Video – Wagub BTP Rapat Bahas Program-program Atasi Banjir

38
313

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama Jumat (28/12) menerima praktisi UI untuk membahas Program-program untuk mengatasi banjir di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

38 COMMENTS

  1. Jakarta sudah benar2 tidak mampu lagi, untuk jangka panjang… solusi yang dibahas paling untuk 20 th ke depan pada menit…?? tergantung mesin pompa?? ga yakin deh… pas banjir listrik mati, beli BBM ga bisa..

    ide pindahkan pemerintahan pusat dan DKI ke daerah lebih tinggi/atas, mungkin ada bagusnya juga….pemisahan kota pemerintahan dan perdagangan… melawan Alam perlu biaya yang sangat besar dan bisa2 mubazir? kenapa harus maksa2in. tanah masih luas di Jabar/Banten… just opinion.

    • ada jawaban seperti ini dari

      BambangHendrarto

      masih bisa Oom, coba baca rujukan ini:

      – DEEP UNDERGROUND BASING – Princeton University ( princeton(dot)edu/~ota/disk3/1­981/8116/811611.PDF

      -DEEP ROCK TUNNEL CONNECTOR indygov(dot)org/eGov/City/DPW/­Environment/CleanStream/Projec­ts/…

      -Tunnel and Reservoir Plan – Chicago, USA | Great Structures of the World

      great-structures(dot)com/tunne­l-and-reservoir-plan

    • Negeri Belanda sebagian besar daerahnya dibawah permukaan laut. Banyak insinyur2/pakar2 air asal Jakarta/Indonesia lulusan Belanda, pasti mereka bersedia membantu klo diminta.

      • Setuju model sungai dibuat seperti talang raksasa..“TaZuper WasteDuct (TaZWaDu)”.

        Ide sy tetap yang sederhana tarik garis pantai sampai ke MT Hartono dg cara keruk sungai sampai kedalam 15m an..
        sisi sungai bikin soldier pile/ato bored pile 30 m…

        biar ntar daerah UKI/Cawang bisa mancing dapat ikan kakap, blanak… wkwkwkwk

        salam Jakarta Baru

        • sblonnye sori kalo salah paham ni bro.
          apa ini berarti nanti daerah utara MT Haryono (si Hartono mah blon dapet ijin jadi nama jalan :D) sampe Pluit dikeruk semua sdalem 10-15m?
          jika ya, menurut analise ane bedasar hukum hidrostatik kayaknya ga terlalu ngaruh de karena cuman aer/liquid yang gantiin tanah/solid jadinye utk area yg dikerok, krn level permukaan aer tetep same aje, segitu juge tingginye. Kecuali ente paksa turun level ketinggian aernya deket muara, maka aliran aer bisa lebih cepat mengalir ke muara (sesuai hukum hidrostatic, aer akan mengalir dari tempat berlevel tinggi ke tempat berlevel rendah karena efek tarikan gravitasi/energi potensial – sama spt efek tekanan udara (hukum aerostatic, klo mo sdikit maksa :D), udara akan mengalir dari tekanan tinggi menuju tekanan rendah shg menciptakan efek aliran udara/angin).
          Makin besar potensinya (perbedaan tekanan/level tinggi-rendahnya), makin cepat aliran/debitnya.
          CMIIW.

