Normalisasi Kali Krukut, Ahok: Kita Mulai dari Parkir Hotel Pop!

0
58

Ahok – Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan langkah awal normalisasi Kali Krukut dengan membongkar lahan parkir di Hotel Pop!, Kemang, Jakarta Selatan. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan pembangunan halaman hotel yang luas dan berbatasan dengan sungai sama saja dengan melakukan ‘reklamasi’.

“Kita jalan (pembongkaran) hari ini. Kita mulai sikat yang hotel. Halaman yang luas itu yang hotel. Tembok itu kan sama aja reklamasi sungai pelan-pelan. Itu yang saya maksud kayak Ciliwung. Sungainya 60 kok tinggal 10-20. Ya pasti kamu reklamasi toh. Sama kayak hotel, halamannya luas, halamannya hebat benar berbatasan dengan sungai, lebar sekali tanahnya pasti kurukan,” kata Ahok di Balai Kota, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2016).

Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi ikut turun langsung untuk memimpin pembongkaran di lahan parkir Hotel Pop!. Tim dari Pemkot Jakarta Selatan membongkar conblock lahan parkir di hotel. Antara lahan parkir dan Kali Krukut pun hanya dibatasi dinding dan tepat berada di bibir sungai.

Ahok dalam beberapa kesempatan telah menyampaikan untuk melakukan penertiban di sekitar Kali Krukut. Banyaknya rumah serta bangunan warga di bantaran Kali Krukut menyebabkan wilayah Kemang dan sekitarnya tergenang banjir saat hujan deras mengguyur.

“Tahun ini (penggusuran) kalau keburu. Kami coba bongkar dulu yang tanpa sertifikat. Efeknya berapa. Kami kan sudah mulai gali sebenarnya. Efeknya apa? Hujan tergenang satu jam. Nah saya pengen enggak ada 1-2 menit tergenang,” ujar Ahok

Pekerjaan untuk pelebaran sungai di Kali Krukut serta trase (tanggul penahan banjir) akan dilakukan pada Oktober ini. Pengerjaan turut menggandeng pihak swasta.

“Kami lagi selesaikan trase, kami dalam waktu dekat akan melakukan itu. mungkin ada beberapa rumah yang kena. Saya udah dapet fotonya lengkap. Kami dapat fotonya lengkap mana yang mau kami kerjain, bulan depan kami sudah mulai kerja. Kami minta kontribusi-kontribusi swasta untuk turun,” kata Ahok. [Detik.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here