel, jam 17.30 untuk melanjutkan perjalanan ke KBRI Den Haag guna menghadiri jamuan makan malam dan bertatap muka bersama WNI disana.
17.35 Jalan menuju KBRI.
18.10 Sampai di KBRI, informasi banyak WNI yang datang untuk berjumpa, bahkan ada yang datang dari Jerman dan Belgia. Menjawab 12 pertanyaan dari para WNI sertaΒ  melayani permintaan berfoto.
22.40 Tiba kembali di hotel. Besok jam 7.oo sarapan dan melanjutkan kegiatan jam 7.45.
Senin, 21 September 2015

7.10 Sarapan dengan ikan Salmon yang ditangkap tidak jauh sehingga rasanya juga enak, apalagi coklatnya enak.
7.50 Berangkat dengan awlanya akan menggunakan satu bis, namun karena akan bertemu Menteri PU Belanda, kami dipinjamin mobil dinas Dubes RI, Mercy S 350. Saya bersama bu Tuty kepala Bappeda dan depan Dirut PT. Jakpro pak Abdul Hadi. Pembicaraan tentang topik pre-feasibilty terutama soal NCICD dan pulau O P Q, ini merupakan kelanjutan pertemuan di Jakarta 25 Agustus lalu, kami fokus bahas topik sbb:
1. Integrasi mudul, edit dan evaluasi kesimpulan pertemuan di Jakarta
2. Pelabuhan kerjasama sister port, strategi industrinya, pengembangan makro ekonomi
3. Perencanaan dan tata ruangnya
4. Aspek teknis dan estimasi biayanya
5. Kasus bisnis dan strategi pembiyaaannya
6. Analisa sosial ekonominya
7. Aspek lingkungan hidrologi dan pesisir

8.45 Kami sampai di Kementerian PU Belanda. Disediakan seperti lounge sehingga kami membuat kopi dan teh sendiri
9.00 Pertemuan dimulai, ditemani Bappeda, Dinas PU, BUMD dan Pelindo 3. Pak lino dari Pelindo 2 menyusul dari bandara. Bandara posisi -5 m dibawa permukaan laut. Hotel Manhattan -3 m dibawah permukaan laut.
9.35 Pak Lino tiba dari bandara, ini penting: sampaikan ke mereka untuk gabung BUMD Pelindo 2 dan Pelindo 3 dan port of Rotterdam join dan saham PT. KBN diserahkan ke Pelindo dan Jakpro untuk menaikkan nilai lahan industri dan logistik untuk pelabuhan laut jakarta. Saya jamin tidak akan ada intervensi politik untuk bisnis ini, 5 milyar dolar US New Tanjung Priok port.
11.15 Naik bis menuju pusat pompa besarnya, setelah Bertemu Menteri PU dan Lingkungan Hidup (Ibunda dari menteri PU kelahiran 1974 ini berdarah Ambon. Mendapatkan Drs, tahun 2002 sudah sudah menjadi Wakil Menteri).
Kita kenapa buat istilah Dra untuk perempuan. Diskriminasi gender? Pertemuan semua sesuai jadwal.
12.25 Sampai di pompa station ijmuiden di amsterdam
13.35 Kembali di bis menju restoran buat makan siang, jalan kaki ke bis hampir 10 menit.
13.40 Sampai restoran, pesan makanan. Ikan dan kerang hijaunya enak, di jakarta tdk berani makan kerang hijau, disini enak.
14.35 Berangkat ke acara selanjutnya.
15.30 Sampai di deltares, Research institute puslitbang air.
16.50 Jalan menuju pengolahan air limbahnya.
17.30 Tiba di Delfland yang merupakan tempat kontrol pengolahan air limbah.
18.40 Meninggalkan lokasi pusat kontrol airnya Delfland. Kembali ke hotel di Rotterdam.
19.30 Tiba di kapal bernama “SS Rotterdam” yang sudah fungsi jadi restoran. Benar-benar parah, ternyata tidak ada yang memesan tempat (booking), informasi sebelumnya katanya sudah memesan tempat, akhirnya saya ajak rombongan pulang ke hotel
saja, batalin, namun bis yang kami tumpangi sudah terlanjur pergi, jam 19.50, kami belum makan, kami terpaksa menunggu bis yang sudah terlanjur pergi dan janjinya akan menjemput kembali kami jam 21.00.
19.55 Mendapatkan kabar, staf ternyata telah memesan tempat namun menggunakan nama sekolah dosennya, akhirnya kami kembali lagi ke kapal dan akhirnya bisa santap siang di “SS Rotterdam”.
21.15 Meninggalkan restoran kapal menuju kembali ke hotel
21.35 Tiba kembali ke hotel. saya langsung mandi dan tidur, ngantuk sekali rasanya.

Mendengarkan penjelasan soal penampungan air hujan

Selasa, 22 September 2015

8.05 Sarapan, karena jam 8.30 harus kembali melanjutkan agenda kegiatan, agak terlambat karena habis olahraga full 1 jam.
8.55 Nunggu bis, mundur 30 menit dari jadwal, hujan gerimis sejak semalam.
9.10 Jalan menuju water plaza, tempat nampung air jika hujan, tetapi kalau kemarau jadi taman.
9.15 Tiba, lihat disain kota untuk menampung curahan air hujan, jalan kaki keliling kota melihat dan konsep agar air hujan tidak terbuang percuma begitu saja, termasuk pajak yang bisa dihemat oleh warga jika memiliki tempat untuk penampungan air berupa kebun diatas atap.
10.25 Naik ke bis, menuju lokasi bangunan parkir air.
10.35 Turun lagi sambil dijelaskan dari bis tadi.
10.55 Naik bis lagi setelah melihat ruangan penampung air dibawah gedung.
11.00 Turun meninjau apartemen mewah terintegarsi ada pasar basah.
11.30 Naik ke bis menuju Balaikota Rotterdam, tanda tangan MoU perpanjangan kerjasama, ditambahkan ada reklamasi 17 pulau NCICD. Dijamu makan siang oleh wali kota Abuthaleb (kelahiran Maroko yang orang tuanya masih di Maroko, tetapi bisa jadi wakikota Rotterdam walau seorang muslim). Dalam kota tetap ada macetnya, bedanya mereka ada alternatif trem dan trotoar
lebar dan jalur sepeda yang lebar.
11.50 Tiba di Balai Kota Rotterdam.
12.30 Selesai makan siang, kemudian tanta tangan MoU.
13.45 Naik Bis menuju kampus RDM (Research Development and Manufacture). Mobil bis full wifi, juga tremnya, apakah ini salah satu alasan anak muda di Rotterdam tidak milih menggunakan kendaraan pribadi?Β  karena bisa menggunakan akses internet.
14.25 Tiba di Kampus research. Mendapat penjelasan, center of expertise. Mereka paparkan banyak studi dan proyek yang mereka kerjakan, jadwalnya sampai jam 17, sudah seperti kuliah saja.
15.10 Setelah paparan dari dua Profesor, sekarang oleh PNS yang dikirim ke sini buat belajar selama 3 bln, tentang aset management, water plan , autoritas disiapa. Planning budgeting process dan bisa analisa aset management dan stararteginya. Giliran PNS kedua, kami kirim 6 PNS DKI untuk belajar di Roterrdam, andriansyah. Tanggung jawab musrenbang, gimana swasta dan publik mau partisipasi. Mau belajar soal CSR disini. Bagaimana perencanaannya, biaya, eksekusi dan setelahnya, khususnya water management. Anak-anak ini pintar berpikir out of The box, ini menjadi start up, menjadi incubator, dan co working place, ciptakan banyak hal, ada printer 3 dimensi, ada berbagai mesin. Orang-orang bisa datang kesini mulai perusahaan dan usaha.
16.20 Kembali ke bis, benar-benar sebuah sistem yang menyatukan industri, akademisi pemerintah dan orang-orangkreatif untuk menciptakan ide baru dan memproduksinya. Ada 2 anak muda yang jadi kaya dan punya perusahaan, setelah bergabung, ciptakan jembatan penyeberangan aman di rig lepas laut yang mampu koreksi kemiringan jembatan jika ada ombak besar.
17.05 Sampai di hotel, jam 18.30 jalan makan malam ketemu yang soal gasifikasi sampah
19.10 Tiba di restoran Euromast naik tower, ketemu yang punya gasifikasi sistem di swiss.
21.15 Berangkat pulang, pembicaraan soal gasifikasi yang 2400 celcius tidak meyakinkan yang 1200 celcius yang umum lebih bisa masuk akal. Kami putuskan batalkan saja yang
teknologi canggih belum ada.
21.30 Tiba di hotel, ada penggantian bis yang biasa jemput kami, mereka gunakan bis tingkat untuk city tour sekalian jemput kami, akhirnya rasakan naik bis tingkat city seeing yang jemput kami. Besok pagi jam 8.30 jalan sekaligus check out dari hotel.