          Tapi kalo tetep dilakonin ide ente, ade efek turbulensi aer yg bergerak berputar, di bagian MT Haryono itu kalo gak dibikin melandai mulus (gradual) aliyas tiba2 anjlok kedalaman dasar kalinye dan jika aliran aernya cepat maka ade efek ketidakteraturan aliran aer selain adanya arus bawah yg mengalir naek ke atas dan arus atas mengalir menuju laut, tapi sebagian arus bakal ketarik lagi menuju kebawah dan jadi arus balik berupa arus bawah dekat dasar kali, naek keatas lagi di perbatasan anjloknya kedaleman dasar kali tadi dan begitu seteyusnya – ini bisa menyebabkan hambatan kecil s/d sedang bagi kecepatan aliran aer menuju laut di area kali sekitar MT Haryono (spt efek aer terjun kecil). Untuk itulah waduk2 reservoir diperlukan agar tidak langsung terhubung dgn laut jika masalah area BPL yg dilewati kali masuk parameter itung2an ini dan kecepatan aliran aer kudu dipertahankan stabil ato lebih cepat lagi, ini supaya dorongan/tekanan aer dari laut yg besar tidak menghambat aliran/tekanan aer menuju laut yg lebih kecil, agar plong larinye langsung menuju waduk reservoir, baru kemudian dibuwang ke laut, biasanya dgn pake pompa2 sedot di waduk tsb.
          Kecuali ente bikin efek pipa venturi dgn mengecilkan/menyempitkan penampang kali di area tertentu dan dibagian yg sempit itu dibikin terusan yg dihubungkan dgn ujung kali laen yg butuh disedot otomatis tanpa pompa, krn dibagian sempit itulah kecepatan aer paling cepat shg mampu menyedot apa aje bersamanye. Ini bisa digunakan utk mempercepat penyedotan aer dari kali2 yg lamban alirannye dan berpotensi menggenangi area disekitarnye spt Ciliwung itu (pasang venturi tapnya (2) di titik sblon lewatin area Kampung Melayu/Bidara Cina yg levelnya BPL dan buwang sedotan maticnya langsung ke kanal BKT di sisi timur (1+2) yg juga tempat buwangan aliran kali Cipinang dan saluran aer deket Ciliwung kalo nyampe (1), baru debit aer di Ciliwung bisa dikurangi dan sukur2 bisa mencegah meluapnya aer ke sekitar area Bidara Cina, kira2 spt itu gambarannya – tapi harus diperhatikan level permukaan aer di Ciliwung harus sama ato lebih tinggi drpada level aer di Kali Cipinang/saluran aer deket Ciliwung spy bisa disedot venturi-matic scr efektif ato bisa pake tunnel shg mirip efek vacuum pipa pompa jet jika level aernya lebih rendah di Ciliwung). Nah ide ente utk memperdalam kali bisa berguna sekali utk menampung keluaran debit air yg tinggi (1+2) yg brasal dari aer sedotan venturi tap kali sekunder (2) dan aer dorongan kali utama (1) – mirip2 efek pipa venturi di pompa jet (jet-pump) lah utk membantu mendorong aer keatas lebih cepat waktu mengisap aer dari kedalaman level aer sumur yg lebih dalam dari normal.
          nah karena derasnya kecepatan keluaran debit aer ini, maka bisa hampir meniadakan efek turbulensi umum tadi yg bisa menghambat kecepatan aliran aer normal (tanpa penerapan efek venturi).
          Gak tau kenape, tiba2 aje muncul ide ini waktu ente bilang kudu dikerok kalinye ampe bisa mancing ikan kakap disitu.
          Biasanya sih sering muncul idenya waktu lagi boker tuh, idle nunggu kelamaan ga rebes2, otak muter2 deh langsung… hehehe..

          Salam TaZuper-JB juge.
          BTW, seneng juge ane dapet temen ngobrol soal haitek gini… ngurusin soal lowtek cuman bikin tarik urat emosi binti panas ati mulu, meski kadang asik juge bikin orang dongkol luar biase abis2an… hehehe.. 😀

          • OK, ane dah cek kedua link tsb.

            buwat yg Dubai, ane masih kurang ngerti hubungan-nya, tapi kalo maksudnya dihubungkan ke laut langsung, maka harus tunggu pasang surut dulu baru hambatan dari tekanan aer laut berkurang dan menciptakan beda potensi level aer yg menghasilkan aliran lebih lancar/deras.

