KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » BERITA, KJS/KJP, NEWS, TENTANG JAKARTA » Alur Penggunaan Kartu Jakarta Sehat

Kartu Jakarta Sehat - Foto BeritaJakarta

Ahok.Org – Bertepatan dengan Hari Pahlawan, 10 November 2012, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan Kartu Jakarta Sehat (KJS), namun hingga saat ini masih banyak masyarakat yang kurang faham cara atau alur penggunaan KJS.

Banyak masyarakat/pasien yang ingin berobat dengan cara langsung mendatangi Rumah Sakit terdekat dengan menunjukkan KJS atau KTP Jakarta, adapun alur atau tahapan penggunaan KJS adalah dimulai dari Puskesmas terdekat, jika pasien tidak bisa ditangani di Puskemas maka sang pasien akan dirujuk ke Rumah Sakit terkait dengan sakit yang diderita pasien.

Berikut beberapa hal yang wajib diketahui oleh Pasien KJS:

MEKANISME PENDAFTARAN KJS :

Peserta KJS adalah warga DKI Jakarta, dibuktikan dengan KTP / KK, diutamakan yang miskin dan kurang mampu
Mendaftarkan diri secara aktif ke Puskesmas terdekat
Kartu Gakin / Kartu Jamkesda lama dapat digunakan

SYARAT ADMINISTRASI UNTUK BEROBAT :

Membawa KTP DKI / KK (bagi yang belum mempunyai KTP)
HARUS berobat ke Puskesmas, jika diperlukan, baru akan diberikan rujukan ke RS

MANFAAT :

UGD Puskesmas atau RS
Rawat Jalan
Rawat inap di Puskesmas dan RS (kelas III)
Perawatan di ICU, ICCU, NICU, PICU, HCU, Isolasi
Tindakan penunjang dan Operasi
Penggunaan Ambulans (Puskesmas/RS/AGD Dinas Kesehatan)

Alur Pelayanan dan Rujukan KJS:

Untuk Grafis Dengan Resolusi Lebih Besar bisa Klik disini

ilustrasi Sak/Ahok.Org

  • Share/Bookmark

113 Responses to “Alur Penggunaan Kartu Jakarta Sehat”

  1. Kalo menurut saya, ini perlu dibuatkan poster2 yang ditempelkan di kantor kelurahaan supaya masyarakat bisa tahu ini pak. Good job pak Jokowi dan Pak Ahok

    Reply
  2. menurut saya chart guideliness KJS ini sudah bisa di mengerti oleh orang sehat namun bagi orang sakit bagaimana ya ?? karena kenyataannya mereka tidak mengerti sehingga langsung menuju RS dan namun juga apakah eksekusi/penerapan di lapangan benar2 lurus alias tidak carut-marut.

    Reply
    • Hal yang tidak kalah penting adalah penertiban penerbitan KTP DKI. Kalo begini kan bisa dijadikan obyekan buat orang luar DKI yang mau berobat gratis.
      Temen saya aja mau mengusahakan semua karyawan rumah makan miliknya bikin KTP DKI supaya bisa berobat gratis ke RS padahal mereka sebenarnya bukan penduduk DKI.

      Makanya peran Surat Rujukan Puskemas sebagai gawang KJS wajib dioptimalkan. Surat Rujukan Puskesmas kan bisa dijadikan bahan evaluasi kinerja Puskesmas. Surat Rujukan terlalu banyak dapat mengindikasikan kurangnya fasilitas dan tenaga medis puskesmas atau adanya permainan pegawai puskesmas yang lepas tangan terhadap pasien.

      Reply
  3. Alur 2 yang sering disalahgunakan oleh masyarakat. Semua bisa dijadikan emergency padahal mayoritas penyakit bisa diketahui beberapa bulan, minggu atau hari sebelumnya.
    Kecuali kecelakaan baru bisa dianggap emergency. Seharusnya dipasang poster GEDE-GEDE di rumah sakit kalau RS bisa menolak pasien KJS tanpa rujukan dari puskesmas. Kalo maksa suruh bayar aja sendiri.

    Reply
  4. Namanya orang mah pengen gampangnya doang, makanya banyak yg langsung ke RS. Kalaupun tahu mekanisme ini pun belum tentu mereka mau ikutin.

    Reply
  5. Selain poster, mesti dipublikasi melalui media TV, karena itu yang paling efektif. Waktu mempromosikan KJS kan juga lewat berita2. Tapi sepertinya terburu2, pokoknya jalan dulu.. (begitu kesan saya), sehingga banyak yang salah mengerti, orang sakit langsung ke rumah sakit yang diingini. Sekarang, kalau mau menjelaskan prosedur yang benar ya… lewat TV lagi lah..

    Reply
  6. Pak Basuki / Ahok YTH,
    Saya pasien cuci darah sudah 4th hingga sudah habis-2xan jual harta benda sangat terbantu oleh KJS karena proses cuci darah ditanggung KJS walaupun utk biaya vitamin,obat,lab,dll masih tanggung sendiri.Namun per 1 april dari klinik Tidore / Cipta husada menyatakan bahwa
    plafon tindakan cucidarah diturunkan jadi 511rb dari 800rb. Sedangkan biaya cucidarah di klinik 650 + adm (tabung baru) jadi tiap cuci darah saya hrs tambah 160 belum termasuk obat&dll.
    karena kondisi saya yg mengharuskan pake tabung baru. Cuci 3x 1 minggu = 12x sebulan maka saya tdk sanggup lagi padahal masih ada tagihan2x yg belum terlunasi diklinik,mohon pengertian & belas kasihan bapak Ahok utk kondisi ini.Terima Kasih.

    Reply
    • Soal masalah ini bisa datang ke Lt 3 Balaikota di ruang pengaduan, ketemu saudara Kamilus (staf pak Ahok)

      Reply
  7. pak saya perawat rsud dr adjidarmo kab lebak.anak saya sakit hirschprung di rawat d rsab harkit…karena keterbatasan biaya saya mau mengajukan jamkesda tp jamkesda lebak tdk kerjasama dgn rsab harkit..saya bkn asli jakarta…mohon bantuan dan solusi nya…

    Reply
  8. Bapak, saya mau menanyakan dengan mengunakan KJS, apakah ada batas hari yang diberlakukan untuk pasien yang dirawat inap ?

    Reply
    • tidak ada batasannya, pasien rawat inap bisa pulang ke rumah terkait kondisi kesehatannya (jika telah dinyatakan layak pulang) jadi tidak ada batasan hari – Ahok.org

      Reply
  9. Salut dengan Pak Ahok.

    Kalau boleh saran, website dinas Jakarta juga seperti website Pak Ahok. Selalu update, tampilannya menarik dan “bisa diakses”.

    Artikel ini lebih dulu update ketimbang website di bawah ini yang sama sekali tidak bisa diakses.
    http://www.dinkes-dki.go.id/

    Terima kasih 🙂

    Reply
    • hehehe makasih mbak pujiannya, soak web dinkes segera diteruskan ke dinas terkait

      Reply
  10. Pak Ahok, input utk layanan 119 dinkes.
    Sy menghubungi via telepon telkom dari minggu lalu itu sulit sekali diakses. Selama 8 kali menghubungi, 6 kalinya menunggu lebih dari 10 menit Pak. Sekiranya penelpon terkena penyakit jantung – 15 menit pertama adalah masa kritis dan paling menentukan, harapannya menghubungi 119 adalah terbantu dengan cepat tentunya. Semoga berkenan untuk input ini, sebaiknya diperbaiki kinerja aksesibilitas dan layanannya.

    Reply
  11. Malam Ko Ahok,

    Kondisi saat ini yang dialami orang tua saya, saat ini beliau sedang dirawat di RSCM. dengan status pasien dari askes. Penyakit yg dialami orang tua saya adalah Gula Kering efeknya organ dalem sudah rusak (Hati) / tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. yang menjadi permasalahan saya ada beberapa obat dan lab itu tidak di cover oleh askes selain itu untuk masalah keuangan kita juga sudah habis-habisan. apakah dengan kondisi seperti ini masih bisa untuk pengurusan KJS, dan kalau memang bisa dimana saya harus mengurus KJS nya. mohon dibales secepatnya ASAP (

    Reply
    • jika memiliki KTP Jakarta seharusnya bisa menggunakan KJS, mungkin untuk lebh jelasnya bisa datang ke lt tiga balaikota bertemu dengan saudara Kamiluas atau Kristin yg menangani pengaduan masyarakat

      Reply
      • terima kasih atas masukkannya, kalau boleh tau jam operasional untuk bagian operasional masyrakat dari jam berapa sampai jam berapa ?