Rabu, 23 September 2015

Pagi ini hingga siang hari akan kunjungi model tanggul seperti yang direncakan akan dibangun di Jakarta. Kami baru melanjutkan perjalanan pukul 09.00, cuaca hujan. Positif sekali, pak Lino dari Pelindo 2 sepakat, pulau sekita Tanjung Priok yang direklamasi, M, O, P, Q akan menjadi tambahan dari pulau N (New tanjung Priok port), semua akan digabung dengan nama Port of Jakarta. Ketemu sebelum berpisah dengan romobongan pak lino, sambil sarapan dan ngobrol, kemarin makan siang bersama walikota Dirut Port of Rotterdam, juga Dirut van Oord yang merupakan perusahaan reklamasi pembuat terusan Suez dan pelabuhan Tanjung Perak sejak awal, dan pengembangan Tanjung Priok juga pulau reklamasi dan port of rotterdam. Tolnya macet, jalan merayap.
9.45 tiba di Leiden, mr Jan Japp konsultan bank dunia yang membantu PU, beliau ini banyak membantu soal DKI, saya banyak belajar darinya. Tahun 1932 mereka nutup sebuah teluk, akhirnya semua jadi danau, dan reklamasi, kami hanya lihat yang di Almere Amsterdam, sebuah kota baru seperti Tangerang, mereka reklamasi dan pasang tanggul, mirip Pantai Indah Kapuk lakukan juga atas model dari Belanda ini. Kami juga akan ke Diemen untuk melihat sanitasi dan pengolahan air limbah.
Kami tidak ke Den Dever (giant sea wallnya Belanda, dipinjamin lebih baik lihat dan belajar yang bisa segera dibangun dan wajib, NCICD A, buat tanggul menahan di sisi utara Jakarta.
10.30 Tiba di danau yang sebelumnya merupakan teluk, karena Giant Sea Wall, jadi danau air tawar. Kalau teluk Jakarta jadi bangun NCICD C (giant sea wall), luasnya hanya 10 persen dari danau yang teluknya ditutup di Belanda ini. Tanggul yang kami jalani panjangnya 80 km, kalau keliling lahan yang dipasnag tanggul ini bisa 4 x panjang, dan semua ada beberapa wilayah, ibaratnya ada beberapa lahan, karena bekas danau, begitu ditutup, jadi lahan pertanian yang subur dan rata. Kapal keluar masuk, dibuat lok, seperti terusan Panama, ada 2 pintu.
11.00 Balik arah menuju Amsterdam, pengolahan air, sanitasi, air bersih, suplai air, semua dalam 1 perusahaan
11.40 Tiba
12.05 Mulai diruang presentasi sambil disediakan sop dan minuman.
13.00 Makan siang, sambil terus dengarkan presentasinya.
13.35 Selesai, kesepakatan, pemda dki menunjuk japkro lakukan kerjasama dgn water net, mereka sudah ada data dan mulai buat presentasi sejak 2004, BSD city mengandalkan mereka membangun semua ini, kami juga putuskan sistem incenerator sampah juga 1 paket semua, pu tata air akan mengerjakan hal2 yang infrastruktur dari apbd,
wilayah hulu di Banten dan Jabar juga akan jd tanggung jawab DKI.
13.45Β  Di bis menuju bandara, pesawat 16.45 penerbangan langsung ke Jakarta, rencana tiba jam 11 WIB. [Ditulis langsung oleh Basuki T. Purnama]

 

 

235 COMMENTS

  1. Banyak terimakasih PakGub for taking us with you lewat protokol schedule tiap hari yang closed and condensed ini. Memang luar biasa begitu sibuk dan masih bisa membuat diary dengan jam2nya, tumbs up every1. Dan tipikal Bahasa Indonesia Gub DKI JKT.Jadi RJLino juga ada ini serius ya Pak. Nightmare UPS 12,1T itu akan dicatat oleh sejarah IND Pak, jangan kawatir dan tak terlupakan bagaimana pertarungan yang ada dgn dprd.JKT harus bangga dan sungguh memanfaatkan memiliki Gub selangka ini yang tahu hal yang ditanganinya dan yang tidak segan belajar jika itu tidak diketahuinya. Dan karenanya mempunyai visi dan misi yang selalu kedepan dan pragmatis. Bagaimana dengan Pak Tri Joko yang juga serta, apakah dia juga belajar banyak dan mengoreksi failures nya. Sudah belanja alat berat belu Pak,awas dipecat sebelum 2015 berakhir, work with passion Pak Tri Joko jangan memble! Teladan sudah diberikan atasan Anda.
    Di selamat siang Rotterdam itu makan malam bukan? Menyatukan industri, akademisi dan pemerintah adalah sebuah breakthrough dan IND lewat JKT bisa melakukan itu asal korupsi distop!
    Jadi gasifikasi Swiss yang pernah dipaparkan dalam rapim itu tidak jadi, ganti yang tawaran Belanda? Not bad.
    Para insinyur perairan yang terbaik datang dari Belanda dan sekolahnya yang terbaik di Delf. Gasifikasi?
    Di Belanda orang lebih banyak naik sepeda, disamping efisien dan murah ada kesadaran tinggi di Eropa terutama Belanda dan Jerman dengan ramah lingkungan dan hidup sehat. Di JKT tidak bisa paru-paru akan bertimah karena polusi yang besar, tantangan Bos! Wifi dimana-mana di Eropa,juga dijalan atau ditaman, for free.
    Trimse PakGub, oga TA juga membacanya. Kepp up the hard work and no reatret and run run run,waste no time every1. Gub DKI the trailblazer ever!!