            buwat yg gambar hidro kinetics & forces, ane masih berpikir sesuai gambar tsb memang aliran paling cepat ada diatas dekat permukaan aer dan ditengah krn hambatannya paling rendah (efek friksi liquid dgn solids > drpd liquid dgn liquids). sedangkan makin dalam/kebawah makin lambat alirannya krn bukan hanya efek friksi tadi yg dialami tapi juga plus efek tekanan kebawah ke dasar pipa dari efek gravitasi shg membuat seolah2 lebih berat molekul2 aer di spot tsb shg bergesekan lebih kuat dan membuat arus aer lebih ke bawah jadi lebih lambat lagi. Panah2 tsb menunjukkan kecepatan aliran ato vektor besar gaya molekul2 aer dlm aliran kan?
            Tapi ini yg ane perhatiin lebih cermat lagi:
            (dengan catatan level permukaan aer sama antara pertemuan sungai/kali dgn laut)
            coba kalo kita lebarkan penampang permukaan aernya, apakah ini berarti panjang vektor panah lebih pendek lagi utk panah yg ditengah itu (relatif dgn panah2 di kiri-kanannya), berarti alirannya jadi lebih lambat di tengah, spt halnya kalo kita perhatikan kec. aliran aer di talang aer yg lebar vs sempit dgn debit aer yg dipindahkan sama utk keduanya.
            lalu kalo kita coba lebih dalamkan, maka kec. aliran di permukaan aer akan turun juga demi mempertahankan debit aer yg sama (efek dari tahanan tekanan dari laut akibat level water-surface interface-nya sama).
            kecuali jika kita membuat level permukaan aer berbeda tinggi diantara pertemuan laut dan sungai, maka debit aer yg dipindahkan bisa lebih besar krn tahanan dari laut berkurang akibat tiadanya tahanan dari aer laut utk bagian yg terisi udara (sbg pangganti dari aer laut yg tadinya ada) maka aliran aernya pun bisa lebih cepat/deras lagi khususnya dibagian interface tempat pertemuan antara aer di sisi sungai dgn udara kosong di bagian sisi laut yg tahanan/tekanan udaranya lebih kecil drpd tekanan/tahanan aer. Ane sih perne perhatiin aliran aer dari selokan menuju kolam, yg lebar cenderung lebih lambat alirannya ketika bertemu aer kolam yg selevel dgnnya, dan sebaliknya dgn yg sempit, malah lebih cepat sepid alirannya.
            Krn jumlah vektor lawan/penahan dari permukaan laut lebih sedikit drpd yg pake penampang permukaan talang/kali lebih lebar, maka larinya bisa lebih cepat.

            Dgn cuman ngandelin efek gravitasi murni maka: Jumlah debit air yg dapat dipindahkan tergantung dari kemiringan talang air. makin miring, maka makin banyak jumlah air yg dapat dipindahkan dlm satu saat (debit air).
            Jika tahanan dari air laut diperhitungkan, krn bertemu langsung dan selevel permukaan aernya maka akan lebih lambat alirannya (lebih kecil debit airnya) krn vektor2 gaya tolak dari air laut dgn arah berlawanan dari arah aliran sungai ikut diperhitungkan.
            Makin besar luas penampang vertikal air laut ini ketika bertemu air sungai maka makin besar tahanannya. Demi mempertahankan kecepatan/debit air sungai menuju laut lepas bisa dgn menghindari pertemuan langsung air sungai dgn air laut atau memperkecil luas penampang vertikal air laut antara pertemuan air sungai dgn air laut. cara yg paling umum, “indirect flow” (luas penampang vertikal sisi air laut = 0) dgn membuat air sungai masuk water reservoir dulu, baru kemudian dipompa sedot ke laut melewati tanggul laut. cara alternatif kedua (“Normal water-level inclination”) dgn meninggikan permukaan air sungai lebih tinggi daripada level permukaan air laut (spt TaZWaDu ane, mode Normal/Standard), kalau tidak bisa, maka cara alternatif ketiga (dorong-paksa/”forced-push flow”) diperlukan baik dgn efek venturi-jet (jet-flow effect) atau bantuan pendorong air sungai lainnya menuju laut lepas (turbines, pumps, etc).
            Kalo terlampau dalem/lebar digarux, maka aliran air sungai yg terbawah/terpinggir akan paling pelan kecepatannya dgn debit yg sama. Secara umum, dgn besar penampang vertikal air laut yg lebih luwas yg bertemu dgn sisi muka air sungai, maka lebih pelan aliran airnya dibandingkan dgn yg punya penampang vertikal yg lebih sempit/cetek.

            Coba deh ente eksperimen kecil2an praktekin teori ente pake tinta cair (utk marker water speed/debit), talang lebar vs talang sempit (ato talang dangkal vs talang dalem), trus dihubungkan ke kolam buangan langsung (se-level permukaan air) vs lebih tinggi (ato tidak langsung via pompa2 + kanal2 bertingkat) dari permukaaan air kolam. Coba cek mana yg lebih cepat/lebih besar debit airnya yg bisa dipindahkan ke kolam buangan air – utk buktiin ‘kajian teoritis/virtual’ ane bener apa kagak scr amatiran… 😀

