Basuki Inginkan Simbiosis Mutualisme dengan PT Jaya Ancol soal Reklamasi

7
114

Ahok.Org – Berbagai upaya telah dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk menangani musibah banjir. Ke depan, Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama akan bekerjasama dengan PT Pembangunan Jaya Ancol untuk mengeruk waduk dan hasil kerukannya digunakan untuk melakukan reklamasi atau pembuatan daratan baru.

“Kita lagi mau panggil Ancol, dia mau bikin pulau. Kalau nggak salah ada 12 pulau ya. Pesisir utara Jakarta, jadi itu ada konsep giant sea wall yang besar di depan laut terus dibelakangnya baru pulau-pulau yang dekat darat,” kata Ahok, di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (4/2/2013).

Menurut Ahok, program reklamasi ini harus dapat menguntungkan kedua belah pihak. “Kita lagi mikir bagaimana kasih mereka izin (bangun pulau) tapi kita dapat sesuatu. Misalnya kita tawarin Ancol bangunin stadion internasional terus waduk sunter dikeduk. Lu dapet pulau, duitnya kasih kita buat bangun,” ujar Ahok.

Ahok mengatakan banyak waduk di Jakarta yang dangkal dan sudah waktunya untuk dikeruk. Namun biaya pengerukan waduk tersebut tidaklah murah.

“Kenapa nggak kita kasih saja sama orang yang butuh tanah. Harusnya kita bikin sistem donk, kamu butuh pasir, kamu butuh buat nutup ditempat kamu, ya kamu yang keruk dong, kenapa harus saya yang keruk. Tanah dari waduk untuk reklamasi pulau. Kalau dia bikin pulau terus dijual kan dia untung. Kalau dia untung wajar donk kita minta bagi bukan minta uang,” jelas Ahok.

Ahok menambahkan, rencana azas manfaat ini secara teori dapat terlaksana tahun ini juga. “Secara teori tahun ini jadi,” ungkapnya.[Detikcom]

7 COMMENTS

  1. alamak…bakalan susah dah lihat laut dan pantai…sekarang aja bayar udah susah, pinggir pantai udah padat restoran dan kafe, ditengah dibangun mal yg parkirnya dilapangan rumput kalo ada acara, diluarnya lagi dibangun apartemen dan villa urban belum ruko, abiss dah tanah Ancol….cuma buat orang berduit doang….

    soal waduk Sunter, tolong diliat, sekarang pinggirannya malah diuruk buat pemancingan yg di kapling-kapling, coba tanya Walikota, Camat ama Lurah nya, jangan-jangan malah Suku Dinas nya yg ga bener…?

    • pantai gak hanya di ancol saja bro, luaaaassss, tinggal di tata, di perindah saja wilayah pantai yg lain. Kalo sdh rapi, aman, dikelola baik.
      Gak usah ke ancol terus kalo mau main di pantai. 🙂

  2. usul bagus pak bas. jadi sama2 untung, dan lebih banyak proyek jd bisa dikerjain dgn apbd yg skrg. dampak lingkungan jg jd minimal, soalnya tanah kerukan langsung kepake lagi.

  3. smart way.
    do it.
    harus bagus juga di planing, execution, supervisi dan evaluasinya.

    sekalian pa. PT Jaya Ancol untuk memperindah 1 kecamatan disekitarnya. agar lebih hijau, rapi dan bersih serta lebih ber etika.

    masa ancol nya bangus banget. lingkungan disekitarnya kumuh gitu. malu dong.

  4. Wah, enak banget donk PT. Ancol. biaya bikin pulaunya cuman seharga mengeruk waduk. murah sekali. pdhal laut & segala isinya kan punya rakyat.

    knapa tdk ditata cantik itu pulau2 kecil yg ada di kepulauan seribu ??? pulau yg trlalu kecil2 diambil saja tanahnya lalu jadikan pulau buatan yg besar kyk sentosa island-nya singapore yg smakin membesar & meluas lagi. jd batas2 negaranya utk caplok kekayaan laut smakin besar saja. pasti tanah reklamasinya dpt curian dari Indonesia wkwkwk… knapa tdk kita lakukan hal yg sama toh ?! bagus buat wilayah kekuasaan nelayan2 kita utk melaut yg smakin meluas 🙂 smakin byk hasil laut smakin kaya pemprov DKI. hehehe…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here