Basuki: Kita Siap Bantu Dana Kota-kota Mitra DKI

1
55

Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama bertemu dengan Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP). Dalam pertemuan tersebut, Basuki mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta siap untuk memberikan dana kepada kota-kota mitra seperti Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (Bodetabekjur) untuk pembangunan beberapa infrastruktur pendukung.

“Prinsip kami kan kita siapkan dana, yang penting saya selalu katakan wilayah DKI itu termasuk Jabodetabekjur. Hanya saja bukan mengambil kekuasaannya, tapi tanggung jawab keluar uang untuk pembangunannya,” ujar Basuki di Balai Kota, Rabu (1/6).

Basuki mengatakan, selama ini sudah banyak kesepakatan yang dilakukan antara DKI dengan kota-kota mitra tersebut, terutama untuk membantu DKI dalam menyelesaikan beberap hal. Namun dalam realisasinya masih belum ada yang terlaksana dengan baik.

“Yang penting sekarang, mitra sekitar DKI mau bangun apa yang berhubungan dengan lalu lintas, banjir. Kasih tahu kami saja. Ini sebenarnya sudah telat karena APBD 2016 sudah disahkan, tapi di APBD Perubahan bisa dimasukkan proyeknya apa tapi tidak bisa lelang,” terangnya.

Ia menegaskan, DKI siap keluar uang apabila kota mitra akan membangun infrastruktur. Misalnya akan membangun jalan layang di luar kota Tangerang senilai Rp 1 triliun, tetapi harus difungsikan untuk jalur bus Transjakarta yang nanti akan diperluas hingga ke sana.

Seperti diketahui BKSP merupakan suatu lembaga yang mengkoordinasi tiga provinsi untuk pembangunan infrastruktur dan sebagainya, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Instansi ini dibentuk berdasarkan amanat UU nomor 29 tahun 2007 tentang Daerah Khusus Ibu Kota sebagai Ibu Kota negara dimana di sana dicantumkan DKI harus memiliki badan kerja sama untuk membantu infrastrukturnya. [SP.Beritajakarta.com]

1 COMMENT

  1. kalau pemimpin pemda mitra kreatif, peduli masyarakatnya dan amanah….pasti akan berbahagia atas tawaran Gubernur DKI ini. Bisa membangun kotanya tanpa harus keluar APBD dan memberikan manfaat simbiosis mutualisma dengan Pemprov DKI. Pengen tahu aja neehhh…. siapa pemimpin pemda mitra yg punya visi misi sama dengan Pak Ahok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here