Trotoar di Jakarta Harus Rata dan Lebar

6
125

Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, seluruh trotoar di Ibukota kondisinya rapi. Selama ini, pengguna jalan berkubutuhan khusus tidak dapat menikmati fasilitas trotoar yang baik di Jakarta.

“Saya minta semua trotoar rata dan lebar. Saya tidak mau lagi ada trotoar yang naik turun. Karena orang tuna netra tidak bisa memanfaatkannya,” kata Basuki saat membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di kantor Wali Kota Jakarta Timur, Rabu (6/4).

Pantauan, masih banyak trotoar di jalur protokol di Jakarta Timur kondisinya rusak dan membahayakan. Bahkan tidak sedikit yang kondisinya berlubang dan menggunakan tanah. Selain itu, ada juga trotoar yang justru jadi pangkalan ojek, pedagang kaki lima, pengasong dan sebagainya.

Di antaranya adalah trotoar di Jalan Otista Raya, Jalan Raya Bekasi, Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jalan Raya Bogor, Jalan DI Panjaitan dan sebagainya. [Beritajakarta]

6 COMMENTS

  1. untuk ‘blank spot’ pak Ahok bisa buat mobile cctv car/van seperti di Inggris. apa saja yang diperlukan? computer portable, media penyimpanan besar, batere dan video camera resolusi tinggi, pakai yang jenis PTZ(point, tilt, zoom), sederhana bukan? mobil polisi/pemprov khan banyak, dimodifikasi juga bisa (kalau mau hemat)…tapi sebaiknya punya mobil khusus. ini case study di Inggris: (www.sony.co.uk/pro/article/video-security-mobile-cctv-surveillance-helps-uk-police)

  2. ini kasus tilang di Inggris dengan mobile cctv, seandainya dihitung bisnis pun bisa untung dan balik modal…(www.liverpoolecho.co.uk/news/liverpool-news/wirral-councils-cctv-spy-car-6455753)…3000 tilang dalam waktu 2 tahun. namun bukan itu tujuannya. untuk tahun ini: homeland security…prepare for global risk…

  3. untuk Kostrad/TNI, tank Anoa diperlengkapi saja dengan cctv (ada yg sudah built in, tapi untuk kabin) kalau mau diupgrade bisa dilengkapi storage rekam & koneksi 3G/4G. patroli jadi bisa terekam dan realtime view. kontak saja PT. Pindad untuk modifikasi. jadi bisa lihat view lapangan di area ‘black spot’. kalau mau thermal tipe: (www.x20.org/product/m1-d-micro-ptz-infrared-camera)

  4. Pak coba kirim petugas lihat trotoar di Jl. Boulevard Gading Raya (BGR) depan Apartemen Gading Mediterania Kelapa Gading Barat, trotoarnya digali gali buat masukan kabel fibre optic (FO). Ini perusakan bukan? Trotoar gak rata, jelek, dirusak pula.

  5. menurut saya,trotoar yg bagus tuh.ada textur kusus utk tuna netra.lalu cukup lebar landai utk kursi roda,tapi tektur jgn licin.andaikata ujan pun masi ga kegelincir mungkin rada kasar.lalu klo anak” jatu ga gampang lecet berdarah,max cuma bengkak luka dalam.klo hujan,air gampang surut kepinggir,lalu tiap brp meter ada lampu pohon selang seling.klo barengan saling merusak.yg paling sering ketemu. byk tiang listrik dll ngumpul.trotoar ketutup.blon lagi rambu lalin.lalu harus ada semacam lubang kecil buat nyerap air.kebykan disemen.jadinya airnya ga keserap ketanah dibawahnya,lama” tanah di dalem turun.semennya kopong jadi ancur pas kena berat.ini jg harusnya diterapin di jlnan.tanah di bawahnya jg harus dipadetin biar ga turun tanah jadi kopong ancur kaya yg deket hotel sultan.masalahnya apaan tuh koq bisa gitu?curiganya byk tempat lain bakal kaya gitu gak ketauan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here