      • jangan begitu bro, ga ada Ahok tanpa Jokowi, ga ada jokowi tanpa bu Mega. sederhana, ga usah bicara itu lagi. penting bagaimana mempetahankan pak Ahok dan pak Jokowi kedepan. kita, sebagai bangsa perlu kedua duanya, keduanya saling menguatkan.Semoga Tuha selalu melindungi keduanya. Amin.

        • setuju, tanpa Mega tidak akan ada Jokowi di Jakarta dan di Istana dan tanpa Jokowi kecil kemungkinan Ahok di Jakarta. Mari kita doakan agar mereka pada porsinya masing-masing tidak lelah memberi yang terbaik bagi bangsa dan Jakarta. Berkat Jokowi, orang semakin mengenal Ahok, ternyata Ahoklah yang didambakan Jakarta selama ini. Tetap Semangat pak Ahok, jangan lelah beri yang terbaik buat jakarta, ganyang terus para koruptor.

      • pak ahok cuman fokus sama di jakarta, pak jokowi sama seluruh wilayah indonesia. Kalo mau komen mikir dulu jgn asal ngumbar omongan gak mutu. Apapun yg dikerjakan jokowi mau ada hasil nya apa gak kalo kamu sdh gak seneng sama orang nya gak bakalan ngaruh. Penduduk macam kmu ini bikin negara gak bisa maju. Karena pikiran nya dangkal dan negative trus. So sad

    • Kalau Saya lihat, Ahok the next RI2 / RI1
      Bersama Bapak Jokowi. Kedua Tokoh ini Kalau bersatu….Dasyat !!! saya hanya berharap dan ber-doa semoga tercapai. Siapa saja diantara mereka ber-2 menjadi RI1/RI2 pasti tetap mereka terbaik. SWAHA

  2. Memang benar luar biasa bapak Gubernur yang satu ini, disela sela kunker yang super padat masih menyempatkan diri menulis diary.
    Sukses dengan program pembangunan infrastruktur DKI semoga bisa dijadikan contoh untuk pembangunan infrastruktur kota kota lainnya di Indonesia.
    Best regards dari Belanda

  3. Terimakasih pak Ahok, banyak sekali perubahan yang saya rasakan akhir-akhir ini . Mulai dari jalan yang uda banyak diperbaiki, penanggulangan banjir di musim kemarau (kalau dulu pas banjir baru dikerjain) , asuransi kesehatan yang dijamin pemerintah (orang tua saya sekarang hidup lebih nyaman karena kesehatannya lebih terjamin) dan masih banyak lagi. Dengan transparansi dan keterbukaan pak Ahok sewaktu melakukan tugas juga membuat masyarakat lebih pintar dan tau masalah dan peluang yang SEBENARNYA terjadi pada negri ini. Saya yang rakyat biasa kesannya ikut terjun langsung di dalam meeting yang bapak lakukan. Saya jadi tau masalah dan solusi yang diberikan pak Ahok serta staffnya.

    HARAPAN….. inilah satu hal simple yang sudah lama hilang dan sekarang muncul lagi.
    Doa yang tulus dari saya semoga pak Ahok diberi kesehatan dan kesempatan dari Tuhan untuk berjuang terus dari atas.Semoga bisa mengarahkan Indonesia berada di rel yang benar menuju masa depan yang lebih baik. Kami yang di bawah juga akan mendukung penuh.
    We can do it….. kita pasti bisa !!!!!!!

  4. Salut Pak Ahok membuat gebrakan baru untuk menyampaikan seluruh agenda kunjungan kerja di luar negeri. Coba semua pejabat seperti Bapak, pasti INDONESIA MAJU DAN BERKEMBANG. Terima Kasih Pak, sudah menjalankan tanggung jawab dan kepercayaan warga DKI JAKARTA sebaik-baiknya.

  5. “16.00 Selesai, Basuki terkejut melihat mereka dalam 5 tahun hanya menghabiskan 1 milyar dolar euro saja, artinya kira-kira setara denga Rp 3,5 T saja, bandingkan dengan siluman APBD 2015 yang Rp 12,1 T.” –> salah konversi tuh, harusnya Rp.16,35T/5th atau Rp.3,27T/tahun

  6. Laporan serius tapi saya bacanya diselingi senyum2 sendiri, kata2nya pak ahok banget, apalagi yang ‘parah’ untuk pesen restoran yg hampir ditinggal balik ke hotel, trs komentar soal kerang hijau. Kalau p ahok bisa bikin diary gini, kok anggota dpr ga ya? Anyway, selamat kembali pulang ke tanah air, pak gub.

  7. hal yg biasa ini jd luar biasa ditgn anda pak, kenapa? krn belum ada pejabat yg melakukan ini bikin laporan kerja jelas agendanya mau ngapain aja jd rakyat tahu pemimpinnya kerja bukan jalan2 atau shopping, pejabat lain jgn malu utk mencontoh yg baik

  8. Mantap Ko Ahok…
    Semangat anda berjuang berlandaskan kepentingan rakyat, saya harap perjuangan anda selalu konsisten, Walaupun Beda Agama, Suku, dan Ras, tapi jiwa dan semangat anda membuat hal itu tak berarti lagi.
    Anda sudah bertindak sesuai dengan apa yang anda katakan, Tuhan Selalu menjadi saksi perbuatan kita.
    Semoga Panjang Umur Ko Ahok, supaya generasi muda bisa belajar dari Ko Ahok.

  9. Dear Pak Ahok,

    Baru kali ini saya temui rundown/itinerary secara rinci dari seorang gubernur yg ditulis sendiri diantara kesibukannya. Semua punya nilai positif, cermat dan hemat, bisa jadi contoh untuk para pejabat lain dan juga wakil rakyat yg bertugas keluar kota/negeri untuk memberikan laporan secara rinci. Terima kasih atas kerja nyata dan kecintaannya bagi bangsa ini secara total. Salam dua periode!

  10. Saya warga Ngawi Jawa Timur sangat mendambakan pak ahok untuk menjadi presiden ! atau wapres ! agar kota saya ngawi bs ikut punya smart city program yang sangat bermanfaat untuk rakyat ! bs mengawasi langsung kinerja pejabatnya ! dan salah satu program andalan pak basuki bs menerapkan system birokrasi yang terbaik setiap 3 bulan evaluasi berdasarkan kinerja ! berani mencopot pejabat yang ega baik !dan program2 unggulan lainya sungguh hebatnya pak ahok !