            itu aje dulu kajiannye yg ane tau brow.. 🙂

            mengenai Kanal2 bertingKat ala TaZ (KaKaTaZ):
            Cara kanal2 bertingkat mirip spt yg dipakai oleh Teyusan/Kanal SuWe-Z dan Teyusan/Kanal Panu-Ma, adalah utk memindahkan isi air sungai/saluran air dari daerah2 BPL yg rendah secara bertingkat/bertahap menuju level tanah/laut lepas yg lebih tinggi dgn jarak yg cukup jauh (terlampau jauh utk dicapai bagi sebuah pompa sedot/buwang) – pompa2 sedot/buwang diperlukan sekali disini dimana kanal2 tsb spt sebuah batang sungai virtual yg terbagi dlm segment2 kanal dgn ketinggian yg berbeda2. Tiap segment/kanal punya 1 pompa sedot/buwang sendiri2 yg terhubung dgn segment/kanal lainnya. Jika sudah sampai spot ‘turunan’ ya gak perlu kanal2 bertingkat ini lagi, normal aja dialirkan manfaatin gravitasi menuju laut lepas.

          • wah sampe reply nya ga nongol..

            maksud Dubai itu..philosophynya…berapapun besar air hujan hilang ditelan laut…
            konsepnya…buat Jakarta dikelilingi laut…. biar warga juga senang bisa mancing di pinggir sungai dapatnya ikan kakap… wkwkwk….yg simpel2 aja..
            Salam JakartaBaru

          • oo… itu kamsudnya toh… doh.. kirain ape… bilang aja jakarte ditenggelemin separoh… 😀
            membuat jakarta jadi kota pulau didalam negri kepulauan…
            kalo udah jadi pulau gitu mana ada sungai2 brow… laut dah deket gitu..
            tapi nanti masalahnya berubah jadi jakarta tenggelam hanya krn kena topan badai laut kilat dong… mana blon sempet pindah ibukota lagi…
            eh, tapi itu bisa dilindungi dgn TaZuper-CityDome (TaZCiDo) yg melingkupi seluruh kota jakarta… dijamin jakarta bakal aman dari topan badai petir ganas brow! 😀
            Tapi klo dah ada TaZCiDo, jakarta gak mungkin kebanjiran lagi akibat hujan deras ato banjir kiriman krn sudah sealed+protected dari unsur2 luwar yg mengganggu dan punya sistem cuaca sendiri yg terkendali (automatically-controlled weather system). Dah ga perlu AirCon deh warga jakarta… Sejukin satu kota sekaligus bo… bebas debu/asap/polusi lagi (ga ada banjir asap/debu kiriman tetangga lagi)… krn wajib pake kendaraan bebas polusi kalo di Jakarta yg sudah pake zuper city dome…
            mimpinye TER-LA-LU! terlalu heboh… 😀

            Salam JB juga.

  2. Pak Basuki

    Mengatasi banjir ada 3 metode

    Metode ke 1
    1.Profesional
    Planning ,contingency dsbnya sdh dipikirkan diperiapkan dan dilakukan ,jd hanya mungkin 10 atau 20 thn sekali terjadi banjir sedikit yg over dr prediksi

    2.Metode Pelawak
    Spt yg terjadi kemarin

    Jd ujung 2 nya jawabnya spt kemarin

    dan Usulannya jg usulan tidak profesional
    Cuma Minta dibuatkan bedeng penjaga dan orang yg menjaga pompa

    3.
    Metode Psikologis atau Kesabaran
    Jadi Warga dihimbau untuk bersabar dan bersabar

    Nanti kan airnya yang tidak sabar dan surut sendiri

    Zaman sudah maju spt ini koq masih pada aya aya wae

  3. minimal diusahakan dulu (berbuat sesuatu), udah berapa periode Gubernur ternyata ga ada perubahan….coba cek didepan mata dan bandingkan, gorong-gorong di jalan protokol Thamrin cuma 60 x 60 cm….

    sudah parah korupsinya dimasa lalu….

      • kayaknye lebih cucok buwat rumah ikan kale..
        kalo tikus mah dah pade mampus semue kale, scr ntu gorong2 selalu kelelep aer comberan teyus, gimana mo napas normal tuh tikus2? setres berat malah iyah tiyap kali musim ujan tiba.
        lah cuman 60cm diameternya, mana ade lowong buwat rongga udara kalo aer bah dateng? lama lagi… langsung masuk opnam di ICU, tetep aje mampus abisan lagi dipake buwat bikin syuting sinetron, bikin deh sinetron tikus berjudul “The Rats: Love in Jakarta, Lost in Gorong2 Sudi-Tham, The Anti-Climax Continues”.
        😀

  4. Pak Jokowi dan Ahok saya sich hanya memberi inputan yang sangat sederhana saja nich, kenapa sich harus berfikir terlalu jauh sebenarnya banjir tuh bisa diatasi dengan mengarahkan air sungai kali ciliwung dan sungai yang lainnya ke BKT maupun BKB (Banjir Kanal) buat apa sudah dibuat tidak dipergunakan yang saya lihat Banjir Kanal itu airnya kering dan banyak sampahnya kalau air sungai kali ciliwung dan sungai lainnya diarahkan ke sana bersih tuh kali.

