Gus Dur Pantas Menerima Gelar Pahlawan Nasional

1
53

Seharusnya gelar pahlawan nasional bagi Gus Dur adalah suatu kepantasan, dan tidak perlu diperdebatkan lagi.  Sebagaimana layaknya manusia pasti Gus Dur-pun tidak luput dari kesalahan dan kekilafan.

Namun kita semua sangat  yakin bahwa niat baik Gus Dur untuk bangsa ini jauh lebih besar dibandingkan kekurangannya. Kita semua setuju bahwa Gus Dur emang pionir atau penjaga pluralisme sejati dibumi pertiwi ini.

Soekarno menciptakan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, Gus Dur melaksanakan dan menjagan perbedaaan tersebut dalam satu pita kesatuan Indonesia.

Menurut Gus Dur perbedaaan adalah kekayaaan bangsa ini yang musti dijaga dan dipelihara demi keutuhan bangsa dan negara. Sudah sangat jelas Gus Dur BERJUANG untuk bangsa ini demi kesatuan dan persatuan.

Gelar Pahlawan Nasional sangat pantas disematkan pada nama besar Gus Dur, walapun sejujurnya apapan gelar atau penghargaan kepada Gus Dur tidak akan bisa mewakili apa yang telah dia perjuangankan demi bangsa ini.

Sekali lagi Selamat Jalan Gus Dur.

1 COMMENT

  1. sebagai pemuda tionghoa yang bersekolah pada jaman orde baru hingga reformasi.pasti akan merasakan betul jasa gusdur yang menetapkan imlek sbg hari libur.dulu dijaman orde baru pada saat imlek jika kami absen besok kami dihukum layaknya pelaku kriminal oleh oknum guru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here