Kata Pak Gubernur Soal Peremajaan Armada Angkutan

15
176

Ahok..Org – Terkait kebakaran bus Transjakarta jurusan Blok M-Kota pada Senin (5/11/2012) malam di kolong Semanggi, Gubernur DKI Jakarta Jokowi turut memberikan tanggapannya soal peremajaan armada.

Jokowi mengatakan wajar saja bus tersebut terbakar karena sudah tujuh tahun tak diganti. Padahal menurutnya setiap lima tahun harus diganti dan diperbarui.

“Namanya pelayanan publik ya seperti itu, harus diperbaiki. Jangan sampai sudah 20 tahun, 30 tahun (enggak diganti). Seperti Metromini dan Kopaja masih dibiarin gitu, ini menyangkut keselamatan masyarakat,” ujar Jokowi, Selasa (6/11/2012).

Saat ditanya apakah ada wacana menyingkirkan Kopaja dan Metromini, Jokowi langsung membantahnya. Menurutnya apa yang ada dalam konsepnya adalah meremajakan dua angkutan tersebut dengan pola hibah.

“Kok disingkirkan bagaimana? Siapa yang mau menyingkirkan? Diremajakan dengan pola hibah. Sudah 20 tahun, 30 tahun, bukan enggak layak, tetapi sangat tidak layak,” tegasnya.[Tribunnews]

15 COMMENTS

  1. pak sekedar usul aja, untuk semua kendaraan umum seperti kopaja dan metromini yang nantinya telah di hibah, bagaimana kalau metromini dan kopaja bekas tersebut di buang di laut kepulauan seribu yang nantinya akan jadi cikal bakal dari terumbukarang sekaligus meningkatkan kawasan sumber daya alam jakarta, serta meningkatkan kawasan pariwisata khususnya di kepulauan seribu,,

    • kan udah lama program ‘buwang kelaut ajeh’ ini dijalankan?
      masih ingat dgn becak2 yg dibuang ke teluk jakarta ribuan taon yg lalu oleh masbrow sapa yah ane lupa?
      udah jadi rumah ikan sekarang pastinya…

      yg penting kudu diperhatiin, sblm dilempar kelaut, pretelin dulu onderdil2 yg masih bisa dipakai/berguna (prinsip RE-USE) baik utk dipakai langsung ataw buwat modif barang laen (iyah, as gardan atow gagang persneling masih bisa dipake buwat gebuk pelajar tawuran – ini sbg contoh yg rada nyeleh ajah ya gan), dan jangan sampe ada onderdil2 yg bisa mengakibatkan tercemarnya laut dan punahnya beberapa sepesies makhluk penghuni air garam ini. Sbg contoh, kita tidak ingin melihat ‘oknum’ ikan hiu jenis tertentu yg diduga (belum jadi tersangka statusnya) sering melahap barang apa saja yg terlihat menarik, tiba2 punah krn diduga (blon ada yg niyat pasang CCTV disekitar situ, ga profitable katanya – yakin? cekidawt: tayangan akuarium bawah laut di eks buwangan bis kopajah/metrominih buwat TV slot gap filler ato acara fauna spesial misalnya? gimana VikaFit, tertarik ga? Dikau bisa bikin spin-off JP dgn you sendiri jadi hostnya, jadi ane bisa mandangin teyus ente yg ga bosenin wajah en preilakunya lebih lama lagi hehehe… Eh,”Nikah yuk?!” ciyus neh, tapi ga pake digampar kayak di iklan ya? dah kebanyakan yg gampar soale :D) tersedak onderdil2 kendaraan, spt busi copot ato botol aer akuwalat yg lupa dibuwang ‘oknum’ soepir bees misalnya.
      Kita mungkin bisa tertawa jika melihat ada baut/kunci pas/pelat nopol mobil ada di perut ‘oknum’ ikan hiu, tapi sulit rasanya jika itu ada di perut lumba2 atau satwa air lain yg kurang ‘seram’ dan bahkan cukup membantu kita, spt lumba2 itu.