    • ntu die nyang ude ane tanyain dulu sblon ngusulin TaZWaDu, buwat ape sih ntuh BKB dan BKT kalo ga kepake 100 prosen buwat ngalihin aliran sungai2 besar spt Ciliwung/Pesanggrahan yg sering dipenuhin isinya oleh banjir kiriman dari bogor/selatan aliyas dari JaBar shg meluap teyus kemane2 di area2 BPL jakarte terutama…
      kalo berfungsi maksimal ntuh BKB+BKT maka Jakarta nanti tinggal ngurusin limpahan hujan di Jakarta aje, ga perlu lagi pusing2 mikirin banjir kiriman tambahan dari Bogor/JaBar yg malah sering bikin banjir di jakarte tambah gila2an.

  5. saya pernah dengar bila BKT-BKB tidak optimal karena letak permukaannya terhadap ketinggian laut. Melihat pembangunan properti yang begitu gencar – imbasnya pada penurunan permukaan tanah Jakarta, maka saya masih sangsi bilamana solusi2 yang dihadirkan (termasuk deep tunnel) akan bersifat sementara.

    • tapi kalo dibikin tanggul2 kali di sekitar area2 BPL yg sering kebanjiran tiap kali meluap kali2 besar tsb sptnya akan bersifat lebih permanen bos… apalagi jika mereka/warga di daerah sering kebanjiran aer kali itu bersedia nanggung biaya maintenance pompa2 sedotnya yg bisa dibeli relatif murah oleh warga di pasaran umum,
      Pompa2 sedot tsb utk menyedot aer waduk2 penampungan kecil sementara di area BPL tsb dan dibuwang ke kali2 besar yg di-tanggul-kan tsb (part of “TaZWaDu.2-Emergency” project).
      Aer comberan yg ditampung di waduk2 kecil sementara itu tsb normalnya adalah aer buwangan warga sekitar di area BPL dan limpahan aer hujan disitu, dan mungkin banjir kecil dari daerah lain yg lebih tinggi.
      Dan agar lebih murah lagi biaya pemeliharaan pompa2 sedot kecil tsb, pakai LTS/Listrik-Tenaga-Surya agar bisa gratis ongkos listriknya. ini dimungkinkan karena pompa2 sedot yg dipakai berukuran kecil shg tidak makan daya yg besar dan mampu disuplai cukup dgn modul LTS/Panel-Surya.
      Hemat dan bisa dimaintain sendiri oleh warga yg butuhkan tanggul kali. Pemda cukup konsentrasi dulu dgn pembuatan tanggul2 yg diminta warga yg sering kebanjiran aer kali dan bisa dilakukan scr bertahap dgn skala prioritas “darurat bencana/tanggul” juga.
      Pembuatan waduk2 reservoir kecil dan Pompa2 sedot kecil bisa disediakan/dilakukan pemda ato warga sendiri ato kerjasama berdua (pemda bikin waduknya, warga beli pompanya, ato sebaliknya terserah). Soal maintenance juga begitu, bisa oleh pemda via Kelurahan ato warga sendiri, ato ditanggung bersama, terserah.

      kalo BKB & BKT maksimal/optimal digunakan sbgmana mestinya (mengalihkan/menyalurkan sebagian debit air dari sungai Ciliwung dan Pesanggrahan agar berkurang signifikan beban tampung kedua sungai besar tsb), maka bisa mengurangi debit air bah di kali2 besar jakarta shg jumlah tanggul yg diperlukan bisa jauh lebih sedikit lagi, krn wilayah2 yg dulunya sering kebanjiran luapan aer kali tiap kali ada aer kiriman/hujan besar skrng tinggal wilayah2 BPL yg parah saja ketinggian tanahnya (terlalu rendah/dalem dibanding dasar kali disebelahnya) shg terus kena luapan banjir kali meski hujan biasa sekalipun.