    • ayo kita doa kan bersama2! Seluruh agama satukan doa supaya suatu hari nanti, bisa terwujud. amiiin.
      Salam buat warga Ngawi! Terus menulis dan membuka mata tentang harapan ada nya pejabat jujur ini, bagi warga yg lainnya.

  11. Bravo Pak Ahok, terima kasih sdh ‘membawa’ kami beserta perjalanan Bapak ke Belanda. Semoga sukses selalu dan jangan lelah untuk terus memimpin kami. Indonesia is dying for leaders like you are and Pak Jokowi. Semoga kepemimpinan anda berdua mampu melahirkan generasi penerus dengan nilai idealis dan mematikan praktek korupsi di Indonesia.

    May God bless you and family, always..

  12. “An ordinary guy with extraordinary God.”
    May God will always bless you Pak Ahok.
    Some other people in this country should take an example on how you did your overseas job. Not only about how to compile a daily report, more important than that, how it can be implemented for the prosperity of the people in DKI Jakarta and Indonesia in general.
    Waiting for you to be a leader of this country.

    Sincerely,
    David Kuntel

    Former Government Employee
    Currently working as an Assistant at the Regional Secretariat Coral Triangle Initiative

  13. Luar biasa Mr. AHOK……
    Ini baru real Studi Banding…
    Hopefuly, anda terpilih lagi utk yg kedua kalinya mjd Gubernur DKI, biar tuntas tas pembangunan MRT, LRT, banjir Kanal, Sodetan Ciliwung Lingkar Toll, dll.
    Setelah itu, 2022 maju utk pilpres RI 1.

    GOD BLESS AND ANOINT You.

  14. Teruskan Pak Ahok…tularkan juga niat n semangat kerja yg bener ini ke semua aparat lain.

    APBD memang bs jd setan atau jd penolong…galakkan audit transparan thp penggunaannya, jd kan standar…sehingga anggaran di semua bagian di Indonesia pun harus “terpaksa” tranparan.

    Maju terus Indonesia…

    • PAK AHOK: FENOMENAL,FORMIDABEL,FANTASTIK,
      BONAFIDE, BRAVE, BERANI (MATI!)
      TAK TAKUT LAWAN (TAKUT TUHAN).
      PEMERHATI RAKYAT KECIL/MISKIN
      PAHLAWAN / PEMBERANTAS KORUPSI
      PEMIMPIN RAKYAT HANDAL, KONSEKUEN, KONSISTEN
      PANUTAN GENERASI MUDA INDONESIA
      GBU

  15. Sy warga Ngawi Jawa Timur sangat mendambakan pak ahok untuk menjadi presiden ! atau wapres ! agar kota saya ngawi bs ikut punya smart city program yang sangat bermanfaat untuk rakyat ! bs mengawasi langsung kinerja pejabatnya ! dan salah satu program andalan pak basuki bs menerapkan system birokrasi yang terbaik setiap 3 bulan evaluasi berdasarkan kinerja ! berani mencopot pejabat yang ega baik ! dan program2 unggulan lainya sungguh hebatnya pak ahok !

  16. perjalanan yang padat dan berarti…sama sekali tidak membuang2 waktu…kerja nyata.Semoga cara kerja Pa Ahok ini menjadi penyemangat generasi muda Indonesia….bekerjalah dgn segenap hati dan pakailah hatinurani dalam bekerja..jadilah berkat positif bagi banyak org….terimakasih Pa Ahok dan semua jajarannya yg bekerja dgn jerih lelah…jaga kesehatan semua!!

  17. Memberi laporan tertulis lengkap apa yang dikerjakan seorang Pejabat selama kunjungan kerja dinas ke luar negeri perlu menjadi keharusan. Apalagi atas biaya negara.
    Jangan seperti rombongan plesiran DPR yang ke Amerika. Tidak ada laporan pertanggungjawaban yang rinci karena memang mau ditutupi bahwa mereka itu sebenarnya hanya untuk plesiran, shopping dari uang saku perjalanan dinas. Kerja nyatanya praktis tidak ada.

  18. Itu baru perjalanan dinas yg benar,efektif,efisien dan akuntabel,andai saja semua pejabat punya paradigma seperti ahok….Tp itu suatu hal yg utopis,alih-alih mau seperti ahok mereka sebaliknya perjalanan dinas digunakan utk rekreasi,cari oleh2,selfie dan tidak jarang yang pergi ketempat maksiat…..masya Allah….!!! Negara ini sudah hampir sempurna kehancurannya kata Buya syafi’i maarif

  19. Saya bangga punya gubernur sepeeti anda Pak Ahok!! Terima kasih atas kerja kerasnya utk melayani masyarakat DKI.. Lawan korupsi, lawan inefisiensi.. Yang sehat terus pak

  20. gw sih benci banget loh sama Gubernur yg satu ini.. tiap kali baca berita dia, selalu sampe merinding karena salutnya ngga ketulungan lagi… bener-bener kamprett, kayaknya darahpun akan gw korbanin buat nih orang.

    • anda tidak sendiri bung…TO die for! Gw juga tergerak hati dengan segala perbuatan pejabat satu ini.
      Kita mulai dari diri sendiri, dan lingkungan kita. Terus bersuara, terus berbuat bro!

      • Iya betul banget! Mari kita menjadi ahok-ahok kecil, dimulai dari diri sendiri!
        Mari kita bersama-sama, bergandengan tangan membantu pak ahok dan pak jokowi melawan budaya korupsi, kita memulai dengan ucapan dan perbuatan kita!
        Indonesia bisa!

  21. Salut sama Ahok. Belanda bisa bersahabat dengan air. Jakarta harus segera mencontoh, tidak perlu malu. Mulai dengan membentuk Bagian Saluran Air yang bertanggung jawab terhadap semua gorong-gorong dan saluran air di Jakarta. Buat aturan bangun rumah harus buat saluran air dan merawatnya.
    Keep the good work!!

  22. Setuju …nyontek plek saja pak Ahok, th dpn ikut pilgub n lanjut ikutan pilpress …niscaya Indonesia bisa kejar ketinggalan dr neg Asean …selamat berkarya pak Ahok GBU …

    • MAAF, TIDAK MENERIMA PESANAN….
      kalian yang memilih gubsu, yah tanggungjawablah….
      saya berharap gubsu klen tu segera dikotakkan dengan amat sangat lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa kali…

  23. Maju Terus Pa.
    Ga perlu orang tau apa agamamu dan sukumu , asalkan engkau bermanfaat buat orang lain dan tidak menyusahkan orang yang lain itu sudah lebih dari cukup.
    Salut sama Pa Ahok.
    Terima Kasih Tuhan Engkau mengirim Orang seperti Bapa ini.

  24. pak klo ada kesempatan minta cerita versi lengkapnya ya. makasih.

    “Ada 2 anak muda yang jadi kaya dan punya perusahaan, setelah bergabung, ciptakan jembatan penyeberangan aman di rig lepas laut yang mampu koreksi kemiringan jembatan jika ada ombak besar.”