        Reply
  12. knp di puskesmad pademangan tambal gigi laser dikenakan biaya st gigi 90.000 aku 2 x jd 180.000 sbnrny byr or free

    Reply
  13. padahal saya sdh blng kl menggunakan ktp dan kk tp kt assistan dokter dan dokterny kl tambal gigi laser termasuk kecantikan yg saya tau kl tambal gigi msh termasuk kesehatan kl memutihkan gigi (bleaching) br nmny kecantikan.tlng oknum ini di tindak lanjuti jikatambal gigi laser free knp saya srh byr.hr ini kejadiany jam 10 pg saya lp liat name tag dokter dan ass.tlng p jokowi ditindak oknum pungli.thx

    Reply
  14. mesti dibuat poster gede2 setiap puskesmas dan rumah sakit

    soa

    Reply
  15. Sore Pak,

    Ada yang mau saya tanyakan mama teman saya sudah terlanjur masuk ke RS. Pluit di kelas. 3, rupaya mamanya harus di rawat di inap, dia kekurangan dana untuk membayar biaya rumah sakit, kalau kasus seperti ini apakah bisa di gunakan KJS ya pak?

    terima kasih

    Reply
  16. selamat sore pak ahok, nama saya wulan, saya ingin bertanya sedikit tentang KJS

    1. menurut bapak ya, program KJS bapak ini apakah sudah layak jalan?

    2. apakah program ini telah disosialisasikan dengan baik oleh pihak puskesmas, apakah mereka (karyawan) puskesmas di DKI sudah mengerti alur pemberian rujukan?

    3. apakah pemberian rujukan dilakukan dengan penyaringan, tekadang saya menemukan pasien2 yang notabene “MAMPU” ataupun pasien yang sebenarnya “BISA DITANGANI DI PUSKESMAS” malah dengan mudah dapat rujukan ke RS.. malah terkadang pasien2 tersebut memberikan informasi “KALAU MAU DENGAN MUDAH DAPAT RUJUKAN DI PUSKESMAS X SAJA BU/PAK DI TEMPAT SAYA MINTA RUJUKAN, MUDAH KO”

    4. apakah sudah ada juklak, juknis yang jelas untuk program ini? apa yang tercover? berapa yang bisa di klaim RS? pelayanan apa saja yang tidak ditanggung oleh KJS? lalu diumumkan melalui media elektronik, poster, ataupun sosialisasi dengan sarana pelkes2 terkait.. biar orang rsnya tidak kesalahan pak..

    SARAN SEDIKIT:
    TOLONG LAH ITU KEPALA PUSKESMAS DITATAR UNTUK DIBERITAHUKAN ALURNYA
    pasien -> puskesmas -> rsud sekunder-> rs swasta

    bukan
    pasien -> puskesmas -> rs swasta (trus cm buat ganti perban..) -_-

    saya merespon positif program ini, namun tolong lihatnya dari dua sisi (dari internal RS dan silahkan melihat u/ kep masyarakat) tanpa melihat kepentingan di balik program..

    TOLONG DI KAJI LAGI PROGRAMNYA PAK…

    TRIMAKASIH

    Reply
  17. Kepada yth bpk wakil gubernur

    Program KJS berdampak positif utk masyarakat miskin dki jakarta..saya bangga punya pemimpin.seperti pak.jokowi&pak ahok..ada yg saya mau tanyakan apakah pasien KJS bisa diberikan obat original yg memang generiknya blm tersedia?terima kasih

    Reply
  18. kepada yth: Bpk Gub/Wagub
    Dengan adanya KJS berdampak positip utk masyarakat miskin dan ada yg sy mau tanyakan kpd bpk- bpk apakah pasien KJS dapat diterima untuk pengobatan dan perawatan di rumah sakit swasta yg ada mou dlm hal dengan program KJS tanpa mengelurkan biaya sepersenpun di khawatirkan phk/petugas Rs tsb (Swasta } yg sy maksud diatas meminta uang dp sebagai persyaratan/jaminan. Bpk.Gub/Wagub sy ada saran alangkah baiknya disetiap Rs yg ada mou dengan program ini mhn diadakan posko/ ruang pengaduan untuk keluaraga Pasien terutama di Rs swasta untuk menyampaikan keluhan/hambatan yg dialami oleh keluarga pasien. Namaun kembali kpd Bpk Gub/Wagub yg punya wewenang dlm hal ini semoga saran dari sy ini dpt di tindak lanjuti demi suksesnya program KJS sebagai tolak ukur untuk warga dki khususnya warga miskin Kpd Bpk Gub dan Wagub sesuai janji dan kampanye bpk berdua untuk menuju DKI.1&2. Terima Kasih

    Reply
  19. Yth Bpk Wagub
    Mohon ijin untuk copy paste alur pembuatan KJS, akan kami publish di blog kelurahan http://meruyaselatan.blogspot.com.

    Mohon ijin juga, link web ini akan saya publish ke FB : Aliansi PNS Anti Korupsi

    Terimakasih

    Reply
  20. Kpd Yth Bpk: Gub & Wagub DKI Agar program jakarta sehat berjalan semestinya mohon dirikan posko pengaduan di setiap rumah sakit terutama rs swasta agar keluarga OS dapat menyampaikan hambatan/keluhan dalam hal menggunakan/pelayanan jakarta sehat.Atas ditanggapi saran dari saya ini atas nama warga miskin dki menghaturkan terima kasih

    Reply
  21. TEORI KTP DAN KK DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENDAPATKAN PELAYANAN JAKARTA SEHAT DI RUMAH SAKIT SWASTA YG ADA MOU DENGAN KJS REALITANYA TAK DEMIKIAAN APALAGI SEKARANG KJS DI TANGANI OLEH ASKES DAN PETUGAS ASKES HANYA 2 HARI BERTUGAS (SENIN DAN KAMIS )DI SALAH SATU RS SWASTA DI JAKARTA BAGAIMANA HAL INI BISA TERJADI PAK DKI I & II

    Reply
  22. Kepada Yth Bpk Wakil Gubernur
    Hari ini saya mendampingi pasien KJS di RS. Fatmawati. Rontgen & USG dikenakan Biaya Rp. 118.500 & Rp. 205.500. Yang mau saya tanyakan, sudah benarkah mekanismenya seperti ini?
    Mohon konfirmasinya, terima kasih

    Reply
    • saya pernah KJS di RS. tarakan semuanya gratis kok, Rontgen, cek darah, dokter, obat, bahkan operasi juga gratis. mungkin anda tidak mengikuti alur. karna setiap datang kerumah sakit harus ikuti alur dari awal, kecuali dapat referensi langsung untuk cek up selanjutnya (rontgen, cek darah dll) itu pun harus daftar ulang di rumah tsb.dan tiap masuk cek lab itu ada surat pengantar dari dokter pemeriksa dulu habis itu ke loket kjs baru cek lab.

      Reply
  23. Kepada Yth Bpk Wakil Gubernur
    Sebelumnya saya sangat berterimakasih karena berkat program kjs yang Bpk Gubernur dan Bpk Wakil Gubernur lakukan akhirnya mama saya bisa di kemotheraphy, mama saya mengalami penyakit kanker ovarium stadium 3c dan harus menghentikan pengobatan selama hampir 1 tahun namun akhirnya pada tanggal 20 April 2013 lalu dapat melakukan kemotheraphy pertamanya berkat program kjs yang bapak berikan.

    Saya ingin menanyakan,Apakah ada batas limit biaya pemakaian kjs ini? Karena biaya kemotheraphy mama saya saat ini sudah mencapai angka 45juta rupiah.
    Karena saya sempat mendengar bahwa limit penggunaan kjs hanya 100juta rupiah. Mohon pengertian dan bantuannya pak, terimakasih.