      Mengenai “SMART Tunnel” yg mrpkan dasar ide dari Deep Tunnel-nya Jokowi.
      Pada dasarnya ini terowongan underground/underpass, yg merupakan gabungan antara terowongan kendaraan diatasnya dan terowongan saluran air dibawahnya.
      Jika terjadi stormrain (hujan deras dadakan) ato stormwater (banjir air bah dadakan), maka saluran air tsb bisa dimanfaatkan sbg waduk lurus/lempeng sementara dan akan dipompa airnya di ujung berikutnya yg lebih rendah. tapi kudu ati2 buwang aernye kemane ye. kalo salah kirim ke kebon/rume orang bisa kena tuntut lho, apalagi klo ampe kena tenggelem juge.
      Pertanyaan ane: apakah bagian terowongan kendaraan bisa dipergunakan juga sbg waduk sementara, kalau2 jumlah air bah yg mesti ditampung tidak muat dlm terowongan saluran air? Jika ya, maka cukup berguna SMART/Deep Tunnel ini, jika tidak, ya utk apa buwang2 duwit ampe mendekati triliunan, mahal biaya operasional/maintain-nya, kalo nanti bakal tenggelem lagi kayak di KL sono, gara2 luapan kiriman air bah yg jauh lebih besar dari yg diperkirakan perancang SMART tunnel sebelumnya, dan pompa2 sedot yg ada ga mampu menyedot/membuwang dgn cepat aer tampungan tsb. Shg tanpa diminta/dijadikan demikian, bagian terowongan kendaraan langsung berubah jadi waduk lurus kedua akibat luapan aer dari lubang2 buwangan aer diatas dan mulut/ujung terowongan.
      Think carefully before doing this SMART tunnel like projects.

      Singapura malah lebih berhasil dgn program Setrap/Denda bagi warga yg buwang sampah sembarangan, ga peduli kemana arahnye, apelagi ke pak pulisi (= brani nantangin ye?), pokoknye kalo arahnye selain ke tempat sampah, dijamin pasti kena denda.
      Dgn begini dijamin saluran2 aer kotanye terawat dgn baik tanpa sampah2 penyumbat dari warga ndablek/geblek ga sadar2 lingkungan sedari doeloe.
      So SG ga perlu lagi bikin gorong2 gede khusus (ape maksudnya biyar sampah2 nyang lewat ga bakal nyumbat saluran aer ya klo lobangnye gede? :D) yg ngabisin anggaran gede, cukup bikin kanal2 aer yg normal2/standar2 ajeh dah okeh.
      Mungkin ‘kebiasaan anti-nyampah sembarangan’ SG yg bagus ini lebih patut ditiru drpd SMART Tunnel bos… krn lebih hemat anggaran… malah nambah pemasukan kas pemda kalo ada yg kena denda tuh.
      Mungkin RT/RW sekitar bisa jadi pionir utk meniru hal baik ini, dgn memberdayakan hansip2 yg ada dan mengawasi saluran2 air dan kebersihan lingkungan di wilayahnya, siapapun yg brani nyampah sembarangan, langsung ditangkep ajeh, kenain denda utk nambahin pemasukan kas RT/RW dan bayar gaji hansip scr swadaya/mandiri, shg tak perlu lagi minta2 iuran kebersihan/keamanan ke warga setempat lagi kayak mafia/preman resmi ajeh.
      Ga perlu takut kas RT/RW bakal sepi, pasarnya masih amat banyak dan luwas koq, masih banyak yg seneng buwang sampah sembarangan drpd yg tau diri.

      oiya… met taon baru brow Aly! 😀
      dan juga sekalian buwat para pemirse ahok.org yg setia, sering ato jarang mampir, tue ato mude, senior (absen duluan) ato junior (absen belakangan), brow ato sista, asli ato kawe, nyablak (gaul-trendy) ato kalem (jaim-terkendali), dst.
      “Happy New Year 2013!”

  6. Pak Wagub, coba pelajari kemungkinan utk membuat pompa di setiap muara sungai di DKI, sperti dari Dadap, Kamal, PIK, M Angke/Karang (BKB), M Baru, Ps. Ikan/Ancol / Cilincing, Marunda (BKT) masing masing dgn kapasitas max 1000 m3/mnt. Mana yg lebih murah dan cepat untuk diterapkan di Jakarta ini.