  25. Laporannya sederhana tp mudah dimengerti. Acaranya padat banget seperti ikut tour aja :).
    Lino ketar ketir juga dgn program pelabuhannya DKI,hingga dia mo gabung.
    Klo Lino pergi sendiri , gak bakalan diberi penjelasan yg detail.
    Semoga semua impian pak Ahok sukses diterapkan di Jkt.
    Yg terpenting pak Ahok telah tiba kembali di Jkt dgn sehat walafit.

  26. teringat sharing dgn BTP (pak ahok) waktu pertama kali ke Manado… klo kayak gini mimpin Jakarta, cita2 jadi Presiden bkan hal yg mustahil pak gubernur.. salut buat bpk.. GBU

  27. bukan melow bukan juga cengeng tp inilah fakta,,air mata ini tanpa sadar berlinang dan menetes membaca blog ini…sungguh saya sangat merindukan bangsaku ini punya pemimpin yang seperti ini,,Tuhan Pulihkan Indonesia ini,,amin.

    • Ya..anda tidak sendiri
      Saya sudah lakukan itu waktu pertama kali Pak Ahok memimpin rapat di DKI dan di unggah di You Tube.

      Begitu mengejutkan semua orang dan media.
      Sangat membanggakan dan mengharukan.
      Sesuatu yg dikatakan dari hati sampai ke hati ku, hati masyarakat, hati rakyat Indonesia.

  28. kereeennn… nanti kunjungan ke semarang juga ya…khan ada tuh bangunan peninggalan belanda. bawah tanah utk penampung air hujan dulu nya sih.itu loh lawang sewu. yang justru dijadiin tempat yg menyeramkan sama jepang.
    salut pak…

  29. Sangat luar biasa bapak ahok ini, baru kali ini saya melihat seorang pejabat negara menulis roundown kunjungannya sendiri.. semoga bisa memjadi contoh buat pejabat yg lain..
    Kunjungan keluar negeri memang bener2 bekerja….
    Lanjutkan pak.. Tuhan Yesus Memberkati..

    “salam 2 periode”

  30. Inilah pemimpin yg patut dicontoh oleh pemimpin daerah lainnya..transparan dlm segala aktifitas kerjanya.
    mendagri hari ini punya statement yg aneh mengenai pak ahok..saya kira anda wajib minta maaf untuk itu mr kumolo

  31. Salut dan bangga dgn gaya Pak Ahok.
    Pemimpin yg jujur dan ikhlas bekerja utk rakyatnya pasti akan sll di cintai rakyat.

    Sukses selalu Bapak yaaa

    (anak negeri di ujung sumatera – Sabang)

  32. Pak Ahok, you are the best. Jokowi harus mencari kloning pak Ahok sebanyak provinsi kita. Maju terus pak Ahok, kami mendukungmu dan sangat berharap perubahan nyata tidak menyiakan2 pajak dan disiplin yang harus kami bayar.

  33. Hebat Ahok,
    Satu hal lagi yg patut ditiru dari Pak Ahok : bhwa dg menulis sendiri laporan kunker, dapat memeriksa diri sendiri, apakah hasil belajar sdh tertanam dalam otak saya dan kalau ada yg membingungkan perlu dicatat utk dicari ! Maka penguasaan hasil belajar perfect !
    Luar biasa Pak ! SALUT deh…..deh,,

  34. Tidak ada kalimat yang pas saya ucapkan kecuali Terimakasih pak telah melakukan yang terbaik di Indonesia dan terus melakukannya pak, ini juga referensi untuk gubernur-gubernur yang lain menjadi standarisasi, good trendsetter. Just Do it, Mr.Governor

  35. Bangga punya Gubernur seperti Pak Ahok…
    Jalan di aspal sekarang kualitasnya bagus tebal”…infrastruktur Jakarta ditata dan dibenahi…
    Sehat selalu Pak…Jaga kondisi dan terus berkarya…
    Tuhan Besertamu…GBU

  36. Terima kasih pak Ahok.
    Laporan seperti ini bisa jadi contoh buat yang lain dan Bapak bisa mewajibkan setiap pegawai Pemprov yg ditugaskan secara Dinas untuk membuat Laporan seperti ini..
    Dengan demikian Dana/Biaya yang dikeluarkan oleh Dinas dapat dipertanggung jawabkan.
    Dengan Bapak sebagai Gubernur, mudah-mudahan DKI akan menjadi jauh lebih baik dan menjadi contoh bagi Pemda di provinsi lainnya….
    Selamat Bekerja….!

  37. ini mah bukan report tp kronologis atau berita acara. sederhana tetapi content yg dibutuhkan oleh rakyat sdh termaktub. Saluut pak Ahok .. Wish all leaders learn and be the agent of change like you .. Walau tantangannya berat tp Pak Gubernur membawanya dgn cara yg assiiikk … Saya support full pak πŸ™‚

  38. hohohoho….. Ingat loh buat bapak2, ibu2 pejabat negara yang mulia/terhormat kalo mau kunker ato studi banding ato lain2 perjalanan ke luar negeri pake duit negara JANGAN LUPA buat laporan yang lengkap sampe menit2nya yaahhh.. truss unggah laporannya ke media sosial/ media online. Karena Bapak Basuki Tjahaja Purnama a.k.a Bapak AHOK sudah buat STANDAR dan sudah jadi CONTOH dan TELADAN… Maju terus Pak Ahok.. Terus berantas korupsi dan memperjuangkan keadilan sosial.

  39. “Benar-benar parah, ternyata tidak ada yang memesan tempat (booking) .. ”

    Aku baca yang itu, ada rasa terharu dan agak sedikit geli .. ternyata pak ahok pernah ngalamin hal2 kek gitu ya .. hahaha .. yang nulis diary itu sendiri siapa ya ? apakah pak ahok sendiri ? kalau sendiri kok masih bisa sempet ya .. hebat sekali.

  40. Salut untuk pak Gubernur, jadwal yg padat, dan tulisan nya mudah dimengerti dgn bahasa yg mencerminkan apa adanya.
    JAdi teringat bung Karno, yg memiliki prinsip, bangsa ini harus terdidik, menguasai bidang, bukan sekedar buruh pekerja, atau penonton. Terus kirim pemuda2/pns untuk dilatih pak! Dan ambil alih saham2 yg sdh jatuh ke asing.
    Atau negosiasi ulang sementara ini.

    • Ini kan laporan lsg dr itinerary dia selama di sono, n lsg diupload pas dia smp jakarta. Ane yakin ada laporan yg resminya nanti. Yg bentuknya laporan pertanggungjawaban. Tapi itu kan butuh waktu. Btw, emang laporan yg lo mau yg kaya gmn? Bisa kasih contoh linknya? Ane jd mau tau siapa sih pejabat panutan lo?

      • Percuma pak. Wong pejabat teladannya nanti pas dicalonkan dri FPI. Hehehe
        Manusia terdidik pasti bisa menghargai effort positif yg sudah dilakukan org lain. Meskipun kecil. Klo seumur iduo cuma pake perasaan (dengki, tdk simpatik dsb) mending idup sendiri aja di di tengah rimba. Hehehe

    • Membaca cara anda menuliskan komentar, sepertinya anda lelah.
      Atau sepertinya anda sedang mengalami kekecewaan terbesar dalam hidup karena belum bisa melakukan hal yang berdampak positif bagi lingkungan.