    Reply
  24. Kepada Yth Bapak Basuki Tjahya Purnama

    Bapak mohon maaf sikaranya saya dapat diberikan informasi tentang alur rawat jalan dari puskesmas ke RS Swasta. Pertanyaan saya adalah sebagai berikut :

    1. Apakah tidak boleh pasien pemegang KJS di rawat jalan di RS. Swasta (RS.PGI CIKINI)?tolong kami diberikan alasan dan dasar peraturan yang jelas!!alasan kami untuk dapat di rawat jalan di RS.swasta tersebut diatas karena Rumah kami cukup dekat dengan RS.Swasta,kondisi pasien cukup lemah untuk menuju ke RSUD belum lagi antrian yang cukup panjang di RSUD,selain itu dokter yang menangani pasien ada di RS.PGI CIKINI,perlu diketahui pasien mempunyai keluhan penyakit jantung dan psikologi yang sangat drop sehingga pasien hanya mau ditangani oleh dokter yang ada di RS.PGI CIKINI tersebut.
    2. Apakah puskesmas tidak boleh mengeluarkan surat rujukan ke RS.swasta untuk rawat jalan??karena di BLUD puskesmas kec menteng dr.Ade Margaretha LT tidak mau mengeluarkan rujukan ke RS.Swasta!! tolong kami diberikan alasan
    3. Apakah ada kesepakatan resmi antara RS.PGI Cikini dengan SUDIN KESEHATAN JAKARTA PUSAT maupun dengan DINAS KESEHATAN PEMPROV DKI JAKARTA terkait dengan dokter yang menangani pasien pemegang KJS di RS.PGI CIKINI ditentukan oleh RS.PGI CIKINI??jadi hanya dokter tertentu yang bisa menangani pasien pemegang KJS tidak semua dokter boleh menangani pasien pemegang KJS
    4. kemana saya harus memberikan keluhan dan informasi tentang KJS??

    oemar hizwan,jl.cisadane no 4 BLK,RT.02/RW04 Kel Cikini Kec Menteng Jakarta 10330

    Reply
  25. Kepada yg terhormat bpk BTP,
    Pertama2 sy mau mengucapkan terimakasih atas program KJSnya pak.Lgsg ke pokok masalah yg mau sy tanyakan,saat ini suami sy sedg di rawat di RSUD Tarakan,dirawat dari tgl 9 mei kmrn,yg mau sy pertanyakan sampai detik ini sy blm tahu apa penyakit suami sy sbnrnya,krn menurut dokter penyakit baru bisa diketahui setelah di usg,tp suami sy mendapat jadwal usg bulan juni,yg mau sy tanyakan ke bpk,apa selama itu proses berobat dengan menggunakan KJS ini,dan dr tgl 9 dirawat suami sy baru diperiksa oleh dokter spesialis 1 kali,,kalau jadwal usg selama itu,suami sy hrs dirmh skt brp lama coba pak,,

    Reply
  26. Sejumlah rumah sakit menolak batalkan kerjasama dgn program KJS. Kendala ini, jgn hanya ditimpakan ke Jokowi Ahok sbg superman. Kemana DPR-DKI yg msh bungkam sampai hari ini, pertanda tidak populis. Kaderisasi membusuk di parpol, menghasilkan esensi DPR-DKI yg tidak berpihak kpd warganya. Dampaknya, kolaborasi kinerja Pemprov-DPR-DKI justeru kontraproduktif secara kasuistis, misalnya kelanjutan KJS ini. Dibutuhkan aksi massa DKI membangunkan “mati suri” kinerja DPR-DKI.

    Reply
    • Sejumlah rumah sakit batalkan kerjasama dgn KJS Pemprov DKI. Solusi: perlu aksi massa DKI membangunkan “mati suri” DPR-DKI yg cenderung bungkam di banyak kendala Jokowi-Ahok, misal: KJS, waduk Plutit, MRT Fatmawati. Tembak massal masing2 wajah anggota DPR_DKI, dgn pistol air…!

      Reply
  27. Pak Jokowi & Koh Ahok YTH.
    Kalau premi kesehatan bisa 50rb/penduduk/bulan, asumsi jumlah warga DKI 10 jt, maka budget-nya 6T/tahun. Bagaimana kalau dikelola sendiri saja pelayanan kesehatan ini dengan budget tsb. Bangun 10 RSUD dengan 10.000 kamar -> 1T. Pekerjakan 4000 Dr (20jt/bulan) + 4000 perawat (5jt/bulan) -> 1,2T/tahun. Obat & Biaya Operasional -> 4T/tahun.
    Salam hormat.

    Reply
  28. Kepada Yth Bpk Gubernur Dki Jakarta Pak jokowi dan Bpk Wakil Gubernur Dki Jakarta Pak ahok..
    ibu saya mempunyai penyait DIABETES selalu berobat ke rumah sakit dengan menggunakan surat Gakin karena kami dari keluarga yang tidak mampu, dan saat berobat dengan surat gakin biaya perawatan dan mengambil obat di apotik rumah sakit selalu GRATIS tanpa di punggut biaya apapun. misalnya mengambil obat suntikan INSULIN yang harga nya mahal sekali suntikan INSULIN pagi berharga Rp. 250.000 dan yang suntikan Insulin malam berharga Rp. 150,000 dengan Gakin kami GRATIS.Tapi mulai tgl 1 juni kemarin di rumah sakit yang ibu saya biasa berobat sudah tidak berlaku lagi gakin dan di ganti dengan kartu KJS (Kartu jakarta Sehat) dan apabila ingin mengambil Suntikan INSULIN harus BAYAR karena sudah tidak di tanggung lagi. sedangkan suntikan Insulin itu sangat Vital sekali untuk orang yang kena penyakit Diabetes dan suntikan tersebut bisa habis dalam waktu 2 minggu…
    bagaimana nasib ibu saya dan nasib keluarga yabg lain yang tak mampu yang mempunyai penyakit yang sama dengan ibu saya pak???

    Reply
  29. INI BARU PEMIMPIN

    Reply
  30. yth
    bapak Ahok

    mohon penjelasannya pak apakah Kartu Jakarta Sehat ini bisa di manfaatkan penderita HIV untuk pelayanan setiap bulan harus mengambil obat ARV dan setiap enam bulan harus cek darah untuk pemeriksaaan virus dan imunitas tubuh dengan gratis di RS yang bekerja sama dengan KJS?

    Reply
    • Pak Andi, untuk penderita HIV termasuk kebutuhan ARV ditanggung negara (pemerintah pusat) soal ini bisa langsung ditanyakan ke Kementrian Kesehatan

      Reply
  31. Yth. Pak Ahok,
    Kami memiliki teman 1 gereja yg sendirian tinggal dijkt. Setelah sakit sekian lama ditahan dan disimpan oleh ybs dikarenakan tidak mampu, akhirnya minggu lalu teman kami tsb jatuh ambruk dan kami bawa ke puskesmas dan mengurus kartu Jakarta Sehat.Kemudian dialokasikan ke RS Fatmawati selama 1.5hari, namun kondisi ybs semakin memburuk dgn sakit ada nanah besar di perut, tulang belakang yang meleset posisi dan nanah di bagian dada yang mengeluarkan cairan. Memang hal ini dikarenakan ybs menyimpan sakit sekian lama dan sudah parah baru ketauan. Dianjurkan dirawat di kamar HCU tapi kondisi HCU full dgn kapasitas 6org, dan teman kami masuk di antrian no.4. Sampai keesokan harinya teman kami ini hanya dibaringkan di ruangan UGD saja, diinfus dan obat2 sementara dari dokter.

    Singkatnya melihat penanganan Fatmawati tidak cukup gesit,(pasien di UGD 1 ruangan sekitar 15-20an orang, dokter stand by 1-3 org, perawat 2-3org, sisanya praktekan dokter/perawat yg masih belajar dan enggan menyentuh nanah, membersihkan kotoran penyakit, mengganti pampers, kateter…

    jam 1 subuh pasien ini dibawa utk USG, dan hasilnya smp keesokan hari sesuai janji diberikan, tapi tidak diberikan.
    Bahkan pergantian shift antar perawat/dokter jaga tidak tahu kalo pasien ini sudah di USG dan kami hanya menunggu hasil, sementara shift pagi malah bilang masih menunggu antrian USG.
    Kami simpulkan antar shift tidak ada serah terima yang rapi.

    Dengan berat hati, kami pindahkan ke RS cinere krn melihat napas pasien sudah 1-1, dgn meminta bantuan AMbulance RS FAtmawati namun yg memilukan Pak Ahok mohon bisa dicek, bgm staf di RS bisa mengatakan ambulance full, hny bisa menggunakan ambulance swasta yg notabene bayar 800rb, sedangkan ada 4 ambulance RS Fatmawati berjejer diluar.

    Karena kami sudah kepepet dan kondisi pasien semakin drop,kami tidak mau berdebat, apapun kami lakukan utk menyelamatkan pasien, kami bayar 800rb utk ambulance swasta dan pindah ke RS Puri cinere.

    Jumat 5 Juli pindah ke RS CInere masuk di ICU, yg notabene tidak melayani kartu JKT sehat, sampai hari ini sudah 5hari di ICU dan tadi malam Selasa 9 Juli pindah ke kamar kelas III, kondisi pasien sudah berangsur membaik, namun masih membutuhkan MRII , CT Scan yang biayanya sangat mahal dan kemampuan kami yg notabene bukan keluarga kandung, (teman gereja, tetangga pasien, dan sekitarnya) sudah menggalang dana sampai 33jt dan dana terancam kurang dgn kondisi pasien blm stabil.