    • Sptnya sudah terpikirkan mereka, krn memang seharusnya sudah ada di tempat2 tsb, cuman lagi2 kepentok masalah biaya bos, spt biasa…
      pompa2 zuper besar dan powerful daya sedotnya itu mahal banget biaya beli dan pemeliharaannya, makan listrik zuper guede juga lagi (listrik naek per 1 Januari 2013 lho, tambah keder deh si bos :D), dan kudu ditanggung pemda DKI sendiri.
      Dulu dah pernah ada yg nampilin di tipi soal beberapa pompa2 zuper besar ini nyang ngadat entah karena kesumbat ato mati entah krn rusak beneran ato mati listrik. Itu aja kondisinya dah ga cling bling2 lagi dari rupanya nyang ane liyat di tipi, kayak barang jadul lama gak direplace aje.
      Jadi sptnya pemda DKI saat ini cuma bertahan dgn pompa2 yg sudah ada aja.
      Penambahan pompa2 zuper mahal ini agaknya ditunda dulu utk sementara waktu (atau satu-per-satu penggantiannya agar tidak berat anggarannya).
      Krn mungkin dipikir bakal sia2 aja, krn aer yg udah disedot keluwar ntar juga balik lagi lewat banjir rob, sebanyak apapun disedot ke laut.
      Jadi emang kudu nunggu adanya tanggul laut zuper panjang yg membatasi wilayah pantai utara jakarta dgn lautnya, shg cukup taruh pompa2 sedotnya deket tanggul raksasa itu dan tiap pasang gak kena banjir rob lagi yg mengurangi efektifitas pompa2 sedot zuper besar/mahal itu.
      Nah nanti ane pikir area antara tanggul laut zuper dan pantai akan ada daerah kosong, mirip kolam alam raksasa, tinggal dikeruk, dan nanti bikin penampang sungai2 di jakarta miring linear tidak naik-turun lagi (dgn cara dikeruk dasar sungainya ato apalah) menuju area ini agar bisa langusng mengalir tanpa turbulensi dan kalau bisa sih jangan berkelak-kelok lagi aliran kali2 besar, dilempengin/di by-pass aje kalo bisa, biyar gak sempet meluap melebar kesekitarnye krn melambat aliran arus aernya. Intinya, jika bisa secepatnya dialirkan/dibuwang menuju laut agar tidak sempat meluap dan menggenangi wilayah sekitar kali2 besar tsb.
      Dan nanti dgn sendirinya berdasarkan hukum gravitasi+hidrostatik aer akan mengalir menuju ke area kosong ini yg spt waduk reservoir raksasa layaknya (kalo blon dalem tolong dikeruk juga ye, biyar maksimal daya tampungnya, agar pompa2 sedot zuper besar itu mampu menyedot semua limpahan air menuju ke tanggul/waduk reservoir raksasa itu).
      Yang pasti wilayah pantai Tj.Priok tidak kena tanggul laut, cukup bikin tanggul disekeliling area pelabuhan yg didarat saja utk mencegah banjir rob masuk ke belakang area Tj.Priok, karena ini pelabuhan yg sering dilewati kapal2 laut shg merepotkan kalau musti buka tutup pintu tanggul teyus yg malah bikin cepat aus umur pintu2 tanggul tsb saking seringnya dibuka-tutup.

      Sekarang pak Jow lagi sibuk menormalisasi sungai dari sampah2 dulu, dan memang sudah benar, selain lebih murah biayanya.
      Makanya tolong bantu serukan kpd warga jakarta (terutama yg masih geblek spt kata bang Ridwan Saidi) utk tidak membuwang sampah sembarangan ke saluran2 air lagi. Mari kita bantu pa gubernur agar beres dulu masalah sampah di kali ini shg bisa konsen ama proyek2/program2 anti-banjir laennya yg lebih haitek daripada masalah sampah penyumbat saluran2 air. Setidaknya jauh lebih mudah dan murah utk dilakukan warga jakarta sendiri yg sadar lingkungan bersih, kan?

    • nah @bung Taz… ada yang sependapat dengan saya…. Deep Tunnel sangat beresiko…
      apa pendapat Sampean??

      Kayanye ide saya yang terbaik deh… tarik garis pantai/laut sampe ke Uki, enak khan bisa mancing dapat kakap/belanak..

