BTP Himbau Pengungsi Pindah ke Marunda

31
324
Menghimbau warga pindah ke rusun

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kebingungan karena banyak pengungsi banjir di Pluit yang enggan pindah ke rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di Marunda. Pengungsi lebih suka menempati Cometa Futsal, yang digunakan sebagai tempat penampungan sementara.

Ahok–sapaan akrab Basuki–berusaha keras membujuk pengungsi untuk pindah ke Marunda. Sebab, izin penempatan pengungsi yang diberikan pemilik Cometa Futsal sudah habis. “Numpang dululah di Marunda, seminggu aja. Gak enak saya sama yang meminjamkan tempat pengungsian. Batasnya hari ini,” ujar Ahok di Cometa Futsal, Pluit, Jakarta Utara, Kamis, 24 Januari 2013.

Ahok menambahkan, usul untuk mencoba tinggal di Marunda ini bukan paksaan. Pengungsi masih bisa memutuskan untuk pindah ke Marunda atau ke kantor Kelurahan Pluit. “Bapak ibu juga bisa balik ke rumah jika mau, tapi saya tak tanggung jawab apa-apa. Ibu-bapak bebas menentukan, saya tidak merantai Anda, ” ujar Ahok.

Ahok menambahkan, jika pengungsi tak betah di Marunda, mereka boleh pulang ke rumah masing-masing. Namun, kalau merasa betah, pengungsi boleh langsung mengurus kepindahannya ke pengelola Rusunawa Marunda.

Terakhir, Ahok mengatakan, misalkan pengungsi tiba-tiba berubah pikiran alias ingin ke Marunda setelah mengungsi di Pluit, hal itu tak ia permasalahkan. Pengungsi dipersilakan untuk mencoba tinggal di Marunda.

Sebelumnya, Ahok menawarkan unit Rusunawa Marunda dengan sewa murah dan fasilitas lengkap untuk para penduduk di wilayah genangan dan bantaran Waduk Pluit. Hingga kemarin, kurang lebih 38 keluarga atau 150 jiwa (dari 820 jiwa) telah memutuskan pindah ke Marunda. Sisanya, masih pikir-pikir.[tempo.co]

31 COMMENTS

  1. Menurut hemat saya tindakan bapak harus lebih bertangan besi u/ menangani manusia spt ini toh rumah mrk ada di tanah bukan hunian jd hajar aja pak ga perlu bantu2in lagi!! uda direlokasi + dikasi enak malah nolak!! Mereka jg ikut andil dalam banjir besar ini!! Kalo duri ga dilekas dicabut maka sakit seluruh tubuh!!

    • Yang susah adalah mata pencaharian mereka, karena mungkin kalau tinggal di Marunda dan kerjanya di sekitar Pluit, maka ongkosnya terlalu besar dan waktu tempuh terlalu lama.
      Kalau dipaksakan juga untuk pindah nanti hasilnya malah tidak efektif.

      • Lah, wong mau dikasih modal (gerobak + isinya) utk mandiri, kok masih ndak mau nyoba. Klo bangkrut, juga tdk apa2, tdk dihitung sbg hutang. Piyeh toh iki? Aku ora mudeng (sy tdk ngerti)…

        • Stuju dengan kamu Bajindool. warga2 kelas bawah ini sedang di-edukasi oleh pemda supaya bisa hidup layaknya manusia beradab & bersosial. memiliki harga diri yang setara dengan warga Jakarta yang berpendidikan tinggi ke atas 🙂 kalau perubahan ini ditolak oleh warga kelas bawah, mereka juga harus merasakan tindak disipliner dari pemda berupa sanksi hukum hehe..

      • kepada anak-2, saya bilang : kalau kalian pengin makan mangga, cara apa yang ditempuh? : 1. tanam dan rawat pohon mangga, sampai nanti berbuah, dan berbagi, (berupaya dng tekun), 2. beli dipasar, (harus berupaya cari duit), 3. minta pada yang punya mangga (hasil instan tapi “mohon belas kasian” selalu, 4. ambil saja dari pohon or dari dagangan orang lain, kalau tidak diizinkan, paksa or ndableg saja/cuek bebe, (paling cepat, mudah, “low cost”, toch dng cara #4 ini, manis dan harumnya mangga tidak berubah jadi masam misalnya).
        pembaca yang budiman, kalau anda pilih cara yang mana?
        salam.