    Per sore ini tgl 10 Juli 17.00 kami cek ke RS setia mitra, kelas III utk Jkt sehat full, kamar ICU jg full..

    mohon bantuannya Pak utk warga Jakarta yg 1 ini, kami beharap pemerintah bisa menyikapi pelayanan lebih luas utk Jkt sehat, dan memberikan pelayanan yang samam “layaknya” antara yg gratis dan yg bayar…dan alangkah sulitnya Pak mendapatkan kelas III jika menyebutkan dari Jkt Sehat..

    dan praktek layanan ambulance swasta di RS fatmawati, mohon bisa disidak..jg kondisi pasien di UGD fatmawati, benar-benar memilukan….

    mohon bantuan dari Pak Ahok utk teman kami ini…jika ada email, kami ingin mengirimkan foto terkini pasien..namun bisa dicek ke RS Puri Cinere saat ini di kamar 536, a.n. Sumarni…terima kasih Pak Ahok sebelumnya utk website yang mudah dijangkau oleh kami warga Jkt…kiranya mendapatkan tanggapan dari Bpk, trima kasih.

    salam hormat,
    Fransisca

    Reply
  32. Dear Pak Ahok dan Tim,
    mohon keluhan dan info yg kami sampaikan tgl 10 Juli lalu, utk warga Jakarta, a.n. Sumarni, bisa mendapatkan tanggapan.

    Terima kasih.

    Regards,
    Fransisca

    Reply
  33. mau tanya pak, baru kepikiran tadi.

    ini KJS kan untuk semua orang yang andai mesti rawat inap, ditempatkan di kelas 3 rumah sakit. pertanyaan saya,
    1. boleh atau tidak,, pasien KJS masuk ke rumah sakit yang dirujuk dengan memakai KJS. tetapi, dia tidak mau di rawat di kelas 3, maunya dirawat di kelas 2 atau kelas 1 dan dia bersedia membayar selisih harga kamar?
    2. boleh atau tidak, KJS yang sudah kita punya, di pinjamkan kepada orang lain yang belum punya KJS tapi orang itu sangat butuh perawatan? memang ada nama di KJS, tapi demi kemanusiaan, baku aturlah sama orang2 lapangan, yang penting semuanya bahagia dan selamat. boleh gak begitu pak?
    terima kasih atas jawabannya. ntar kalo ada yang kepikiran lagi, akan sy tanyakan disini. (pengen sms takutnya mengganggu).

    Reply
    • pengguna KJS hanya boleh dirawwat ke kelas III, soal selisih tidak bisa diterapkan di program KJS, jadi pasien KJS ya harus dikelas tiga, jika yang bersangkutan tetap ingin di kelas II atau I maka sang pasien tidak bisa mempergunakan KJS

      KJS tidak bisa dipinjamkan kepasien lain, tapi KJS bisa digunakan oleh Anak dari si pemilik kartu, nama anak harus ada dalam Kartu Keluarga

      -ahok.org

      Reply
  34. saya agak suudzon ini pak, mohon jangan marah ya….
    itu masalah nona Fransisca yang tanggal 10 july, sy menangkap ada sesuatu hal dari cerita itu, KJS ini bikin pihak perawat/tenaga medis jadi gak semangat. kenapa, karena insentif jasa medis untuk perawat/tenaga medis kemungkinan kurang kalo pasien pake KJS. coba bandingkan kalo pasien masuk dengan biaya sendiri, bayar lunas lagi. pasti keliatan bedanya itu pelayanan pak.
    ini pengalaman sy mengamati pasien yang bayar pake askes dengan tidak di tempat saya. dan setelah sy baca komplain diatas, sy jadi membayangkan ada kemiripan antara kartu askes dengan KJS ini.
    Tapi benar atau tidaknya komen sy ini, ada baiknya pak ahok atau pak jokowi bisa tanya langsung ke pasien KJS lainnya sehingga bisa di pastikan, apakah ini gara2 KJS nya atau memang layanan rumah sakit di situ yang tidak bagus.

    Reply
  35. Terima kasih Pak Palu Putra utk konsen nya.
    Sayangnya sampai detik ini email dan komen saya tidak mendapat jawaban dari tim Pak Ahok.

    Sampai saat ini pasien yang saya sbutkan masih dirawat di RS cinere di kamar 537, bisa didatangin tim Pak Ahok utk memeriksa kebeneran.

    Jika saja RS Fatmawati langsung disidak utk IGD/jasa ambulance swasta setelah laporan saya, mungkin pembuktian lebih mudah.

    Tapi memang dgn KJS pelayanan menjadi kurang, teori harusnya disamakan, tapi praktek lapangan membuktikan memang :harga tidak bisa bohong”…
    yg gratis tidak disamakan dgn yg bayar…mohon maaf kalo menyinggung namun inilah yang pasien hadapi di lapangan….

    Reply
    • Coba langsung ke balai kota jam setengah 8 pagi WIB. cari pak joko widodo. soalnya yang selalu turun ke lapangan itu pak joko widodo. pak ahok pasti sibuk urusan di kantor.
      semoga saja bisa ada solusinya setelah ketemu langsung dengan beliau (pak joko widodo atau mungkin saja ketemu juga dengan pak ahok pada jam segitu karena baru saja datang).

      Reply
  36. saya setuju dengan fransisca,karena memakai KJS,saudara saya terkena kecelakaan dan rumah sakit yg menanganinya saat ini tidak menanganinya karena alasan alat yg tidak ada,sehingga harus dirujuk ke rumah sakit lain,dan saya pun mencari ke semua rumah sakit di jakarta timur,dan tidak ada satupun yg menerimanya,sudah 3 hari dia tidak ditangani,padahal kondisinya parah.

    tolong disidak ya pak.
    alamat rumah sakit:
    RSp,prof,DR.sulianti saroso
    jl.sunter permai raya

    Reply
  37. mohon maaf ak.
    nama pasien: andri andika
    nama panggilan: andri
    sekali lagi tolong di respawn ya pak,soalnya ini menyangkut nyawa saudara saya,sampai sekarang belum ada penanganan untuk dia.

    Reply
  38. asalamualaikum pak.
    saya ingin menanyakan kenapa penanganan rumah sakit di jakarta tidak baik terhadap masyarakat yg memakai KJS,saudara saya yg terkena kecelakaan,sampai saat ini belum ditanganai,karena alasan alat yg tidak ada dan dia harus dirujuk,saya sudah mencari rujukan ke semua rumah sakit di jakarat,tetapi semua menolak,karena alasan kamar penuh.
    sudah 3 hari belum ada penanganan untuk saudara saya,sedangkan luka dalam yg di kepalanya ,harus segera di operasi.
    jadi tolong disidak pak,ini menyangkut nyawa seseorang dan soal penting untuk program bapak.
    sekali lagi tolong di respawn.
    alamat rumah sakit yg sekarang menangani.
    RSPI.PROF.DR.SULIANTI SAROSO
    JL.SUNTER PERMAI RAYA
    RUANG IGD.
    NAMA PASIEN:ANDRI ANDIKA
    NAMA PANGGILAN:ANDRI

    SAYA MOHON UNTUK CEPAT DI RESPAWN..

    Reply
  39. Assalamualaikum…
    sehubungan dengan alur kerja penggunaan KJs, Saya ingin menanyakan bagaimana jika sipasien sakitnya tengah malam,apakah harus minta rujukan ke puskesmas?sedangkan puskesmas siang kadang2 sudah tutup,mau ga mau kan harus langsung ke RS, sedang pihak RS tidak mau menerima sipasien kalau tidak ada uang DP (dikarenakan KJS belum dapat).Dan setiap ada pemeriksaan (USG, Rongent dll) selalu dimintakan surat pernyataan dan diharuskan membayar dulu baru dikerjakan.Dan sampai hari ini sipasien sudah membayar lebih dari enam jutaan ( perlu diketahui sipasien tergolong keluarga tidak mampu dan uang tersebut hasil dari pinjaman) sedangkan KJS baru didapat setelah keluar biaya RS begitu besar.Yang kami tanyakan apakah semua biaya yang telah dikeluarkan sipasien dapat dikembalikan oleh pihak RS setelah menunjukan KJS tersebut.

