Sulap Kalijodo Jadi Taman, Ahok: Banyak Arsitek yang Mau Menyumbang Desain

5
77

Ahok – ‘Taman Kalijodo’ atau ‘Ruang Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo’, itulah nama yang dipilih Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok) untuk mewujudkan kawasan Kalijodo yang baru. Banyak arsitek yang menyumbangkan ide untuk membangun taman itu.

“Banyak arsitek mau menyumbang (desain), ada 10 orang,” kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (29/2/2016).

Nantinya, nama arsitek yang ikut merancang taman itu bisa dicantumkan di bangunan. Ahok sudah mengantongi desainnya.

“Desain toilet juga sudah ada bagus. 10 Arsitek mau menyumbang. Cuma tempelin namanya saja, desainnya oleh siapa,” kata Ahok.

Taman Kalijodo akan dibikin layaknya RPTRA yang sudah ada. Hanya saja ukurannya lebih besar. Di situ akan dibangun lapangan olah raga, taman, bangunan rumah, dan musala.

“Jujur saja. Sebetulnya saya sudah punya desainnya,” ujar Ahok.

Dana pembangunan dari swasta bukan berasal dari program corporate social reponsibility (CSR), melainkan dari sumbangan peningkatan koefisien luas bangunan (KLB) pihak pengembang.

“Pengembang bisa dari proyek reklamasi pulau, bisa juga dari koefisien luas bangunan. (Anggarannya) bisa puluhan miliar rupiah,” kata Ahok.

Ahok tak memusingkan soal dana. Dia menyatakan dana bisa diperoleh lewat kebijakan peningkatan KLB itu. Pihak swasta yang hendak meningkatkan KLB harus membayar ke Pemprov DKI.

“Ketika dia naikkan KLB, oke kamu harus bayar ke kami dalam bentuk pembangunan-pembangunan,” kata Ahok.

Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Utara Rustam Efendi berkelakar nama taman di Kalijodo adalah ‘Taman Pertaubatan’. Namun Ahok sekarang sudah pasti menyatakan namanya adalah ‘Taman Kalijodo’ atau ‘RPTRA Kalijodo’.

“Saya sudah putuskan, bisa ‘Taman Kalijodo’, bisa ‘RPTRA Kalijodo’,” kata Ahok.

Soal nama ‘Taman Pertaubatan’, Ahok santai menolak ide nama itu. ‘Waduh, tobat sampai kapan? Tadi saya bilang enggak boleh lagi (nama) ‘tobat-tobat’. Namanya tetap Kalijodo, tanpa ‘H’ (…jodoh),” kata Ahok. [Detik.com]

5 COMMENTS

    • tempo hari pernah 2 x terbakar, sampai bikin macet tol diatasnya. belon kalau beton konstruksinya rusak !!!
      .
      kalau saat ini, bisa-bisa sengaja dibakar; supaya gubernurnya kelihatan bodoh; kan kayunya sudah siap dibawah tol, memudahkan bukan !!!
      .
      salam,

  1. kami sangat setuju dengan rencana tersebut. namun lagi lagi kami ingatkan kembali untuk bapak yang terhormat untuk tidak lagi janji dan janji ya pak, kalau sudah ditargetkan akhir tahun ini selesai harus selesai pak. mau itu ada hambatan atau apapun sekiranya bapak dan jajarannya lebih tahu apa yang hrs dilakukan,dan satu lagi. JANGAN ADA LAGI DANA YANG DIKORUPSI DARI PEMBANGUNAN TERSEBUT YA PAK AHOK, TOLONG LEBIH SERING DIKONTROL DAN DIJAGA, karena pembangunan tersebut berasal dari uang RAKYAT, dan rakyat itu adalah sekumpulan manusia yang MEMPERCAYAI BAPAK UNTUK MEMIMPIN TANAH IBUKOTA INI,
    Thanks..

  2. untuk soal nama , apalah arti sebuah nama yakan? yasng terpenting ialah itu proyek REAL TERJADI DAN TERLAKSANA DENGAN BAIK. dan kalo BISA, maaf maksudnya HARUS BISA bapak ahok serta jajarannya memberantas kalijodoh kalijodoh lainnya yang ada di ibukota ini…..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here