      Ato gampangnya, bis2 ‘rusak’ itu pemda DKI jual ajah dulu ke pemulung/koordinatornya (yg penadahnya itu abdi lupa namanya euy) supaya dapet tambahan dana kas buwat proyek peremajaan bis nanti, trus sisanya stlh dicek seksama oleh agen pemda DKI agar tidak membahayakan kehidupan satwa laut (cth: tersedak onderdil karatan trus ko-it krn stres diketawain sesama ikan, lebih krn sebab mental daripada fisik – yah, ikan juga punya rasa dan hati spt manoesiyah – tanya aja psikoloog satwa klo ga percaya) baru boleh dibuwang ke laut, tentunya di area laut yg aman bagi semuanya.

      OK, VikaFit JP, koetoenggoe djandamoe! – eh pacaran/kawin aja belon yach 😀 hahaha… embeeerr…!

  2. Yth : Bpk Gubernur dan Bpk Wakil Gubernur.

    Usul…setiap operator/supir transportasi di dki atau yang melintas ke bekasi,seperti jalan raya kali malang harus menggunakan seragam,mikrolet tidak boleh memasang kaca film serta harus berhenti di halte yang telah ditentukan. Apabila melanggar,harus benar2 di tindak,khusus nya mikrolet dan kopaja

    Terima kasih
    Faizal

  3. yakin pak Jow? klo cuma lewat 2 taon mah ga perlu pake kebakaran gitu kalee.. cukup masalah sering mogok aja ato patah as yg lebih masuk akal.
    kudu diselidikin dulu, sebab benernya kenapa..
    bisa aja korslet kabel krn pake kabel eks cabutan alias kanibalan dari bis laen, kopaja misalnya yg speknya aja dah laen.
    bisa dari kabel AC ato kabel busi, tapi klo asalnya api dari area mesin dulu ya kabel busi lah sebabnya, apalagi banyak gas/uap BBM beterbangan disitu, panas banget udah, tinggal nunggu percikan api aja buwat bikin kebakaran di ruang mesin.
    Kabel busi ga boleh sembarangan, pake spek abal2an apalgi instalasinya serampangan, asal saja instalasinya tidak perhatikan soal listrik tegangan tinggi yg bisa meloncat dgn mudahnya ke logam terdekat di bagian tanpa isolasi atau minim terbungkus, belon lagi dibiarkan kena air ujan, yg penting asal ga mogok aja.
    Saya aja hati2 banget dgn soal kabel busi ini, dari yg tadinya pengen biyar ga sering mogok klo kena aer cipratan jalan, makanya kabel busi yg rada rusak/coak kena gigitan tikus saya balut dgn super tertutup rapih dan lumayan tebalnya dgn isolasi berkwalitas baik, eh ga taunya malah sekaligus menghindarkan saya dari bahaya kebakaran akibat bahaya kebocoran (uap) bensin yg posisi alirannya ada yg deket kabel busi (bocoran bensin dari pengatur campuran gas udara/bensin di karburator contohnya atau dari corong air intake yg sering bau uap bensin ato bahkan dari selang bensin itu sendiri yg bolong/terkupas/coak/rusak tanpa diketahui).
    Ini ciyus lho! [tampank ciyus juga biar se-iman].

    “Kebakaran krn api ketemu bensin didalem mesin gapapa bang – nambah tenaga dorong, tapi klo api ketemu bensin diluar, bahaya! cuman nambah ongkos dorong rongsokan angus bang”.
    “Hawa mesin yg super panas, hembusan uap BBM yg bocor dan percikan api/listrik dari gesekan atau kabel rusak = inisiator umum kebakaran di kendaraan” – TaZ

    dulu ane dah pernah bilang, perlu diselidiki kemana aje dana perawatan buwat busway ini, kenapa banyak masalah performanya ini spt ga ada yg ngurus aja, ato kayak pake manajemen sistem setoran kayak swasta laen – hiyah, kebut salip terus bos! ngelaba-bantai trotoar klo perlu!

    • oh iyah lupa ane…

      selain kabel/selang BBM rusak, sistem AirCon rusak, maka radiator rusak juga bisa jadi pembawa petaka yg umum di kendaraan yg hawa mesinnya sama spt pembuat api neraka panassssnya.
      mesin yg terlalu panas bisa terbakar dgn sendirinya (membentuk plasma api/panas) dgn mambakar kabel2/selang2 lain disekitarnya, trus kena selang bensin, ya bleng! bleduk! bushhh… bleweeerr!!!
      Yg koplingnya sering bau angus (bis2 kopajahhhh dan metrominihhh yg sering ngelaba trotoar kayak truk lagi offroad? hayoh ngakuh! :)) krn dah abis licin mengkilat tampangnya tapi masih dipake juga, perlu ati2, ini bisa bikin mesin cepet kepanasan juga ujung2nya krn ga efisien kerjanya (over rpm/torsion than normally required).