    Reply
    • untuk kondisi darurat dimungkinkan sang pasien langsung dibawa ke RS Rujukan KJS terdekat

      Reply
      • RS dimana pasien dirawat merupakan RS Rujukan KJS ( RS Sumber Waras )yang sebelumnya kami tidak tahu bahwa RS tersebut bisa menerima pasien dengan KJS, cuma pada waktu datang sipasien belum punya kartu KJS, dan sipasien harus segera ditangani( ruang ICCU)dan diharuskan membayar uang DP, setelah tahu bahwa RS tersebut bisa dengan KJS itupun tahunya dari keluarga pasien lain yg dirawat diruangan yg sama, setelah itu baru kami mengurusnya ke puskesmas tempat domisili sipasien,sesampainya dipuskesmas petugas bilang kenapa langsung dibawa ke RS bukan ke puskesmas dulu katanya( sempat terjadi argumentasi)yang akhirnya bisa keluar KJSnya tapi dua hari kemudian baru jadi sedangkan tagihan RS tetap berjalan terus yang mana setiap ada pemeriksaan diharuskan untuk membayar dulu.Apakah nantinya biaya yang sudah dikeluarkan sipasien dapat dikembalikan apabila KJS nya sudah didapat?
        Mohon penjelasannya, terima kasih

        Reply
  40. Dear p’Ahok n team
    Mohon info,apakah KJS sdh bsa daftar di seluruh PUSKESMAS se Jakarta?? Atau hanya PUSKESMAS yg besar saja???
    Saya mau membantu berobat buat PRT saya,daerah Joglo dekat Taman Alfa Indah tapi PUSKESMAS disana bilang TDK BISA harus ke RT/RW….PRT saya ke RT dia bilang ngak ada KJS belom turun kali program nya…jawaban seperti itu benar2 membingungkan…
    Jadi kemana saya harus mendaftar untk PRT saya buat KJS??? Mohon info nya
    Terima Kasih
    Salam
    Iwan

    Reply
  41. yth bpk Ahok di tempat. pada kesempatan ini saya mengucapkan banyak terima kasih atas program KJS. program ini sangat membantu masyarakat. saya juga menikmati program KJS ini. dan pelayanan puskesmasnya sangatbaik.
    ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:
    saya sudah 20 tahun tinggal di jakarta dan mempunyai ktp jakarta dgn alamat di jalan kartini 13 jakarta pusat. karena saya belum
    mempunyai rumah tetap sehingga domisilinya berpindah pindah, tetapi masih wilayah jakarta. nah pada waktu anak saya sakit, saya antar ke puskesmas dan langsung dilayani. kemudian dari pihak puskesmas suruh minta tanda tangan dari RT. ketika sampai di RT tidak mau tanda tangan dgn alasan bahwa saya sudah tidak berdomisili di RT tersebut. bahkan menganjurkan segera membuat surat pindah dari RT tersebut.
    kira kira apa yang harus saya lakukan???
    mohon solusi dan pencerahannya. terima kasih

    Reply
  42. Pak, untuk kartu jakarta sehat ini apakah dapat digunakan untuk menggunakan fasilitas HD/Hemo dialisis di rumah sakit?

    Reply
  43. pak ahok yth,

    program kjs memang sangat membantu, tp kenapa hanya tindakan/konsultasi dokter yang berbiaya wajar di rs pusat. sedangkan untuk berbagai test yang perlu, RS fatmawati memberi opsi untuk dilakukan di klinik swasta yang sudah sangat jelas kjs tidak berlaku.

    mohon disebarluaskan informasi biaya2 apa saja yang dapat ditanggung KJS dan mana yang tidak. karena beberapa pasueb KJS dapat “tembus” tapi tidak sedikit yang kecewa.

    terimakasih sebelum dan sesudahnya….

    Reply
  44. Mau tanya , kalau pasien yang sudah dapat surat rujukan dari puskemas , lalu ke RS yang ditunjuk . kemudian rawat jalan . kalau cek lagi apa mesti minta surat rujukan lagi ke puskesmas. padahal rawat jalan harus rutin setiap 2 minggu sekali dengan penyakit yang sama.

    Reply
  45. Selamat siang Pak Ahok, Saya ingin menanyakan masalah KJS.

    Sejak saya menikah & pindah ke alamat suami saya (KTP & KK sudah berubah), KJS saya tidak dapat di gunakan di Puskesmas tempat saya tinggal sekarang karena KJS saya masih alamat yang lama.

    Sebelumnya saya beralamat di Cempaka Putih Barat (Jakpus) & pindah ke Kel. Tanah Tinggi, Kec. Johar Baru (Jakpus).

    Saat saya mau menggunakan KJS di puskesmas Kec. Johar Baru, pihak puskesmas bilang saya harus mengurus KJS saya ke puskesmas tempat KJS saya dikeluarkan agar KJS saya bisa digunakan di puskesmas Kec. Johar Baru tapi saat saya menanyakan hal tersebut ke pihak puskesmas Cempaka Putih, petugas menyuruh saya kembali ke puskesmas Kec. Johar Baru. Petugas tersebut bilang harusnya pihak puskesmas Kec. Johar Baru yang mengeluarkan surat mutasi sementara pihak puskesmas Kec. Johar Baru meminta saya sebaliknya.

    Waktu saya jelaskan kalau saya sudah 2x menanyakan hal tersebut di puskesmas Kec. Johar Baru, petugas di puskesmas Cempaka Putih meminta no hp saya & berjanji akan menghubungi saya tapi sampai masuk minggu ke 2 ini saya belum mendapat tanggapan apa-apa.

    Sebenarnya bagaimana cara mengurus perpindahan KJS tersebut Pak? Mohon bantuannya agar KJS saya dapat saya gunakan. Terimakasih atas bantuan Bapak.

    Salam,
    Nevi Lidyawati

    Reply
  46. Kepada Yth Bapak Wakil Gubernur
    Bp. Basuki Tjahaya Purnama (ahok)

    Dengan Hormat
    Dalam Surat ini saya ingin mengucapkan banyak-banyak Terima kasih kepada bapak jokowi dan bapak ahok atas sistem KJS yang telah ada, karena KJS telah terbukti sangat membantu mengurangi beban keluarga kami saat awal bulan oktober lalu ibu saya masuk rumah sakit persahabatan karena penyakit gagal ginjal kronis dan harus dilakukan tindakan perawatan serta cuci darah, ibu saya dirawat sampai kurang lebih 23 hari, selama dirawat semua biaya perawatan dan obat2an serta biaya cuci darah dan operasi cimino nya ditanggung oleh KJS, oleh karena itu saya ingin mengucapkan banyak terima kasih banyak pada pak ahok dan pak jokowi atas program KJS yang dibuat, karena terbukti sangat membantu meringankan beban kami sebagai warga jakarta yang terkena musibah sakit, Bravo untuk pak Jokowi dan Pak Ahok, beruntung sekali jakarta dipimpin oleh pemimpin seperti kalian, teruskan kerja kerasnya pak, kami sekeluarga ucapkan banyak terima kasih dan akan selalu mendukung dan mensupport bapak ahok, sekali lagi terima kasih pak.

    Salam….

    Iqbal

    Reply
  47. Mohon Izin sebelumnya pak Ahok…
    Saya Rahman selaku Sekretaris Karang Taruna Kelurahan Semanan Kecamatan Kalideres Jakarta Barat….
    Saya Mohon izin untuk memperbanyak ALUR DAN RUJUKAN KJS… Karena menurut saya warga Jakarta masih minim mengetahui alur rujukan KJS ke RS… Saya selaku Warga Jakarta dan aktivis karang taruna kelurahan wajib sebagai penyambung lidah dan informasi dari PemProv DKI Jakarta untuk memberikan informasi yang sejelas-jelasnya dan se-konkrit-konkritnya… Makasi atas pengabdian Bapak Jokowi dan Bapak Ahok untuk Kota Jakarta ini… semoga amal baik bapak senantiasa diterima dan di ridhoi Allah dan semoga Bapak selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk memimpin Jakarta yang lebih baik lagi untuk semua warga negara Indonesia… Amiin Yaa Robbal Alamiin

    Reply
  48. dear pak ahok, semoga anda membaca komentar saya. sepertinya sosialisasi KJS di tingkat tenaga kesehatan masih kurang mungkin perlu di buat sosialisasi yang lebih mendalam sehingga semua nakes di pelayanan dasar faham dan mengerti konsep KJS yang bpk buat. Dalam diagram pengobatan awal adalah di puskesmas, apakah di setiap puskemas di Jakarta bs melayani KJS dengan menunjukkan kertu KJS? sepertinya tidak. ini berdasarkan pengalaman salah satu anggota keluarga saya yang berobat di puskesmas ulujami sedangkan domisili kami di pesanggrahan. Sehingga pasien KJS dari kelurahan lain akan diperlakukan sebagai pasien umum. Ini berarti KJS sudah melakukan regionisasi pasien dan puskesmas. Bukankah seharusnya sifatnya portabilitas artinya bisa di akses dimana saja. Selain itu nakes puskesmas di DKI juga kurang bersahabat dengan pasien. Mungkin perlu ada semacam tim pemantau dan penilai dari pemda. Saran saya DKI jakarta perlu belajar ke Prov Aceh dan Sumsel untuk konsep Jamkesda yang baik. Saat ini saya sedang melakukan penelitian ttg jaminan kesehatan daerah dan kedua daerah tersebut sudah melakukan pengelolaan dan penerapan jamkesda dengan cukup baik. Sy jg ingin berdiskusi dengan tim KJS bpk, mgkn bs saling bertukar pikiran dan pengetahuan.

    salam,

    Reply
  49. Dear Bpk. Ahok

    Saya mochammad.taufiq warga RT.04 Rw.06 No.53 NIK: 3175062606830007 pulogebang cakung jakarta timur samapai 5 des 2013 ini belum mendapat KJS tolong bantu saya pak ahok agar bisa mempercepat proses KJS saya ke instansi yang terkait.

