Basuki: Cegah Gizi Buruk Anak-anak Harus Imunisasi

1
56

Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menginstruksikan supaya masyarakat mau melakukan imunisasi untuk menghindari penyakit-penyakit, termasuk gizi buruk.

“Kami ini ada Posyandu. Makanya sekarang saya mulai paksakan, kalau anak Anda mau sekolah, Anda harus imunisasi. Nah di situ akan kelihatan, orang tua yang perhatian atau tidak. Mungkin ke depan kami akan buat, jadi kalau anak Anda mau sekolah kan kelihatan kalau gizi buruk,” ujar Basuki di Balai Kota, Kamis (12/11).

Hal tersebut terkait dengan kasus gizi buruk yang menimpa bocah sembilan tahun berinisial RGM yang dirawat di RSUD Koja, Jakarta Utara. Basuki yang sempat menjenguk RGM beberapa waktu lalu, melihat bahwa sakitnya RGM ini dikarenakan kurangnya perhatian dari sang nenek yang merawatnya.

Terlebih ia melihat si nenek yang tampak sehat-sehat saja sehingga tidak mungkin apabila keluarga tersebut terkena gizi buruk.

“Mana ada sih gizi buruk terjadi sebulan atau dua bulan? Itu harus bertahun-tahun. yang sering masalah di Jakarta, orang gizi buruk dirawat di rumah sakit, ditarik pulang. Kalau lihat orang gizi buruk gampang, lihat saja, orangtuanya, kakek neneknya sehat tidak? Kalau neneknya gemuk sehat begitu, cucunya gizi buruk, pasti ada masalah tuh,” ujarnya.

Oleh karena itu, katanya, terkait hal ini, Komisi Anak pun harus turun tangan jika benar ada anak yang mengidap gizi buruk. Apabila keluarga tidak mau mengurus dan memperhatikannya, maka pihaknya pun menyerahkannya kepada Dinas Sosial.

Ia mengatakan, kasus RGM ini harus dirawat hingga sembuh sebab ia membutuhkan fisioterapi. Apalagi saat ini, anak tersebut sudah tidak bisa berjalan. Padahal saat lahir berat badannya mencapai 3,7 kilogram yang berarti ia sehat. [SP.Beritasatu.com]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here