  4. Dear all

    semisal pakai SKY CABLE CAR

    seperti di genting untuk kota jakarta apakah memungkinkan? apakah mahal? apakah operasional bisa efisien??
    yg ngerti masalah ini bisa kasi pencerahan

    thanks all

    salam Jakarta baru

  5. Kopaja dan metromini memang sudah harus diremajakan. Tapi yang paling memprihatinkan kok layanan dan kondisi transjakarta ya. Kian lama nggak jelas itu busway. Yang gampang aja, kondisi bus yg tidak terawat, lalu voice announcer di koridor 1 juga sudah nggak ada lagi. Padahal menurut saya itu penting. Terutama untuk wisatawan dan pendatang. Seharusnya jadi SOP lah.
    Sukses pak Ahok!

  6. awasi supir tembak di angkot-angkot, benahi seragam dan identitas yang jelas. Kemudian taxi yang ga jelas badan hukumnya dan sudah reyot, dicopot aja izinnya…malu-maluin gembel amat taxi ibukota….sebaiknya cukup 5 atau 7 macam taxi dengan warna yang berbeda cukup ideal buat Jakarta….

    • Yth. Bpk Gubernur dan Wakil,
      Walau saya bukan warga jakarta (exjakarta juga)saya merasa ttp gubernur saya. Saya mau usul supaya jalan sepajang warung buncit mulai dari perempatan ragunan sampai mampang prapatan banyak rambu2 di langgar terutama perparkiran. Contohnya seperti : perparkiran di depan Imigrasi dan di depan gedung Hermina (klw lagi ada acara)itu parkiran sangat mengganggu pengguna jalan belum lagi metromini yg se-enaknya berhenti..Jalan sepajang itu merupakan jalan alternatif dari segala penjuru dari selatan dan depok untuk menghidari 3in1 di tambah sempit setelah di pakai sebagian utk jalur busway…

  7. pak ahok.. rasanya percuma armada angkutan umum diperbaiki.. semestinya etika mengemudi nya dulu yang diperbaiki, biar lebih sopan di jalan, tidak berenti sembarangan, dan antri kalo macet, bukan malah serobot sana serobot sini.. kalo kita tegur, mereka lebih galak… tolong dipertimbangkan… nanti armadanya baru, malah tambah ugal2an..

  8. sebenernya tidak perlu hibah karena yang salah bukan pemilik kendaraan atau supir tapi….
    DINAS PERHUBUNGAN yang jelas2 SALAH….
    kenapa : karena ijin2 angkutan jalan raya, ada pada DISHUB….
    Jadi tolong aja pak, diberhentikan saja semua pegawai yang berkaitan dengan perijinan dan pengawasan dilapangan…

  9. hibah. dan mereka wajib pekerja trasportasi jakarta. digaji yang layak. mereka harus pakai seragam, ID card, rapi, harum, ramah, sopan, dll. buat SOP yang jelas dan tegas.
    berhenti dan menaikan penumpang. hanya pada halte yang telah dibuat.
    langgar dikit pecat/ganti. biar ada efek jera.
    pasang cctv di setiap lampu merah dan tempat keramaian
    Pemkot DKI pasti mampu pa. wong pajak kendarannya paling besar se Indonesia.

    • buwat ane sih harum ga wajib, tapi klo tetep mo wajib harum juga penting buwat diingat agar tidak memakai parfum wanita atau yg berbau feromon betina (cari tau sendiri lah, ga perlu ditunjukin kan?).
      Kita ga ingin melihat ada pekerja2 transportasi jakarta ini yg diuber2 berbagai jenis anjing batangan dari segala penjuru, yg begitu dikerubungin, anjing2 batangan ini langsung bediri di kaki si pemakai parfum trus pada kompak goyang ngebor maju-mundur kayak doggybot di Transformer…
      Malu atuh jadi tontonan sama turis lewat yg tiba2 LOL terpingkal2 ngeliatin anjing2 pada flashmob gaya gituan! Apalagi langsung masuk yutub, wah bakal kacaw deh! alamat masuk tipi lagi deh urusannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here