    Kind Regard

    Moch. Taufiq

    Reply
  50. itu perlu dipertimbangkan dengan kondisi keuangan Ibukota negara, Dan pemberian kartu KJS Pada sasaran yang tepat.

    Reply
  51. Pak pembuatan KJS itu berapa lama ya?
    Ud sebulan lebih punya saya belum jadi2

    Reply
  52. Bagaimana dengan pasien kronik menahun pak?? Mungkin sekarang tampak mampu,tapi dengan biaya pengobatansecara terus menerus bisa2 jadi tidak mampu lagi…ke puskesmas di tolak pembuatan KJS..katanya keluarga mampu bisa menyekolahkan anak sampai sarjana..bagaimana?? Malu juga mau minta KJS jadinya…padahal untuk penyakit tertentu nanti panjang pengobatannya…

    Reply
  53. selamat siang pak ahok… saya merasakan sangat terbantu dengan adanya KJS, saat emergency, saya bisa membawa anak saya ke ugd RSUD Tarakan dan RSUD Cengkareng dengan gratis. pertama saat anak saya digigit anjing di jalan, dan saat anak saya terkena kejang(stip)pada malam hari(rabu,11 oktober 2013).dokter UGD menyarankan saya kembali pada hari sabtu untuk rawat jalan di poli anak dengan syarat meminta rujukan puskesmas dulu agar bisa menggunakan KJS,tak lupa dokter memberikan surat rekomendasi dan hasil lab untuk diberikan ke dokter puskesmas.Tapi saya kecewa dengan pelayanan dokter di puskesmas rawa buaya hari ini , karena salah satu dokter( saya tidak tahu namanya) mencaci maki saya dengan suara yang keras,saat saya hendak mendaftarkan anak saya pertama kali di puskesmas rawa buaya cengkareng agar bisa diberikan surat rujukan ke rs.cengkareng, karena sebelumnya anak saya terdaftar aktif di puskesmas tegal alur ( dekat rumah neneknya)bukan di puskesmas rawa buaya.dokter menyarankan hari senin anak saya baru bisa diperiksa, saat saya menanyakan ko’ tidak bisa hari ini, dokter malah menyalahkan saya dan menanyakan riwayat dan kronologis sakit anak saya dengan judes dan suara tinggi.Saat saya kritik untuk menjelaskan dengan baik-baik , dokter malah tambah marah-marah.Akhirnya saya keluar dari puskesmas dengan kecewa, sementara dokter didalam masih mengeluarkan sumpah serapah yang terdengar sampai halaman parkir motor.Yang menyakitkan dokternya sempat berteriak supaya terdengar saya yg diluar ” halloo…gaji gua udah gede kali..”. Saya tak mengerti apa maksud dan tujuan dokter berbicara seperti itu.Seperti itukah pelayanan dokter puskesmas pak dan seperti itukah etika dokter puskesmas.ko’ kita jadi kaya pengemis ke dokter puskesmas. Atas perhatiannya terima kasih pak ahok,semoga Tuhan selalu melindungi bapak….aamiin

    Reply
  54. Kalo saya kan punya penyakit keritis tapi dokter yg nanganin saya tidak terima KJS

    Reply
  55. Berobat ke Puskesmas apa harus Puskesmas sesuai dengan KTP atau Puskesmas mana saja yang penting masih wilayah DKI ?

    Reply
  56. mlm pak wagub dengan adanya bpjs apakah pemegang kartu jakarta sehat masih bisa dipergunakan untuk berobat seperti belum adanya bpjs mhn penjelasan dalam hal ini pak wagub

    Reply
  57. Pak,ktp saya setiabudi dan istri sy baru masuk KK dan sedang hamil 9 bulan anak pertama.sekarang tinggal di depok (mertua saya) sedang berobat di puskesmas pasar rebo,dan pertanyaan saya :
    1.apakah KJS hanya bs digunakan hanya dkecamatan domisili saja (setiabudi)?tdk bs dpasar rebo?mengingat klo istri sy gak sanggup depok – setiabudi?sedangkan pd alur diagram tdk dsebutkn KJS u perwilayah
    Mohon di respon,karena perkiraan 15 januari 2013 akan melahirkan,sedangkan jampersal sudah ditolak puskesmas

    Reply
  58. Pagi pak wagub, saya mau bertanya. saya telat bikin KJS, karena informasi dari RT yg bertele-tele, dan saya skarang mau mendaftarkan sendiri ke puskesmas terdekat, biasa saya/istri saya periksa dan ternyata ditolak bikin KJS, yang karena KJS sudah diganti dengan program pemerintah pusat BPJS/KJN.
    Dan BPJS kan dikenakan biaya premi yg sesuai kemampuan.
    Mohon tanggapanya pak, soalnya istri saya sedang hamil 8 bulan, dan ini anak pertama.
    Dan saya hampir sama, dengan pengaduan pak Ode di atas.
    Karena prediksi melahirkan skitar tgl 12 Febuari.
    Dan saya tinggal di Jakarta timur, Lubang Buaya.

    trimaksih
    toto

    Reply
  59. Saya pengen komplain pak…knp minta srt rujukan dr rs daerah ssh bngt ya…katany mst nunggu sebulan br bisa dapet…klo orang yg lagi butuh gmn pak…tlng diperhatikan lg pak mslh ini…terima kasih pak

    Reply
  60. saya senang adanya Jakarta Sehat produk Jokowi and Ahok. Heeee heee RI 1 mengeluarkan produk dari ikutan orang Jakarta makan ruwet masuk kerumah sakit.

    Reply
  61. klo mau CT Scan tp blm punya KJS bisa gak ya…?

    Reply
  62. Maaf pak ahok,bapak saya peserta KJS,pd hari minggu 26/1/2014 masuk UGD RS.UKI dgn jaminan KJS, tgl 27 januari 2014 jam 10 pg, bapak saya operasi diperutnya, dokter menduga adanya kebocoran dilambung serta infeksi perut sudah menjalar seluruh bagian perut, tp sbelum dioperasi dokter serta bag.adm RS memberitahukan bahwa darah,dan ada beberapa obat selama di ICU tdk ditanggung/cover KJS/PBJS. shingga pihak keluarga pontang panting cr pinjaman. untuk 2 kantong darah sharga=800rb. belum obat2 slama di ICU yg harganya sangattttt mahal, shingga kelurga hanya mampu beli obat seadaanya, smua kwitansi ada. yg inggin sy tanyakan kenapa darah dan selama di ICU kita sebagai penerima KJS harus bayar juga. sy sdh lapor ke 1708.

    Reply
  63. selamat sore pak, saya Gloria Titaley, Maaf sblmnya saya merasakan kekecewaan dalam mengunakan KJS yg dimana hari kamis tanggal 6 bulan febuari jam 8.00 malam, org Tua saya (ibu ) dibawa ke RS Muhammad RIdwan di ruang UGD yg dimana ke 2 kaki ibu saya tidak dapat berjalan lagi dan dibawa dengan kursi roda, dan sesamapinya di tempat RS tsb. seorg suster berty kepada kami kel. mau berobat pake apa? ketika kami menjwab dgn menggunkan KJS suster tersebut lgs menyatakan kmar full!!! kami sadar kami org yg tak mampu, pada akhirnya, kami membawa ibu kmai ke Puskesmas kramat 7 dengan alasan agar ibu kami tidak mondar-mandir dengan membawa surat Rujukan dari dokter puskesmas, dan dokter tersebut menaruh atau merujukan ibu saya ke RSUD tarakan.setiba diRSUD tarakan hari kamis tgl 6 febuari dari jam 10 malam di UGD tarakan sampai jam 2 mlm ( subuh ) ibu saya baru dapat kamar itupun dgn memberi uang Rp 100.000 agar ibu saya bisa dpt msk kamar, selama berjam2 ibu say di UGD saya tidak mendapat hasil sakit apakah ibu saya!? samapi pada akhirnya tanggal 8 hari sabtu tepatnyajam 8.30 ibu saya meninggal Dunia, tanpa ada dokter yg menanganin, tanpa saya diberitahukan sakit apakah ibu saya, selama di RSUD tarakan saya selalu bertanya kepada suster-suster ditempat tidak mendapat jwban sama sekali, hanya dgn jwban tunggu ” dokter ” dokternya yg manapun saya tidak tahu, karena sampai ibu saya meninggal ibu saya tidak ditanganin dgn dokter, dan susuter pun tidak tahu sakit apa sebenarnya ibu saya, pertayaannya pak. apakah semua pasien yg menggunakan KJS akan diperlakukan seperti itu pelayanannya??? dan apakah setiap Rumah Sakit yg bekerjasama dgn KJS terutama RSUD tarakan akan memperlakukan smua pasien seperti itu karena menggunakan KJS? dan karena kami org yg tidak mampu? lalu apa fungsinya dari KJS tsb? kalo hanya org-org yg mempunyai uang yg dilayani, sementara kami tidak!? Mohon dengan segala Hormat saya kepada Bpk Ahok dan Bpk Jokowi dapat menindak lanjuti permasalahan ini terutama untuk kasus ibu saya. saya yg bernama : Gloria Manuella E Titaley alamat : Jl . Prapatan II no 55 RT 003/05 tlp 089637436005. terimakasih atas perhatian bapak.