    • Yaa jelas menolaklah..
      Contoh soal yang ane tau bangeet seperti halnya diKampung Melayu,mana ada warganya yang mao dipindahin..
      Kenapa begitu?Karena BANJIR yang memang mereka tunggu2..Dengan keadaan BANJIR mereka ga perlu repot2 -walaupun untuk sementara waktu- cari uang untuk kebutuhan hidup sehari-hari..
      Semuanya sudah tersedia..BANJIR sudah menjadi perayaan yang maniez & berkah bagi mereka…
      Mereka ga mao klo dikasih nasi bungkus dengan lauk tempe atw Indomie..Mereka akan berebut mengambil jatah makan dengan lauk ayam atw daging & Pop Mie..
      Itulah kenyataan yang ada selama ini gan..
      ASAL TAU AZ…

  2. Pak Ahok.. bagi warga yang sulit untuk dapat makan cukup sehari2, tinggal di cometa futsal jauh lebih baik drpd di rusunawa. sebab, mereka takut sekali tidak mampu bayar sewa rusunawa dengan penghasilan yang tidak pasti. belum lagi biaya listrik yang akan jadi beban mereka. begitu mereka tidak mampu bayar sewa semurah apapun yang dianggap layak, mereka takut diusir keluar. uang sewa itu perlahan tapi pasti akan mengalami kenaikan setiap tahunnya. sedang dibantaran kali, mereka mungkin biasa nunggak sewa. listrik curi2 selalu jadi bebas biaya bulanan. naik angkutan umum biasa pasang badan alias numpang tidak bayar. dengan bis yang diberikan pada warga, berarti tidak gratis lagi kan ? yupz… seperti makan buah simalakama.

    ini sudah menjurus kepada masalah pengangguran yang tinggi di jakarta pak Ahok juga sifat pemalas untuk bekerja yang berat2 karena sudah terbiasa ” mencuri ” alias gratis dalam segala situasi. maaf pak Ahok. ini sudah masuk ranah borok sosial karakter warga jakarta untuk yang tingkat pendidikannya menengah ke bawah. ironis ya ?! ^_^

  3. Mungkin saja memang mereka yang menolak karena tinggal dengan tanpa biaya sewa bulanan, jadi tidak heran jika suruh bayar sewa bulanan ketakutan.

    Beda kalau mereka dapat rumah gratis tanpa sewa, memang serba susah mengurus orang yang tinggalnya saja sudah nekad didaerah terlarang, apalagi sekarang bisa serba gratis di pengungsian.

  4. @Grace : mba grace cometa futsal itu bukan milik pemprov DKI…itu tempat usaha…yang punya juga butuh itu tempat untuk usaha…ga bisa dikasih pinjem lama-lama. hanya waktu itu urgen makanya cometa futsal mempersilahkan tempatnya sebagai penampungan sementara tdk bisa lama2.

    pemprov DKI sebenarnya ga wajib untuk membantu warga yg tidak pny ktp DKI. mmg serba salah …mereka tdk pny pekerjaan…mau gratis…dikasih rusun sewa ga mampu byr sewa..maunya rusun hak milik(rusunami)…tpi maunya 7 keturunan jadi hak milik…tidak bisa bgtu juga.bingung juga nih.klo dikasih KTP DKI pengangguran percuma juga.Pelatihan buat pengangguran..dana DKI juga terbatas…COMPLICATED banget dehh Jakarta ini. mana Pemerintah Pusat ga becus…isisnya koruptor semua…harusnya kan pemerataan pembangunan..tp kenyataannya apa? nihil

