Ribuan TPS Pilkada Jakarta Dinyatakan Rawan

0
44

Ahok.Org – Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Rikwanto mengatakan, Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lembaga Pemasyarakatan (LP) terkategori ‘rawan’.

Sementara dari data terakhir yang dimiliki Polda Metro Jaya, sebanyak 1.296 masuk dalam katagori rawan, dengan rincian 1.257 TPS berstatus rawan 1 dan 39 TPS berstatus rawan 2.

Sedangkan jumlah TPS yang dinyatakan aman sebanyak 14.815 TPS, dari total TPS yang ada seluruhnya sebanyak 15.111 TPS.

“Rawan di sini bukan diartikan akan terjadi kerusuhan anarki yah, tapi rawan di sini jika yang terdaftar ada 60 orang pemilih di lapas namun karena mungkin ada sebagian orang di lapas berfikir bahwa hasil akhir dari pilkada ini tidak ada pengaruhnya bagi mereka sehingga mereka tidak memilih,” ujar Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa, (3/7/2012).

Ia menjelaskan, misalnya ada sekitar 17 orang yang tidak ikut memilih tetapi data yang dilaporkan tetap 60 orang ikut memilih. “Nah rawan yang dimaksud seperti itu,” singkatnya.

Rikwanto menambahkan, seandainya terjadi kericuhan di TPS maka sudah ada anggota dari Brimob dan Sabhara yang akan menanganinya. “Jadi, penempatan anggota itu satu anggota untuk mengawasi tiga hingga empat TPS yang berdekatan. Tapi untuk TPS yang terlihat ‘rawan’ akan ditempatkan masing-masing satu anggota,” imbuh Rikwanto.

Menurutnya, lanjut Rikwanto, untuk kategori TPS Rawan 1 dan 2 merupakan penilaian dari kepolisian. Rawan 2 dinilai yang paling rawan. “Rawan 1 dan 2 yang menentukan Kapolres setempat, itu sangat subyektif, tempat yang dinilai rawan yang berdekatan dengan kantong-kantong berbagai calon. Jadi, eskalasi konfliknya berbeda di tiap wilayah dan yang mengetahui ialah Polres tersebut berdasarkan data yang mereka punya sebelumnya,” imbuh Rikwanto.

Dijelaskannya, untuk mengamankan TPS sebanyak 6.401 personil petugas PAM disiagakan. Untuk personil dari BKO TNI sebanyak 2.100 personil dan jumlah BKO Satgasda 1.157 pers. Personil TNI ditempatkan di objek-objek vital guna mengantisipasi adanya oknum yang hendak membuat rusuh.[Inilah.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here