Besok, KPU Umumkan DPT Pilkada DKI

0
59

Ahok.Org – Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta masih berdiskusi dengan para tim sukses masing-masing pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung pada Pilkada DKI Jakarta 11 Juli 2012 mendatang. Rencananya KPU akan mengumumkan Daftar Pemilih Tetap (DPT), Sabtu 2 Juni 2012 pukul 14.00 WIB.

“Pasca mendapat laporan dari para tim sukses pasangan calon, dari kemarin kami masih berdiskusi dengan mereka. Kami akan maraton untuk clearkan masalah pemilih ganda. Jika sudah clear, besok akan kami umumkan,” kata Ketua Kelompok Pekerja Pendataan KPUD DKI Jakarta, Aminullah, Jumat 1 Juni 2012.

Aminullah menjelaskan, sejak kemarin pihaknya menggelar rapat guna melakukan penyisiran dan penelusuran terhadap semua masukan dan laporan, terutama terkait adanya dugaan pemilih ganda.

“Dari tadi malam tim sukses pasangan calon menemani kami sampai pagi ini dan nanti siang, kami diskusi bersama mereka, apakah dugaan mereka itu sudah clear. Kalau memang merasa tidak diakomodir kami diskusikan bersama-sama terus,” ujar dia.

Sebelumnya, saat melakukan kunjungan ke KPU DKI, Komisi II DPR RI meminta agar pengumuman DPT ditunda. Ketua Komisi II, Agun Gunanjar mengatakan, data pemilih begitu penting untuk diverifikasi agar tidak berdampak buruk usai Pilkada selesai dilaksanakan. Sehingga penundaan penetapan DPT dimaklumi.

“Semula penetapan DPT tanggal 26 Mei, rupanya ketika kami mengetahui dan memahami betapa pentingnya data pemilih, karena kami ingin siapa pun yang terpilih menjadi gubernur dan wagubnya nanti tidak akan mendapatkan gugatan,” ujar Agun Jumat, 25 Mei 2012.

Menyadari masalah itu, Komisi II berkenan memberikan wewenang kepada KPU DKI untuk melakukan verifikasi dan validasi pemutakhiran data pemilih.

“Kami minta waktu sekurangnya tujuh hari. Dan setelah itu dilakukan, tidak akan sepihak KPU menetapkan begitu saja, karena setelah dilakukan pemutakhiran, akan dikirim terlebih dahulu kepada tim pasangan calon dan setelah tidak ada lagi complain dari pasangan calon barulah dapat itu bisa ditetapkan,” tuturnya.[Vivanews]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here