    • mas brow alex, sangat betul sekali yg anda katakan itu. skrg bagaimana edukasi orang2 yang mental-nya biasa mengemis & mencuri hak orang lain. itu yg jadi akar masalah. Warga2 ini sudah PASANG BADAN & MAIN KEROYOKAN MASSAL untuk melawan walau mereka tahu itu salah & melawan hukum. Satu2nya jalan, Pak Gubernur harus ” DEPORTASI ” orang2 tsb balik ke kampung halamannya bila tidak punya pekerjaan & tdk punya tempat tinggal. Kalau ngeyel, BLACKLIST nama mereka untuk boleh kerja di wilayah Jakarta seperti perlakuan pada napi. Alternatif lain, kirim mereka transmigrasi dengan paksa atau kurungan penjara.

        • Odie, ndak perlu lah sampai jadi urusan Pempu. Deportasi disini bukan berarti mereka tidak boleh lagi masuk jakarta. tapi wajib punya pekerjaan & kehidupan yang layak at least minimal standard kehidupan. Tapi blacklist, lebih kepada pemblokiran KTP Jakarta mereka. ini berarti mereka tidak bisa bekerja di Jakarta. Tidak kerja, berarti tidak punya rumah. maka mereka harus keluar dari jakarta.

  5. enakan di lapangan futsal??? dari sini saja sdh kebaca pak , mental nya..
    seenaknya saja, gak mikir orang lain, manja dan malas.
    Buah dari perbuatan para koruptor juga sih, ini semua, jadi pendidikan dan attitude tdk terbina.
    Boleh dipikirkan, para koruptor, disuruh melayani masyarakat ini pak. Suruh masak, kerja di dapur pelayanan umum.
    Sita harta mereka, cukup tuh untuk biaya hidup rakyat/anak2 korban mereka.

    balik lg ke masalah ini, ya perlu ketegasan pak. Rata kan rumah liar disana, dan pemda tdk menjamin lagi jk terjadi bencana alam.Cabut semua air/listrik liar juga.

    Semoga Tuhan memberi jalan yg terbaik buat mereka dan keputusan yg diambil Gub dan Wagub.

  6. Aje gile, ane aje mau pindah kesitu! cakep banget! cuma max 450 rebu per bulan? lebih murah dari kontrakan kos ane tinggalin dulu (750 rebuan), mana jelex lagi, ga modal gituh (ga ada dapur/kompor, toilet umum cuma 2 biji tapi kamar 12 biji, ngantre kayak ape tau klo pagi2, kayak di soviet jaman Stalin aje).
    Klo kurang ‘pinter’ ya gitu deh, susah diajak ngerti ide/pikirannya pa BaZ. padahal ane liat udah cukup jelas lho cape2 diterangin.. (ape krn ga ade guling? wkwkwk… makanya biasain tidur telentang ngadep langit/SP, toh dikubur juga sama posisinye telentang, masa miring kesamping?)
    ape perlu pa BaZ lebih pelan2 lagi bicaranya, biyar lebih paham untung/enak-nya pindah ke rusun?
    ato pa JoW mungkin bisa bantu jelasin ke orang2 ‘ngeyel’ ini? (krn Gubernur sendiri yg ngomong harusnya lebih ‘patuh’, logikanya begitu)
    —-
    ati2 pa BaZ, sisanya yg “masih pikir2” itu termasuk yg punya tanah di bantaran waduk/kali en nyewain kontrakan petakan (listrik gede 11 KWh lebih, bagiin ke tenant2nye, entah nyolong ato kagak ane gak tau), jadi ikut ngojok2in ‘eks’ tenant2nye agar gak pindah ke rusun, biyar tetep penuh kontrakannye nanti.

    baidewei, ape perlu ye kite pake sistem tangan besi klo ngurus jakarte: “yg kagak maju pikirannye silaken keluwar dari jakarte! biyar kere tapi smart, kite terime!”
    klo gak bakal susah diatur orang2 ngeyel kek gini, ogah mikir panjang, egois, gak mikirin kepentingan umum laennya. dan ini gak pandang baju ato skin.
    Buwat orang2 yg ngeyel ini: “Rumah ente klo krendem lagi, tinggal salahin pa Gubernur/Wagub lagi ye? ooh… begitu… cari2 korban ‘iblis’ lagi buwat disalahin”.

