BTP Tepis Lebih Dekat ke Pengusaha Daripada Wong Cilik

7
112

Ahok – Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama (Ahok) menepis kedekatannya dengan para pengusaha Ibu Kota membuat dia lupa dengan wong cilik. Ahok menegaskan hal itu tidak benar karena ia sudah disumpah untuk bekerja mengabdi dan menyejahterakan warga DKI dengan cara memenuhi dompet, perut dan kepala.

“Kamu lihat sekarang saya membebaskan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) Rp 1 miliar ke bawah, saya memberikan KJP (Kartu Jakarta Pintar) hampir Rp 600 ribu, di akhir tahun saya buat PPSU (Petugas Prasarana dan Sarana Umum) sudah tidak lagi diberikan kepada pengusaha. Dulu semua pekerja di Jakarta itu dari pengusaha, sekarang saya cabut langsung,” ujar Ahok di Hotel Millenium, Jl Fachruddin 3, Jakarta Pusat, Kamis (15/10/2015).

Tak hanya itu, Ahok juga mengatakan dirinya senantiasa meluangkan waktu di akhir pekan untuk datang menghadiri pernikahan warga yang dirayakan di gang-gang sempit perumahan. Kesempatan itu juga dimanfaatkan Ahok untuk menanyakan langsung apa saja kebutuhan mereka selama ini.

“Terus kawinan orang miskin hadir enggak? Hadir. Saya lebih memilih hadir di kawinan kampung berjemur Sabtu-Minggu untuk mengetahui kebutuhan mereka,” lanjutnya.

“Kenapa kami bebaskan orang dengan gaji (pas-pasan dengan) UMP bebas naik bus? Apa itu bukan membela wong cilik?” tanya Ahok.

Mantan Bupati Belitung Timur ini juga menyebut keinginannya untuk merevitalisasi jembatan halte busway dan jembatan penyeberangan orang (JPO) yang ada di Ibu Kota. Ia menilai apabila jembatan masih bisa diperlebar maka itu memungkinkan para penjual kaki lima (PKL) untuk menjajakan dagangannya di sana.

“Kenapa enggak sekalian dibuat toko? Jembatan penyeberangan dilebarin untuk menolong PKL supaya mereka bisa mendekatkan diri pada yang lewat. Nah, kalau saya lakukan itu bukan buat wong cilik saya enggak ngerti harus apa lagi namanya,” urai dia.

“Terus saya dibilang menguntungkan pengusaha. Justru banyak pengusaha bilang ‘Kamsia Ahok sampai 2017 saja’. Saya kerjain mereka dengan menutup Stadium, saya tutup yang main narkoba, yang nyurangin pajak, saya segel berapa banyak (propertinya) dan saya denda. Terus gimana sih dibilang saya bela pengusaha?” lanjut Ahok penuh keheranan.

Ahok menjabarkan semua ini bukan tanpa sebab. Dia ingin meluruskan tudingan politisi PDIP Eva Sundari yang menyebut dirinya pro kapitalis dan melupakan rakyat kecil.

Namun Ahok merasa selama ini apa yang dikerjakannya semata untuk warga Ibu Kota. Meski demikian Ahok memberi kebebasan biar warga yang menilai bagaimana kinerjanya selama 3 tahun kepemimpinannya. Dia juga tidak ingin mendebat pendapat Eva tersebut hingga berujung panjang.

“Kalau saya bela pengusaha, kalau saya ketemu orang kecil senyum-senyum enggak setiap diajak foto? Enggak mau pasti. Mereka punya nurani. Pasti dia tahu apa yang kita kerjakan. Saya bisa masuk kampung dengan bebas,” pungkasnya. [Detik.com]

7 COMMENTS

  1. itupun ditanya, uhhhh
    parah udah, cari perkara aja…
    ada ga pejabat di Indonesia (atau dunia dech) setransparan pak ahok????????????
    cariiii yaaaaa…. kalau ada kasitau kita kita….trims

  2. benar bro, kata hati nurani bisa mengeliminir sikap ela-elo yang masih agak kental ada dikalangan wni.
    .
    hati nurani akan mengoreksi pikiran kita yang mlenceng-mlencong. membantu kita melihat ke inti-sari persoalan.
    .
    jalan terus kebenaran ! ! ! ! dalam ketidak-sempurnaan manusiawi kita. ! ! !
    .
    salam,

  3. EVA SUNDARI ya, dari PDIP yg katanya partai wong cilik??? yg ketum nya ibu MEGAWATI SOEKARNOPUTRI? ayo lah Bu, masa kualitas anak partai ibu seperti itu?
    pak Ahok sudah di jalan yg benar.
    Sudah sulit membenahi DKI ini, jgn ditambah dgn tetek bengek komentar2 yg gak cerdas, gak penting dan gak perlu…
    Apalg tindakan2 yg menghambat kinerja gubernur, abdi rakyat, seperti pengesahan APBD-P yg tdk jg dijalankan oleh Ketua DPRD Pras, lagi2 dari partai PDIP nya bu MEGA lo!

  4. Maksudnya tuh.wong cilik harus diemongke.digendong.dikasih minum susu biar gemuk2 dan jangan disuruh kerja cari duit tp biar duitnya jatuh dari langit..itu..super sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here