  41. Saya rasa mencatat kegiatan selama kunker itu mudah, yang penting dicatat. Bikin laporan kan tinggal di rekap. Semoga setiap wakil rakyat bisa melek, bisa punya website sendiri, bisa semakin dekat dengan rakyat. YANG PENTING DICATAT.

  42. Saya kagum dan bangga dengan cara kerja dan prestasi Bapak Gubener Basuki T. Purnama. Semoga rencana dan kerja Bapak diberkati, dilindungi, dan diberikan kesehatan dalam melaksanakannya. GBU Pak Gubenur. Sukses selalu.

  43. ada usul dari saya untuk Bapak…tolong rincian biaya perjalanannya ke rotterdam di publikasikan ke media..klo memang bisa kenapa gak sekalian pak..biar semuanya terang benderang..Terimakasih.

  44. pak ahok. sy dr tangerang selatan. salut sekali dg bukti nyata pekerjaan bapak. sy berkecimpung dibidang water resources sangat ingin melihat indonesia ini maju dibidang water resourcenya. semoga bukan hanya DKI sj pak yg maju water resourcesnya tapi seluruh wilayah indonesia, karena sebenarnya sdh banyak putra2 bangsa yang dididik menjadi ahli2 water resources. jika Tuhan mengijinkan sy ingin sekali bs bergabung dg pak ahok untuk mewujudkan apa yg menjadi impian sy untuk membuat indonesia maju dibidang water resources. belajar dr pak ahok yang sdh terbukti memajukan DKI dr smua bidang.

  45. Untuk Pak Ahok….salut dan bangga punya Gubernur seperti Anda….membaca diary secara detail..serasa saya pergi bersama dengan Pak Ahok….banyak pelajaran yang bisa kita petik..gak rugi perjalanan Pak Ahok demi kemajuan Jakarta dan penyelesaian masalah tata kota…Sukses selalu Buat Pak AHok..semoga banyak warga yang semakin mendukung dan mendoakan kesuksesan Pak AHok memimpin Jakarta

  46. Dear Bro Ahok
    Sejak awal anda naik, impresi dihati, Tuhan yg angkat anda. Jadi walaupun sy harus kehilangan pek sy krn sepak terjang anda, Tuhan beri sy ketenangan. Sy hanya bs bilang makasih sdh punya hati buat kota dan bgs ini. Biarlah pujian2 yg ada dr rakyat tdk membuat anda sombong tp semakin rendah hati, biar nama Tuhan Yesus yg ditinggikan. Gbu nonstop

  47. baca dari awal sampai akhir, kerasa banget capeknya. padat, dituntut cepat dan harus bener2 konsen ke semua hal dalam waktu singkat. mantap sekali pak.

    akhir kata,
    sir, you da real MVP. #thumbup

  48. Wajibkan pemilik gedung tinggi di Jkarta, untuk menggunakan basement nya yang paling bawah untuk jadi penampungan air di kala musim hujan (minimal 2 bulan Januari sampaiFebruari). Kemudian dapat dikosongkan kembali pelan2 agar dapat dirembes ke air (Maret-April).
    IMB gedung tinggi dan rumah mewah harus dikaitkan ketersediaan basement sebagai tempat penampungan air di ms hujan. Meraka, seenaknya meninggikan daerahnya agar terhindar dari banjir, akibatnya sekeliling kompleks menjadi banjir.

  49. pak suka nangis haru gak sih pak banyak yang dukung dan doain bapak? saya aja baca komen orang2 support bapak sampe mau nangis happy πŸ˜€

    sukses terus ya pak. semoga bisa terus menjaga amanah. kita selalu doain! aamiin.

  50. Sungguh luar biasa. Salut untuk Pak Ahok. Bukan hanya Jakarta yang bangga tetapi Indonesia, memiliki sosok seperti Pak Ahok. Saya berharap Pak Ahok masih memimpin DKI Jakarta untuk periode berikutnya. Apabila di gantikan dengan Gubernur lain, saya tidak yakin Gubernur lain bisa kerja sebagus Pak Ahok.

    Berjuang terus Pak karena saya yakin banyak yang berwarga negara Indonesia akan mendukung.

  51. Semangat terus pak ahok, semoga amanah ya.. Yakin 2 periode utk gub DKI, di nusantara ini banyak orang pintar tapi tidak banyak orang yang benar. Warga berharap perubahan yang mumpuni utk jakarta lebih baik. Aamiin

  52. Super Ahok !!! Saya baca abis jadwal kerja Pak Ahok, bener2 ngk ada shopping2nya… salut Pak! Saya yakin, dibawah pimpinan Psk Ahok, Jakarta tdk butuh lama untuk menjadi seperti kota2 metropolitan di luar negeri!!!

  53. Pak Ahok..saya bukan warga DKI meski pernah punya KTP DKI. Saya warga Tangsel. Saya sering iri dengan orang DKI karena punya gubernur keren seperti Anda. Berani tidak populer tapi bekerja dengan benar adalah nilai yang sangat keren. Ah..andai Anda sekaligus memimpin Tangsel yang cuma segesekan kain jaraknya dengan DKI…

  54. Caranya sudah tepat …. Hanya tolong inspeksi juga soal pembangunan gedung tinggi di areal pemukiman warga yg notabene mengganggu lingkungan yang sekiranya akan mempunyai dampak negatif terhadap ketersediaan air tanah (belum ada PAM/Palija) seperti di wilayah jalan deplu bintaro yang saya rasa bapak sudah familiar dengan nama proyek tersebut …. Karena sudah sejak bapak masih wagub sudah didatangi oleh warga setempat perihal ini. Silahkan dimulai niatan baiknya terhadap warga/masyarakat kecil yang resah…. Selamat berjuang !!

  55. Smg p.ahok dpt mnjd presiden RI.byk org memusuhi p.ahok..tp kami yg mendukung p.ahok akan lbh byk dr mreka..krna kebaikan akan sll mndptkn bimbingan dr TUHAN YME..amieen..

