Basuki Targetkan IPM DKI Capai 80

1
50

Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menargetkan indeks pembangunan manusia (IPM) DKI bisa mencapai angka 80. Pada 2015 lalu, IPM DKI sudah mencapai 78,99.

“Target kami IPM DKI bisa menambus angka 80. Agar sejajar dengan negara berkembang lainnya. Sekarang kan kita sudah berada pada angka 78,99,” kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (9/9).

Untuk bisa meningkatkan IPM DKI, caranya dengan memfokuskan APBD untuk layanan masyarakat. Seperti kesehatan, pendidikan, transportasi, sembako murah, serta perumahan. Sedangkan untuk pembangunan fisik, Basuki lebih memilih untuk menggunakan kewajiban pengembang.

“Lebih baik mana gaji Rp 5 juta tapi kebutuhan hidup tinggi sampai Rp 4,9 juta, atau gaji Rp 3 juta tapi kebutuhan hidup hanya Rp 2 juta? Jadi masih bisa nabung Rp 1 juta kan,” ujarnya.

Basuki menambahkan, untuk bisa menekan kebutuhan hidup itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan memperbanyak subsidi kepada masyarakat.

“Kalau pendidikan dan kesehatan ditanggung, transportasi dan sembako murah, kami sediakan perumahan juga, biaya hidup akan berkurang,” tandasnya.

Angka IPM DKI sendiri pada tahun 2014 berada pada angka 78,39. Angka itu menempati posisi teratas di Indonesia dari daerah-daerah lainnya. [BeritaJakarta]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here