Satpol PP Jakarta Tanpa Pisau dan Pentungan

6
82

Ahok.Org – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja(Satpol PP) DKI Jakarta, Effendi Anas, mengakui perlengkapan tajam dan keras yang selama ini melekat di seragam Satpol PP sedikit demi sedikit mulai menghilang.

“Mbak bisa lihat sendiri, sekarang kami hanya menggunakan seragam, tanpa menggunakan peralatan lainnya, seperti pisau dan pentungan. Semuanya sudah hilang, sudah enggak ada lagi,” kata pria yang akrab disapa Efan, di halaman Balaikota DKI, Jakarta, Selasa, (30/10/2012).

Menurut Efan, hampir seluruh perlengkapan yang dimiliki oleh Satpol PP se-Indonesia memang sama karena telah diatur di dalam Permendagri Nomor 35 Tahun 2004. “Namun, kami masih punya seni. Tidak semua selesai dengan imbauan. Kami akan sesuaikan dengan tuntutan di lapangan,” ujarnya.

Efan mengatakan, hal itu baru dilakukan semenjak adanya pergantian gubernur baru DKI Jakarta. “Memang ini semua sebagai langkah strategi yang dibangun oleh Pak Jokowi. Beliau ingin menggerakkan disiplin humanis dan ingin memberikan nuansa baru terhadap Satpol PP,” katanya.

Seharusnya, pagi ini menjadi pertemuan Gubernur untuk yang pertama kalinya dengan para personel Satpol PP untuk diberikan arahan. Namun, karena Jokowi berhalangan hadir untuk mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, rencana pengarahan Gubernur itu pun diundur sampai awal bulan November.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jokowi memang memiliki kisah unik bersama Satpol PP. Saat menjadi Wali Kota Solo, dia menghilangkan kesan kekerasan pada Satpol PP dengan harus disimpannya unsur pentungan dan tameng sebagai ikon Satpol PP itu.ย Bahkan, saat menjabat sebagai Wali Kota Solo, Jokowi juga mengangkat Kepala Satpol PP dari kaum perempuan untuk menghilangkan rasa kekerasan itu.[Kompas]

6 COMMENTS

  1. Pak Ahok satpol pp juga perlu adanya pelatihan berkomunikasi yg baik, dan konsep melayani yg baik…dan kalo mungkin hilangkan atribut atribut militer, pake pakaian khas betawi…

  2. Wah.. barusan aja ane ‘nyindir’ di topik laen soal kebiasaan satpol pp yg ‘galak’, mister jow udah bergerak dulu mberesi soal iki biar kita lebih tenang/lega… manteb deh!
    Nih ada tukang laporin/pembisik Jow-Baz super cepat ya disini? Ane acungin semua yg mirip jempol deh ke siapapun anda. (psst.. oom sak ya? :)) bravo deh!

  3. Klo gan TaZ mengikuti historis y sewaktu beliau jd walikota Solo hal itu sdh diterapkan disana dan itu bakal diterapkan jg di DKI, jd bkn soal ‘pembisik’ yg super cepat……

    • dimengerti dgn jelas gan, roger! ๐Ÿ™‚
      mungkin oom sak posting ini buwat nenangin daku brow, tuh ada kisahnya waktu di Solo di paragraf akhir.
      yah diralat aja: ‘pembisik’ yg super tanggap dgn pikiran2 kite yg pada parno deh.. ๐Ÿ˜€

  4. Iyalaaaaaah… harusnya memang dari awal sudah harus dipikirkan tentang performance Satpol PP DKI Jakarta itu seperti apa, pola rekruitment-nya, pola pendidikannya/pelatihannya, metodologi dan praktek penguasaan kondisi lapangannya, memang semua itu sudah harus dipikirkan sejak sebelum dibentuk Satpol PP DKI waktu itu. Kalau perlu namanya juga diganti, uniform-nya diganti (jangan seperti tentara milisi), karateristik penguasaan dilapangannya juga diganti — kalau wataknya tetap tidak berubah juga : ganti personil, bikin rekruitment baru sesuai dengan visi-misi yang baru. Yang wataknya tetap sok galak sama masyarakat tapi gak mau diganti, mutasi aja ke kandang macan Kebon Binatang Ragunan.

    • L-O-L.
      jangan lupe ni macan2an yg dimutasi ke bonbin pade pake kumis, biar ga kalah sangar sama macan2 asli Ragunan.. kali2 aje takutnye kena diklepto dijadiin bini berikutnye sama pejantan tangguh yg body belang suka maen awewe disitu.. tau sendiri di utan rimbe, tanpa pentungan gede mereka ga dianggep pejantan kan? ๐Ÿ˜€

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here