  56. Salut pak Gubernur,
    udah dibaca trip reportnya dari awal sampai akhir koq gak ada acara foto-foto spt teman-teman yg lain pada ikutan foto dan selfie dgn Donald Trump? πŸ™‚

  57. saya berharap, apa yang Anda catat dan sesuai dengan kebutuhan Jakarta dan sesuai rencana, moga moga di Indonesia, bisa dieksekusi di lapangan. ini bagian awalnya saja, bagian selanjutnya yah proses eksekusinya. pangkas pns nggak berguna….naikkan pns muda yang yang punya visi misi jelas untuk Jakarta….gitu kira kira om…:)

    • Salut dgn kerja keras dan cepat.
      laporannya ditulis sendiri dan langsung .tipikal orang yg apa adanya .tanpa rekayasa /tanpa konsep .Dan biasanya laporan tulisan langsung tanpa konsep ,isinya jujur apa adanya.salut

  58. “wilayah hulu di Banten dan Jabar juga akan jd tanggung jawab DKI”.
    Di saat orang lain saling lempar tanggung jawab, pak Ahok malah lgsg mengurus semuanya sekaligus. TOP

  59. Ko Ahok memang keren abis…mudah-mudahan selalu berada dijalan yang benar yah Ko Ahok….saya tak akan pernah ragu untuk memilih anda memimpin kembali Jakarta bahkan untuk menjadi Presiden RI sekalipun…..saya rasa semua masyarakat Indonesia yang SADAR sangat menyukai dan menyayangi anda. BBU Ko Ahok

  60. Rencana Apalagi ini pak ahok, mau bikin jkt kayak belanda? Gile ente…
    Gw sbg anak muda jkt kagak terima,
    Kagak terima kalo cuma satu periode.

    Biarin aje masyarakat kota/prov lain pada ngiri pak ahok di jkt lagi. Wkwkwkwk :p

  61. Koh Ahok, kalo di tahun 2017 di DKI ternyata LEBIH BANYAK ORG GOBLOK yg tidak memilih anda jadi Gubernur atas dasar prestasi dan kinerja anda, maka kami yang ada di Jawa Timur akan berjuang untuk menyeret anda utk jadi JATIM 1.

    Yang laen jangan iri ya.. hahaha

  62. Ini contoh baik dari pak Ahok dg selalu menulis dari apa yg sdh dikerjakan, minimal risalah/notulen kegiatan.. bila semua pejabat bisa menulis secara transparan ats kegiatannya, mk koordinasi akan lbh mudah.. apalagi bila mau membangun dan memelihara infrastruktur spt bendungan besar. Tentu bogor,bekasi,tangerang (jabar dan banten) yg terkait dg DKI baik dimasalah drainase dan lalu lintas transportasinya, harusnya bisa saling mengawal bersama DKI JAYA. Diperlukan SISTEM MANAJEMEN MUTU dg folosofi bertindaklah apa yg tertulis/ditulisnya,dan tulislah/ rekamlah apa yg telah dikerjakannya. Selamat bertugas dan berjuang anak bangsa NKRI,semoga Tuhan melindungi kita semua dalam membangun bangsa ini yg pernah terjajah 350tahunan.

  63. salut pak untuk kerja kerasnya
    anggota dpr dan dprd ini harusnya juga melakukan yang sama, jangan cuma bisanya minta gedung baru, asisten ataupun tambahan tunjangan. kalau anda anggota dpr dprd bekerja dengan hati, pasti bisa melakukan yang sama seperti yang dilakukan pak Ahok.
    berjuang terus pak, dan buat Jakarta makin maju, setelah itu tugasnya membuat Indonesia lebih maju.

  64. Itin yg padat, yg tidak mungkin dibuat secara mendadak dan sembarangan.
    Saya yg pernah harus bikin/review itin perjalanan wisata saja, merasa susah bikinnya.
    Menurut saya, untuk bikin itin seperti ini, antara butuh waktu yg banyak, atau memang sudah profesional bikin itin padat.. πŸ˜€

    Anyway, great work Mr. Major.

  65. Selamat malam Pak Ahok. Pak Ahok memang luar biasa. Di sela-sela kesibukannya saat kunjungan kerja ke Belanda, Bapak masih sempat menulis kegiatan beserta waktunya secara detail. saya berdoa semoga Bapak ke depannya semakin sukses dalam merencanakan dan membangun propinsi DKI Jakarta untuk lebih maju lagi, transportasi umum semakin maju, kemacetan Jakarta dapat diminimalisir, dan banjir tahunan tidak menghampiri Jakarta lagi. Tuhan memberkati Pak Ahok beserta keluarga selalu.

  66. belajar dari Seoul, disana juga bagus tatanan kendaraan umumnya, mohon agar bapak juga dikit demi sedikit, memperbaiki transportasi umum di Ibu Kota.

    banyak berbicara dengan para bekpeker dr bbrp negara, mereka membutuhkan Peta Jakarta/ MAP yang bisa ditemukan dimana, bandara, dll, hal-hal apa saja yang bisa mereka datangi di sini, karna menurut saya, Jakarta justru lebih baik, ketimbang kota besar lain (Namun, tidak untuk polusinya)

    saya juga setuju, untuk adanya Wifi di setiap penjuru kota

    terima kasih bapak

    NB: semoga didiberikan kesempatan untuk tetap memberikan jakarta jadi lebih baik

  67. hebat pak Gubernur , realisasi kan secara bertahap dgn planning yg mantep dan realitas ,kirim terus anak-anak bangsa yang pintar dan berbudi pekerti utk belajar ke negeri maju.
    kami hanya bisa mendukung dalam doa
    selamat bekerja .
    Tuhan Memberkati

  68. pak ahok, saya ada usul ini. supaya dirikan partai baru, pengikut pasti bnyk, di cari pemimpin muda yg bnr2 jujur dan teruji,seluruuh indonesia pasti dukung anda,untuk menciptakan generasi penerus yg bnr2 andal, untuk di tempatkan jadi dpr, soalnya sekarang ini saya bingung, mau milih suara, ternyata yg di pilih busuk semua, buang anggaran, cari yg bnr2 bersih pasti, inilah wadahnya, takutnya pak ahok skrg sdh berhasil,tapi penerusnya, nggak ada,akhirnya kembali lagi jadi busuk, seperti semula, mari kita benahi mulai ,skrg menuju indonesia baru,biar ada bnyk ahok2222 yg lain, terima kasih

  69. Dear Koh Ahok,

    Jujur saya sudah biasa melihat & mendengar berita-berita tentang kehebatan Koh Ahok dimana-mana. Top markotop lah…salut Koh.
    Saya titip pesan saja Koh, proyeksikan tahun 2016 bisa ada minimal 5 orang yang tindak tanduknya seperti Koh Ahok di DPR. Tolong di tularkan ilmunya, biar tidak pada ngelantur semua.
    Bila ada teknologi kloning mending Koh Ahok di kloning saja.
    Salam.

  70. Saya WNI yang tinggal di Rotterdam dan saya senang Bapak sudah mengunjungi Rotterdam dan belajar dari Rotterdam. Satu lagi Pak Ahok, di Rotterdam, anjing-anjing dihargai dan dilindungi. Di sini tidak ada perdagangan daging anjing bahkan kami wajib bayar pajak atas kepemilikan anjing. Anjing adalah binatang peliharaan yang dilindungi. Pemerintah Rotterdam juga menyediakan ruang hijau bagi anjing dan pemiliknya untuk jalan-jalan. Memiliki anjing memberikan kesempatan kepada pemilik untuk menikmati alam dan juga beraktivitas. Saya heran dengan rencana anda yang akan mengatur perdagangan daging anjing. Apakah manusia segitu serakahnya hingga semua jenis daging harus dimakan? Mohon diperhitungkan kembali dan larang perdagangan daging anjing di Jakarta!