    Reply
  64. Salam sejahtera pak ahok…
    Sebelumnya sy ingin mengucapkan banyak terimakasih karna berkat program kjs alhamdulillah ibu sya bisa dioperasi karena menderita tumor rahim & kondisinya sdh sgt kritis & alhmdllh skrg sdh sehat seperti sedia kala.
    Yg sy ingin tanyakan skrg, gak tau apa sebabnya sy sering mengalami sakit kepala yg luar biasa.sy sering ke puskes dengan keluhan yg sama tp kt dktr puskesmas smw tu krn sy kecapean.
    Sbnrny sy ingin sekali melakukan CT scan krn terkadang sy tdk kuat menahan rsa ckt kepala tu tp dr pihak puskesmas tdk mau memberikan rujukan untuk CT scan.
    Prtanyaan sy apkh bisa sy melakukan CT scan dg biaya sendiri tp seandainy terjadi sesuatu yg mengharuskan sy rawat inap atau bahkan operasi, sy menggunakan kjs?
    Mohon bantuannya pak karna jika rasa sakit tu menyrang sy sampe tidak kuat berdiri.
    Terimakasih.

    Reply
  65. Saya sepakat dgn sistem bpk yg simple utk rakyat miskin.Tapi bagaimanapun juga sistem apapun yg dibuat manusia tidaklah sempurna.karena dari itu tetaplah menyempurnakannya dgn sudut pandang yg paling efektif dan efisien secara objektif maupun komprehensif.Saran saya:Bagi pengguna KJS dilarang membawa/mempunyai Gadget/elektronik dan barang mewah lainnya,utk mslh penggunaan elektronik dari segi kualitas dan hrg dpt didiskusikan kategori mana saja yg dilarang bagi rakyat miskin.Hal tersebut dpt mengurangi tingkat kecurangan menengah atas yg mempunyai KJS,jika ketahuan,maka KJSnya dihapus dan didenda.Dan bagi masyarakat ke bwh yg memiliki gadget dilarang membawa gadget karena bisa dikategorikan menengah atas.Menengah atas jika tidak diperbolehkan membawa gadget/barang mewah lainnya scr psikologis akan merasa bosan,sehingga akhirnya beralih ke ,layanan kesehatan non-subsidi.

    Reply
  66. Pak sya mau tnya.ank saya sakit tpi minta rujukan dipuskesmas tdk diberikan.tapi saya sdh punya kjs.apa sya bisa berobat ditarakan dgn menggunakan kjs saja tanpa ada surat rujukan dari puskesmas.trims pak

    Reply
  67. Pak, terima kasih atas program BPJS ini sangat membantu kami. tapi saya mau tanya perihal tante saya yang sakit ginjal dan sudah melakukan cuci darah atas saran dokter RS.Cipto. saat ini beliau sedang dirawat di RS.Cipto tapi kata dokter sudah tidak bisa lagi cuci darah di Cipto dan harus pindah ke rumah sakit lain yang terima BPJS. kami sudah cari ke beberapa RS dan klinik yang ikut BPJS, tapi ditolak. Apakah bisa dibantu untuk info rumah sakit/klinik yang menerima pasien cuci darah BPJS ? karna hari selasa besok tante harus menjalani cuci darah lagi. Saya mohon bantuannya. Terima kasih.

    Reply
  68. Saya hendra.begini bpk ahok.saya tinggal di daerah palmerah jakarta barat.mau urus bpjs.tp dipersulit dan menguras tenaga biaya dan wajtu. Kita harus antri dari jam 5 pagi untuk absen dan stlh satpam bpjs datang diganti no urut,kadang juga hrs antri lagi untuk dpt no antrian krn absen yg ditulis dikertas tdk dianggap.trus juga diminta bw kk asli,sedangkan di tulis cm bw fcopy kk.saya sudah berkeluarga tinggal satu rumah dengan mama saya.saya punya kk sendiri.di playanan bpjs tidak boleh diwakili sedangkan diterangkan boleh pake surat kuasa.apa orang tua saya juga hrs antri pagi2 buta.banyak calo dlm pengurusan bpjs yg notabene ada main dgn org kantor bpjs sampai no antrian diperjualbelikan oleh satpam bpjs juga.tolong di sidak bpk ahok.kantor bpjs jakbar di kampus widuri palmerah sebrang polsek palmerah.terima kasih

    Reply
  69. Yang terhormat bapak ahok
    Saya selaku warga solo ingin menyampaikan tentang kjs istri saya..
    Jadi per 2012 istri saya itu sdh bukan lg warga jakarta dan kk nya pun sudah berpindah dari jakarta ke solo, cm kenapa istri saya masih terdaftar menjadi peserta kjs.
    Yg dimana kjs nya membentur untuk pembuatan bpjs di solo.
    Saat ini bulan september 2014 ini istri saya sedang hamil 8 bulan, saya mau mengurus untuk bpjs istri saya tapi terbentur tidak bisa bikin bpjs karna masih jadi anggota jks.
    No jks : 0001211878348
    Atas nama : yulia erni wulansih
    Dan saya muhammad agung prasetyo
    No hp : 085725252244
    Mohon untuk pencabutan jks untuk mengurus bpjs di kota solo
    Terimakasih untuk perhatian nya
    Mohon untuk di tanggapi tentang masalah ini.

    Reply
    • gampang mas.no nik ktp rubah salah satu aja.tapi lewat online ..pas uda jdi kartu lapor kekntor bpjs bilan aja salah ketik nik..pasti akan di ralat oleh pihak bpjs..tidak perlu menon aktifkan kjs.

      Reply
  70. Bapak Ahok Yth, saya salut dengan program Jakarta Sehat, namun demikian pelaksanaannya tidak segesit pencanangannya dan tentu saja kondisi ini akan merusak program yang sangat baik tersebut.

    Pengalaman anak kami tanggal 3/11/2014 datang ke Puskesmas Setu, Kecamatan Cipayung Jakarta Timur sekitar jam 14.00, namun tidak ada satu orang petugaspun ,yang ada hanya seorang pesuruh yang sedang bersihkan lantai,….sebetulnya jam kerja sampai jam berapa Pak Ahok ?. Kemudian esok harinya sekitar Jam 08.00 datang kembali sudah ada 8 orang pasen yang nunggu, menurut petugas yang ada, dokter umum tidak bisa datang dan akan datang dokter pengganti tapi tidak tahu jam berapa bisa datang….dengan kecewa anak kami pulang dan tidak bisa menikmati layaan BPJS padahal kami membayar iuran bulanan.
    Saya merasa kecewa mendengar cerita anak kami dan mungkin P.Ahok juga kecewa , programnya yang bagus tapi sepertinya kurang didukung aparat di bawahnya. Bahkan pelayanan administrasinya masih manual tidak ada komputer…kalah sama klinik kecil yang ada disekitarnya….Mohon Kadisnya suruh sidak pak dan sediakan anggaran yang cukup.Terima Kasih P.Ahok…sukses Jakarta sukses P.Ahok

    Reply
  71. Yth Bpk Ahok

    Saya tadi habis ke kantor bpjs untuk membuat kartu bpjs untuk saya dan Istri. saat di sana,saya di suruh menonaktifkan kartu KJS saya, baru bisa membuat kartu bpjs pak. apakah benar begitu pak? mohon pencerahaan nya .Atas perhatian dan waktunya saya ucapkan terima kasih.