  7. Adaptasi pindah ke lingkungan baru itu sulit, terlebih tanpa kepastian ekonomi. Dan pindah tempat tinggal dari landed house menuju rumah susun juga tak kalah banyak kekhawatirannya.
    —-
    Jika ada waktu, mungkin Pak Basuki (via staf) dapat mensurvey mereka secara langsung tentang kekhawatiran seandai berpindah tempat. Dari situ, barulah inti masalah ditemukan.
    —-
    Saya yakin seburuk-buruknya mereka, pasti masih ada nurani. Ini yang tidak boleh dilupakan.

    • Kekuatiran dan ketakutan thd sesuatu yg baru itu wajar2 aja dan ada dikebanyakan manusia. Maunya status quo, tanpa meninggalkan comfort zone. Bgmn klo diadakan pembinaan “enterpreunership”, meskipun dlm skala mini, misalnya waktu diberi gerobak + isinya, utk beberapa minggu enterpreuner baru ini didampingi oleh seseorang yg sdh berpengalaman berjualan dagangan tsb. sbg guru. Ini mungkin tak begitu mudah pelaksanaannya, ttp bisa dijadikan bahan utk dicoba.

  8. coba dipilah dulu yang punya KTP DKI Jakarta segera dibawa ke rusunawa Marunda, yg ga punya KTP, segera minta Suku Dinas Sosial, persiapkan kirim pulang ke daerah asal atau transmigrasi (buat yg di futsal Cometa pindahkan segera ke kelurahan atau cari GOR pemerintah)…pola hidup mereka memang demikian, harus diubah…coba datangkan kyai atau ustadz untuk conceling pola pikir mereka yg takut bertahan susah hidup…

  9. segera pak Ahok, bikin korps pemulung sampah DKI Jakarta, yg anggota nya pengungsi yg tinggal dibantaran kali/waduk.. mereka bekerja membantu menyelesaikan sampah-sampah banjir, dibayar pemprov DKI Jakarta, untuk pengganti sewa rusunawa mereka…..jadi tidak ada alasan tidak punya penghasilan….atau dikirim untuk bertani/berkebun organik di pulau-pulau kosong kepulauan seribu…

    • Hattori, kalau pemda mempekerjakan mereka sebagai tukang bersih2 (pegawai kontrak), maka mereka2 itu harusnya tinggal di mess karyawan, bukan di unit rusunawa yang bagus seperti itu. sebab, kita2 yang bekerja juga ingin punya fasilitas tempat nge-kost spt yang mereka punya. bukan gitu ? 🙂

  10. subsidi sewanya di tambah pak jangan hanya 1 bulan 1thn biar longgar trus uang sewanya 100rb aja / bln pak biar ringan sy yakin orang2 akan pindah semua….100% sy yakin….tolong di pertimbangkan pak ahok

  11. Entah tanggapan positif ataupun tanggapan negatif yang telah disampaikan oleh kawan2 di sini, tapi memang, pemikiran mereka terbentuk karena lingkungan mereka yang kumuh dan tak manusiawi, dan ini sudah berlarut-larut sampai lintas generasi..

    INILAH SALAH SATU MISI JOKOWI-AHOK menjadi pemimpin Jakkarta…

    MEMANUSIAWIKAN JAKARTA

    jangan jadi pengkritik saja, tapi berikan juga ide2 untuk memanusiakan kembali warga2 kumuh tersebut,
    berikan KAIL, jangan IKANnya,
    contoh salah satunya seperti sdr Hattori berikan, pembentukan KORPS PEMULUNG Sampah untuk warga pengungsi tersebut, jadi petani-pekebun di kep.Seribu

    ataupun mereka diberi kursus menjahit, kursus memasak oleh pemprov (bekerjasama dgn dinas pendiikan ataupun yayasan sosial) untuk bisa mandiri
    Toh selama mereka ber-KTP DKI, mereka akan memperoleh Kartu Jakarta Pintar dan Jakarta Sehat

    dan selama mereka mematuhi peraturan, mereka stay at Rusun, kalo ga, HARUS TEGAS! Usir satu lantai 🙂

