32 Karya Lukisan dan Sketsa Masa Kemerdekaan Dipamerkan

2
134

Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengapresiasi pameran koleksi lukisan dan sketsa bertajuk “Jati Diri : Periskop Sejarah Seni Rupa Indonesia”, di Museum Seni Rupa dan Keramik, Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat, Rabu (12/10).

Kegiatan yang digelar dalam rangka menyambut Hari Museum Nasional, memamerkan 21 lukisan dan 11 sketsa yang dibuat pada era kemerdekaan.

“Kami menyambut baik dan berterima kasih atas kesempatan berpartisipasi. Kami berharap kegiatan positif ini dapat menjamur di seluruh Indonesia,” ujar Basuki, Rabu (12/10).

Ditambahkannya, pameran yang digelar dapat memberikan pengetahuan perkembangan seni rupa di Indonesia. Karena itu, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan penyelenggaraan pameran untuk melihat langsung hasil karya seni yang mendokumentasikan seni di era kemerdekaan.

Sementara itu, kurator pameran, Maya Sujatmiko menjelaskan, kegiatan diresmikan pada 12 Oktober dan dibuka untuk umum mulai 13 Oktober 2016. Rencananya, pameran digelar hingga 30 Januari 2017.

“Karya seni yang dihasilkan pada era kemerdekaan bukan hanya alat dokumentasi kejadian-kejadian pada masanya. Tapi lebih merupakan media perjuangan bagi para perupa,” tandasnya. [BeritaJakarta]


2 COMMENTS

  1. pameran “Jati Diri : Periskop Sejarah Seni Rupa Indonesia”, yg al. memamerkan produk seni yang dibuat pada era kemerdekaan; ini jiwanya sungguh diperlukan oleh wni, terutama saat ini !!!
    .
    silahkan simak dan perhatikan hiruk-pikuk akhir2 ini, terutama gaduh pilgub dki, mayoritas di aktori individu2, kelompok individu yg buta jati diri !!!
    .
    kita ini wni, hidup di republik indonesia, bukan timur dekat, timur tengah or timur jauh !!! sampai2 ada yang defacto mau meng-audit karya Allah, dng test kemurnian “kepribumian” segala, bukankah sikap beginian ini muncul dari ego amburadul, murtad yang merasa paling top melebihi lainnya, bahkan melebihi Tuhan ???
    .
    pelajarilah jati diri kita dan adjust tingkah laku kita agar menjadi seperti seharusnya, sebagai ciptaan sang Khalik yang humble/rendah hati n hidup nyaman dalam kepenuhan rasa syukur.
    .
    sehingga apapun yang di rakhmatkan kepada kita, akan benar menjadi berkat yg dari Nya.
    .
    salam,

  2. Mau dihitung dari tahun berapa?! Yg namanya negara Republik Indonesia baru ada 17 Agustus 1945, dgn dasar hukum UUD 1945…dgn batas dari Sabang sampai Merauke, tanpa membedakan suku, agama, ras dan adat istiadat…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here