    Reply
  72. selamat malam Bpk Ahok,
    selamat atas terpilihnya bapak dan akhirnya bangsa indonesia bisa merasakan keadilan yg sudah lama mereka dinanti-nantikan dari pemimpin yg benar dan memikirkan nasib rakyatnya semoga bapak akan terus memperhatikan orang2 kecil yg sudah dari zaman penjajahan dulu merindukan pemimpin yg benar, jujur dan memperhatikan kesejahteraan rakyatnya bukan seperti yg lainnya hanya memperhatikan kesejahteraan diri mereka sendiri trima kasih atas kepemiminan yg benar dan jujur dari bapak utk semua rakyat indonesia yg mulai dan bisa merasakannya dan menikmatinya sekarang ini
    Hormat saya henny mannans

    Reply
  73. Yth, bpk ahok
    Sedikit menyimpang dari topik tapi mohon ditindak pak oknum2 di kelurahan pondok kelapa jaktim yg selalu meminta pungutan pada warga yg ingin mengurus bpjs, ktp dan sejenisnya pak.. trima kasih

    Reply
  74. Pak Gubernur Yth,

    Apakah KJS (BPJS JKN) ada plafonnya?
    Istri saya dirawat inap di RS dan harus segera di operasi usus buntu tp setelah 5 hari dirawat inap harus dipulangkan dengan alasan plafonnya sdh habis tanpa ada tindakan operasi kecuali saya menanggung kelebihan biaya dari plafon tsb.
    Mohon pencerahannya Pak Gubernur.
    Terima Kasih. GBU

    Reply
    • Dengan ini saya memohon bantuan bapak, sejak senin 22 Desember 2014 bapa saya terbaring dirumah sakit swasta di sekitar jakarta
      Hal ini dimulai saat bapa terkena serangan jantung dan dirujuk ke rumah sakit swasta tersebut, dokter menyarankan agar dilakukan kateterisasi akan tetapi disebabkan biaya yang cukup mahal kami sekeluarga tidak sanggup membiayainya
      Kemudian dokter memberikan pilihan pada kami
      I. Kateterisasi paling disarankan
      II. Pemberian obat pengencer darah dosis tinggi
      III. Pemberian obat pengencer darah dosis rendah
      Karena kami kesulitan untuk masalah biaya kami tidak bisa menentuka, dan dokter harus segera melakukan tindakan beliau meminta kami menyetujui pilihan III
      Karena tidak ada efek samping kami setuju
      Akan tetapi sampai hari ini setiap malam ayah saya harus mengalami anfal, hal ini sangat membuat kami sekeluarga merasa sedih karena tidak mampu membiayai pilihan utama
      Lalu kami berusaha memindahkan orang tua saya ke rumah sakit yang bekerja sama dengan KJS agar bapa bisa diobati dengan tindakan primer untuk menyembuhkan
      Akan tetapi sampai saat ini kami berusaha mencari RS yang memiliki fasilitas tersebut semua penuh
      Hal ini dilema bagi kami, kami tidak sanggup membiayai bapa kami untuk dilakukan tindakan primer di rumah sakit swasta ini dan kami tidak bisa mendapatkan rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS, sementara biaya perhari disini rata rata mencapai 12 juta
      Biaya terus bertambah setiap harinya tapi tidak bisa dilakukan tindakan primer karena sangat mahal
      Yang paling kami khawatirkan hampir setiap malam bapa selalu mengalami anfal
      Kami tidak tahu harus bagaimana, ingin sekali bisa dilakukan tindakan primer tapi tidak ada biaya, ingin pindah tidak bisa karena ruangan dan kondisi fisik bapa yang tidak mungkin untuk dipindah
      Bapa masih terus berjuang dengan penyakitnya tapi kami kesulitan untuk bisa mengobatinya
      Kami sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah dan bapak presiden agarbapa saya bisa pulih kembali dan berkumpul bersama kami

      Reply
      • halo pak Darmadi, bapak bs datang ke lt 3 balaikota (pengaduan masyarakat) untuk menyampaikan hal ini

        Reply
        • emg kaga ada solusi pak ….mesti dateng kesana terus…….masyarakat suruh ngadu terus kesana…..bikin peraturan yg tegas donk pak…..kita ini bayar pajak lho walaupun miskin….

          Reply
  75. Yth Bapak Ahok.
    saya ingin menanyakan. apa KJS yang di buat di puskesmas A tidak bisa di Gunakan di puskesmas B ?
    karena saya mengalaminya pak. anehnya sebelumnya saya bisa melakukan perawatan di puskesmas B. tapi belakangan kenapa tidak bisa ya pak ?
    saya melakukan pengobatan di Puskesmas Jl. Kemenyan Ciganjur Jakarta Selatan.
    terima kasih dan di tunggu solusi serta tindakanNya pak. ;),

    Reply
    • Ngga ada masalah, tapi idealnya pengguna KJS berobat ke Puskesmas yang terdekat dengan domisilinya

      Reply
  76. selamat sore pak Ahok yg terhormat,
    saya Koko usia 21tahun.
    saya mau tnya.
    saya sebelumnya sudah membuat KJS dngan ktp Jakarta. namun krna ktp saya baru d buat lagi. skrg ktp saya bukan elektrik lagi. tapi saya sudah punya kjs.. apa ttap bisa mlakuakan prawatan d rumah sakit yng mnerima kjs krna ktp saya tidak elektrik lgi tolong d jawab pak.. trimakasih

    Reply
  77. IBU saya punya nomor KJS, tapi kartunya kok gak ada atau belum dapat ya… ??? Bagaimana cara ngurusnya? Dan apakah no.tsb bisa digunakan Oleh anggota keluarga yg tercantum di KK yg sama?

    Reply
    • sama,saya juga gitu..kemarin pendaftaran BPJS dari tempat kerja ternyata saya sudah terdaftar KJS tapi saya belum dapat kartunya,saya tanya orang tua saya ternyata dulu memang sudah mendaftar KJS tapi sampe sekarang belum terima kartu KJS-nya
      bagaimana solusinya?

      Reply
  78. Pak Ahok….Saya Niken usia 41 th warga Kota Bekasi kebetulan rumah saya perbatasan dengan DKI Jaktim dirumah ada buruh cuci gosok yg berdomisili di jaktim kel Pulogebang Kec Cakung dia mempunyai KJS dan tdk mengerti cara penggunaannya ( karena takut dipunggut bayaran dsb sedangkan pendidikan mrk minim dan kelg miskin ) adapun skrg kondisinya kedua anaknya sakit amandel cukup parah yg membutuhkan penanganan operasi mohon bantuannya pak terima kasih

    Reply
  79. maaf pak saya mau tanya, apakah kjs sudah tidak berlaku lagi dan diganti dengan bpjs. klo ya bagaimana cara pindah dari kjs ke bpjs

    Reply
  80. Selamat malam pak ahok.
    Apakah kjs bisa digunakan diluar jakarta atau tidak?jika bisa digunakan diluar jakarta,apakah RS nya tertentu.Mohon pencerahannya.terima kasih.

    Reply
  81. Selamat siang pak ahok.
    Saya ingin menanyakan
    1. Bagaimana cara perpanjang KJS?masa berlakunya mau habis mei 2015.Sedangkan jika berobat ke RS masa berlaku harus diperpanjang..lalu 2.Apakah kjs dapat digunakan di RS luar jakarta?
    Saran mohon pelayanan UGD di RS persahabatan Jakarta timur harus dibenahi,terutama dokter jaganya harus standby ditempat.Mohon jawabannya segera.terima kasih

    Reply
  82. Selamat sore pak gubernur …mohon informasinya tentang proses pembuatan kjs…saya kemaren membantu pembantu saya untuk membuat kjs di puskesmas dekat rumah bulan april 2015. tapi ini sdh sampai awal juni belum jadi katanya ..malah katanya disuruh nunggu lagi 5 bulan..saya jadi bingung pak .kok kayaknya kami wong cilik di persulit y…mana kesehatan pembantu saya juga tdk begitu baik..mohon solusinya pak.. trimaksh byk atas perhatian bpk

    Reply
  83. hari ini orang tua saya sedang berobat jalan di rsud pasarminggu dan keluar rawat inap pada tgl 18 februari 2016
    lalu diberikan rujukan untuk kontrol sakit stroke pada tgl 23 feb 2016
    oleh dokter syaraf nya kami di berikan rujukan berobat ke dokter penyakit ginjal (dokter penyakit dalam)pada hari ini tgl 26 februari saya bawa berobat ke rsud pasarminggu lagi, namun di tolak memakai KJS dikarenakan katanya ada aturan yang mengharuskan saya berobat jalan di rumah sakit yang ada di Jakarta Timur saja
    apakah hal ini memang harus seperti itu,bagaimana dgn rujukan yang sudah di berikan oleh dokter
    apakah ada pengotak-ngotakan untuk sistem berobat
    trim

    Reply
  84. Selamat siang,
    Mohon info apakah KJS yg habis masa berlakuknya masih bisa digunakan untuk berobat ? Jika tidak, bagaimana cara memperpnjang masa berlaku KJS ?

    Reply
    • KJS otomatis melebur ke BPJS PBI (penerima bantuan iuaran) namun hrus di Kelas III

      Reply
  85. KJS anak sy udah setaun didaftarin tp fisik kartunya ga pernah sy terima,sy udah tanya ke puskesmas kelurahan tp mereka blg emang lama jd kartunya,sebenernya untuk pengambilan kartunya dimana ya ? moho infonya,sy sangat butuh u/berobat anak sy

    Reply

Leave a Reply