    Proyek MEMANUSIAKAN JAKARTA ini jangan cuma di Jakarta saja, kalau ada kawan2 dari daerah lain, USULKAN juga hal ini untuk pemerintahan daerah Anda..
    Bagaimana Proses, tahapan, langkah2 dan kebijakan2 yang perlu diambil untuk mEMANUSIAKAN orang2 liar tersebut

    Awalnya tanggapan sama dgn anda, sayapun marah dgn mereka, tp setelah dipikir terbalik,seandainya saya menjadi seperti mereka,diperlakukan tidak manusiawi, kayak binatang jalanan bertahun-tahun sejak kecil hingga dewasa, sayapun mungkin akan bersikap sama dengan mereka, dan proses memanusiakan kembali ini bukan pekerjaan singkat, perlu proses, sama dengan halnya Banjir dan Macet jakarta…

    Jadi, ayolah kita bersama-sama, bukan hanya Jokowi_Ahok, membangun Kembali JAKARTA…
    Bersama Kita Bisa, Berat sama dipikul, Ringan sama dijinjing, Bantulah Gubernur-Wakil Gubernur Anda, sumbangsihkan pemikiran atau tenaga atau dana Anda untuk Membantu Jakarta! 🙂

  12. Pak Ahok. warga jakarta sangat butuh pembantu rumah tangga, babysitter, tukang kebun, supir mobil yang handal & dpt dipercaya untuk dipekerjakan. tapi sekarang kejahatan mafia terorganisir untuk posisi2 kerja itu sudah sangat meresahkan & menelan banyak korban. Mungkin saatnya, Pak Ahok berpikir untuk bangun tempat Mess Pemerintah bagi orang2 yang sedang cari kerja yang disalurkan oleh pemerintah. diprioritaskan dahulu bagi warga yang sudah punya KTP DKI. bagi warga yang datang dari luar daerah, mereka harus terdaftar pada pemda dan memperoleh surat ijin bekerja di Jakarta. Dengan demikian, hal ini dapat meminimalisir tindak kejahatan yang dilakukan orang2 pada bidang kerja seperti itu dan memonitor arus urbanisasi bagi pencari kerja luar daerah. NPWP mereka akan tercatat. kemana mereka pergi kerja, dapat termonitor. Para majikan juga tidak akan mempekerjakan tenaga kerja yang tidak punya surat2 resmi bekerja di jakarta atau masih dibawah umur karena mereka juga akan kena sanksi hukum dari pemda. Lebih baik uang jasa cari pembantu, supir diberikan kepada pemerintah daripada ke tangan mucikari / calo2 yang tidak bertanggung jawab tsb. Ini salah satu solusi bagi warga kelas ekonomi bawah.

  13. Karena tanah tsb. milik Pemda, bangunan di atasnya seharusnya tanpa ijin. Seharusnya aliran listrik ke daerah tsb. dapat dimatikan.
    Memang susah kalau dapat warisan dari Gubernur sebelumnya yang macam ini!

  14. Kalau step-by-step, barangkali perlu mendukung dulu dari 150 orang yang telah pindah ke Marunda, hidupkan aktivitas di daerah Marunda dan setelahnya biar mereka pula yang mengundang teman2 lain untuk menenami mereka di Marunda…

    Perlu ada motivator (entah apakah istilahnya tepat) yang bisa meng-guide mereka, dan semoga bisa membuat mereka juga bersemangat.

  15. Maaf pak Ahok. Bapak cocoknya di kantor ngurusin aparat dan manajemen saja, kalau masalah grassroot serhkan saja pada Pak Jokowi yang bisa ngemong pasti deh menurut.
    Jakarta sangat beruntung punya pasangan untuk segala lapisan, daerah lain iri, betul pak. Salam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here