    • Dear Pak Ahok, hanya ini yang bisa saya sampaikan kepada Bapak, hikmat dari surga yang menuntun Bapak untuk memberi yang terbaik untuk Jakarta dan Indonesia, Kekuatan dan kelimpahan dari Tuhan yang memampukan Bapak untuk hidup berkenan dan hidup yang dinikmati oleh Tuhan. Membenci bentuk dosa seperti apapun. Maju Pak..PendampingMu yang dahsyat adalah setia bagi Bapak yang setia melakukan perbuatan benar menurut kehendakNya. AMin!

      • Mengenai tulisan Bapak soal kenapa pelajar banyak memakai angkutan umum di belanda dari pada mobil karena di Belanda Pelajar tidak perlu membayar ongkos transport bus atau train, karena free selama masa bersekolah. saptu minggu cuma dikenakan biaya 40 %.
        Juga biaya sekolah free sampai batas usia 17 tahun. 1 bulan sebelem mencapai usia 18 tahun, akan datang surat dari pemerintah yang mengatakan bahwa jika pelajar ingin melanjutkan sekolah dan tidak ada biaya maka boleh meminjam ke pemerintah biaya kuliah dan biaya hidup sampai dengan selesai kulia dan akan dilunasi setelah selesai kuliah atau dalam kurun waktu 4 sampai dengan 5 tahundengan jangka waktu pengembalian pinjaman selama 36 tahun dengan bunga sangat rendah.Jadi semua pelajar tanpa terkecuali bisa melanjutkan kuliah danmendapatkan pekerjaan yang layak.

  71. Gue warga DKI dari tahun 1982 an jadi Golput aktif, datang ke TPS tapi surat suaranya gue ‘rusak’.

    Tapi saat Jokowi dan Ahok ikutan pilkada DKI, gue ikuti suara hati kalau saat itu gue harus coblos beneran untuk duet Jokowi Ahok, sambil berharap nantinya duet ini bisa jalan berkah buat warga DKI. Sekarang gue bangga sama Ahok yang jujur, berani punya integritas seperti bang Ali Sadikin, tuntasin satu periode lagi pak Ahok, gue pasti pilih sampeyan lagi!

  72. Pak Ahok, TETAP SEMANGAT ya… walaupun banyak yang mencela bapak, selama bapak melakukannya untuk kebenaran dan keadilan, jangan putus asa, jangan bersedih, you will reap what you sowed… banyak2 sabar ya pak… nanti pasti akan terlihat hasil kerja bapak… God Bless You…

  73. Sebenar nya saya khawatir waktu Pak Ahok mau pergi ke Belanda . Karna Pak Ahok banyak sekali musuh nya . Saya takut kalau 2 kejadian Munir yang ke Dua Terjadi lagi di Pesawat di mana Pak Ahoh ada di dalam nya . Puji Syukur semua tdk terjadi , TUHAN Pasti melindungi Orang Benar Karna Munir di Racun juga waktu pergi ke Belanda .
    Salut untuk Pak Ahok Bekerjalah terus dengan Hati Nurani . TUHAN Melindingi dan Menjagai Anda dan Kel .

  74. website nya digarap serius .Salut sekali membacanya. Begitu sistematis. Seandainya Pejabat yang Kunker ke luar negeri semua seperti ini, tentu ada hasil yang bisa dicapai di dalam negeri. Saya dukung untuk RI-2 pak. Semoga sukses. Semoga cara kerja bapak menular ke Pemimpin daerah lain.

  75. Terimakasih pak ahok, salam hormat saya buat bapak, dirimu ispirasi bagi jutaan pemuda indonesia termasuk saya pribadi, dan saya sudah mengumpulkan KTP dari lingkungan keluarga saya dan lingkungan tempat kerja saya untuk mendukung bapak kembali memimpin Ibu Kota.

    Sukses selalu pak Tuhan Menjagamu karena kamu selalu berjalan dijalan kebenaran.

  76. Jujur saya bukan orang jakarta, saya dari kota yang bersebelahan dan sering digadang sebagai biang banjir jakarta. Awalnya saya sangat anti pergi ke jakarta, macet, panas apalagi kalau sudah banjir. Minta ampun. Tapi beberapa waktu belakangan ini saya rasa beda, suatu kesempatan saya ke jakarta dan saya lihat penataan kota yang mulai baik, trotoar menjadi sedikit layak. Dan fasilitas umum juga banyak yang di pengaruhi seperti taman kota.
    Saya salut terhadap bpk. Gubernur, dalam padatnya saja masih sempat menulis berbagai laporan untuk rakyat. Saya doakan terus pak ahok. Semoga anda bisa tetap manjadi pemimpin yang tegas dan berani, tanpa meninggalkan rakyatnya.

  77. Kepada yth, Gubernur DKI a.n.BCP/ Ahok
    (kehilangan helm baru saat wisata balaikota dan kami sangat kecewa sekali)
    Sesuai dengan ide Bapak menjadikan hari sabtu, minggu menjadikan gedung kantor lama menjadi tempat wisata balaikota membuat kami sebagai masyarakat ibukota sangat senang dimana selain pembelajaran kepada generasi tua/ muda akan sejarah Jakarta dan rencana pembangunan ke depannya,juga dengan kulinernya dengan harga terjangkau maka kami sangat berterima kasih sekali, maka dengan sukacita kami datang berwisata balaikota pada tanggal 26 september 2015 jam 11.00 wib, tapi kami kecewa dengan apa yang kami alami saat kami mau pulang sekitar jam 16.30 wib sore hari karena helm yang kami simpan di motor kami hilang digondol maling yang tidak bertanggung jawab, saat itu kami cari Petugas Parkirnya selama 1 (satu) jam tapi tidak ada ditempat, dan perlu diketahui motor kami parkir di besmen lantai 3(tiga) dan kami cari petugas parkir dari lantai bawah sampai parkir atas tidak ada sebagai tempat/ tujuan pengaduan orang2 yang punya masalah, akhirnya kami pulang jam 18.00 sore dan kepada petugas penjaga karcis dipintu keluar kami laporkan kejadian itu tapi responnya tidak seperti yang kami harapkan malah dia tersenyum seolah2 itu bukan bagian dari tanggung jawabnya, memang wisatanya gratis tapi kami tidak mau dihargai dengan helm yang baru kami beli seharga Rp. 160.000,–untuk itu kami Moho kepada Bapak gubernur untuk mempertimbangkan kelanjutan masa kerja petugas parkir Balaikota semuanya yang sepertimya sudah terkontaminasi dengan hilangnya barang pribadi kami ditempat parkir besmen lantai 3 bawah tersebut, dimana mereka ogah2an disaat bertugas melayani masyarakat. terimakasih Bapak Gubernur kami tetap mendukungmu…. amin

  78. Ini contoh transparan, kunjungan kerja yang teagenda secara detail waktu, tempat, apa yang dilakukan. kami rindu pimpinan seperti ini terlepas dari kesan sering marah-marah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here