      Siapin aja standby kapal keruk untuk perawatan..
      ditunggu jawabannya.. by the way.. sy juga praktisi teknik…

      salam JakartaBaru

      • soal Deep/SMART Tunnel, lihat reply saya kpd bro @Aly diatas.

        soal ide siapa yg terbaik, no comment deh, ane gak punye niat saingan “who’s the best idea” kek gitu.. cuman memberi masukan/saran ajeh ke forum kalo ane lagi ada ide.. that’s all. biar mereka/floor/audience yg menilai sendiri, OK?
        kalo ane posisikan diri ane jadi audience membaca ide ente, ane masih tetep gak ngerti maksudnye ente “tarik garis pantai ke UKI” itu spt apa yg bener/pas maksudnye, krn yg ane fahami itu berarti membuat separo jakarta tenggelam kalo gak dibikin tanggul2 yg diperlukan. Dan kalo mo dikeruk lebih dalem di titik manapun di badan sungai, bagi ane gak ngaruh banget bagi perubahan posisi level permukaan air normal (follows sea water level & stabilize) sesuai hukum hidrostatik, kalo gak dipaksa turun level permukaan airnya di titik muara (dgn cara disedot biasanya), cuman nambah kapasitas daya tampung debit air yg lewat, itupun kalo lancar alirannya menuju laut lepas di muara, kalo dibiarkan saja levelnya = level air laut, ya malah sedikit menghambat aliran air di titik pertemuan ‘garis pantai’ tsb.
        ane justru kepengen ada (ente ato expert lain) yg bise jelasin ide ente itu disini lebih komprehensif shg ane bise lebih ngarti maksudnye lebih jauh.
        ane gak akan pura2 ngarti, kalo emang gak ngarti, sederhananye begitu bos…
        biarin aje ane dikatain goblok, krn ane emang gak ngerti koq, dan ane juga (seharusnya) wakilin orang biasa pada dasarnya.
        kalo sampe mereka gak ngerti (orang biasa) ya percuma aje ane nyaranin/ngajarin sesuatu (ide/saran/ilmu).
        ini pendapat ane sendiri aje.

        soal ente = praktisi teknik, kan udah ane acknowledge di reply ane diatas juge, “seneng ade temen yg bise bahas soal haitek juge” inget?
        btw, apa ada orang yg telah ‘merendahkan’ anda sampai anda menulis spt itu?

        remember: this is not “”who has the best idea” game.
        berikan saja ide anda ke floor dan jelaskan kpd mereka, dan biyar mereka yg menilai sendiri, OK?

          • Siiippp..Salam buat Mr Sak…. Happy new Year.. Semoga Berkat berlimpah turun kepada semua umat di muka bumi… dijauhkan dari cobaan2 dari yang di atas

            Salam Jakarta Baru

          • Dear bro Sak

            apa bisa upgrade web ini dengan insert gambar2/video seperti forum2 di web2 lain, bukan dengan link ke tempat lain.. lebih top markotobzz dehh

            Salam JakartaBaru

          • sama2 masbrow Sak, hepi new yerr juge! 😀

            ntuh juga lagi nyante koq nulisnya, abis mendusin soalnye.
            nyang bikin ane bingung binti penasaran, nyang ‘dibawah’ peyut koq gak mo ikutan ‘bangun’ ye? biyar sehati dlm kebersamaan dlm ‘pembangunan’ tanpa viagra gitu… masa kudu nungguin subuh pagi dulu seh kek biasanye?

        • Happy New Year Dulu bro Taz… barusan dah lihat kembang api di langit Jakarta..

          klo seperti ir H Laode Masykur MSTR, dah beloman ada waktu…

          yah namanya di dunia maya, banyak yang putih-hitam, terkadang jengkel juga… dikira cuma omdo..

          Salam JakartaBaru

          • sama2.. hepi newi yerr juge… bro buch!
            gara2 kudu ngereply ente, ane ketinggalan 1/2 jem fireworks show disekeliling rumah ane deh.. 😀
            mane kena hujan gerimis lagi, rada sepi bom langitnye, gak maksimal!
            masbrow Sak, laen kali harusnya pak Jow datengin pawang ujan juga donk, biyar maksimal top markotop display kembang apinye di langit jakarte!

  7. Dear bro Sak

    seperti Youtube kalau ada yang reply komentar kita dikirim email.
    bisa tidak upgrade web ahok.org seperti itu… jadi kita tau ada yang balas komen kita.. ini web udah banyak berita2nya..

    thanks

    salam JakartaBaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here