Kemenangan Jokowi-Ahok dari Beragam Kelas

1
53

Ahok.Org – Pasangan Joko Widodo – Basuki Tjahaja Purnama unggul di basis Fauzi Bowo di Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Dari 57 tempat pemungutan suara yang ada, Jokowi – Basuki menang di 38 TPS. Kemenangan Jokowi diraih dari beragam kelas tempat pemukiman, mulai dari pemukiman padat penduduk sampai di perumahan kelas menengah atas.

Di TPS 056 misalnya, Jokowi – Basuki meraih 135 suara mengungguli pasangan calon lain. TPS ini berada di Perumahan Villa Delima, dikenal sebagai perumahan menengah atas. Jokowi – Basuki juga unggul di kawasan padat penduduk seperti di TPS 10, yang berada di belakang Terminal Lebak Bulus. Di TPS ini Jokowi meraih 120 suara dari total 241 suara sah.

Raihan suara di tingkat PPS, dari 57 TPS di Lebak Bulus, Jokowi berada pada posisi teratas. Jokowi – Basuki meraih 7.077 suara, mengungguli lima pasang calon lainnya. Berturut-turut perolehan suara selanjutnya Fauzi Bowo – Nachrowi Ramli 5.171 suara, Hidayat Nur Wahid – Didik J Rachbini 1.829 suara, Faisal Basri – Biem Benjamin 1.260 suara, Alex Noerdin – Nono Sampono 981 suara, dan Hendardji Soepandji – A Riza Patria 371 suara. Pada Pilkada DKI tahun 2007, di PPS Lebak Bulus merupakan basis pendukung Fauzi Bowo.

Adapun pemilih yang tidak mendatangi TPS di PPS Lebak Bulus sebanyak 11.830 orang. Jumlah ini melebihi perolehan suara pasangan calon terbanyak sekali pun. Sesuai rekapitulasi, jumlah suara tidak sah di PPS Lebak Bulus mencapai 315 suara.

“Pada pilkada tahun 2007 Lebak Bulus merupakan basis pendukung Pak Fauzi Bowo. Namun sekarang sepertinya ada pergerseran, itulah politik,” kata Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan Pizarda.[Kompas]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here