Jokowi Minta Perbaikan Blok G Tanah Abang 100 Persen

2
58

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) kembali menyambangi Pasar Blok G, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (13/8). Kedatangan orang nomor satu di Jakarta itu untuk mengecek ulang lokasi tempat relokasi pedagang kaki lima (PKL).

Mengenakan baju putih dan celana hitam, Jokowi langsung menuju lantai 3 Pasar Blok G, Tanah Abang yang terletak di Jalan Kebon Jati,  untuk mengecek klarifikasi pendaftaran para PKL yang akan menempati kios barunya. Dalam kunjungan yang berlangsung sekitar 30 menit itu, ia juga mengecek lokasi gerbang utama Blok G, pengecatan kios, dan selokan-selokan yang masih tergenang air.

“Tolong konsentrasikan personel ke Blok G untuk pengecatan, di gerbang depan, pipa untuk selokan, semua tolong konsentrasikan ke sana. 100 persen bereskan, Jangan dulu urus yang lain, pembagian kios juga. Tolong konsentrasikan di Blok G,” tegas Jokowi, kepada Kepala PD Pasar  Jaya, Djangga Lubis melalui telepon genggamnya di Blok G, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (13/8).

Setelah menghubungi Djangga, Jokowi melanjutkan pembicaraan melalui telepon genggam dengan pihak pemadam kebakaran (damkar). Ia meminta agar pihak damkar segera menyedot air yang tergenang di selokan di depan Blok G.

Setelah itu, kepada wartawan Jokowi mengatakan, pihaknya tidak melarang untuk PKL berdagang, namun tidak menggunakan badan jalan dan trotoar sehingga mengganggu ketertiban umum. Mengenai banyak pedagang yang non- KTP DKI yang diprioritaskan, kata Jokowi, dalam perhitungannya ada sekitar 700 pedagang dan memang masih tersisa kios.

“Hitung-hitungannya kita kemarin itu ada kira-kira 700 pedagang lebih sedikit, kiosnya ada 1.100, sebenarnya masih ada sisa. Nah, itu yang masukin siapa, ini yang harus diseleksi. Ini kan baru diseleksi, kalau memang sisa ya nggak apa-apa (untuk yang luar Tanah Abang). Tapi jangan sampai yang di luar DKI dapat, yang di sini nggak dapat. Itu yang nggak boleh,” jelasnya.

Ditambahkan Jokowi, saat ini yang menjadi prioritas adalah tempat-tempat yang sudah terlebih dulu disiapkan. Setelah itu, akan ada lokasi binaan yang lain untuk PKL yang saat ini masih dalam proses pembangunan. Direncanakan pada bulan November hingga Desember sudah bisa ditempati.

“Kalau di tempat-tempat yang sudah disiapkan seperti Blok G ini segera dipenuhi, nanti ada lokasi-lokasi binaan, ada 23 lokasi lagi yang sudah dalam proses pembangunan. Nanti November- Desember akan selesai dan (PKL) masuk ke sana, harus masuk semuanya ke pasar, mau tidak mau. Penataan kota ini harus kita lakukan di mana pun, baik di Blok G, di Pasar Minggu, di Jatinegara dan di tempat yang lain,” tandasnya.[Beritajakarta]

2 COMMENTS

  1. Jokowi”PKL harus masuk semuanya ke pasar”setuju,Pak Jokowi-ahok Kibarkan bendera mengawali dan mengakhiri PKL jualan dibadan jalan/trotoar dan penegakan Perda/UU seluruh DKI dan jadi contoh daerah lainnya,kapan SBY instruksikan?Bravo JB

  2. Pak Presiden, jgn ragu2…ikuti hal baik yg sdh dilakukan duo JB ini…jgn pikir sebentar lg lengser pak. Coba lah, bgmana cara nya, supaya kepala daerah lain, bisa tegakkan konsitusi jg..
    Atau paling tdk, peta kan masalah yg ada di daerah2, supaya rakyat mengerti, apa yg mrk harapkan dari seorg pemimpin. Jd gak sembarangan org umbar janji saat pemilihan saja.
    Secara berkala, evaluasi, apa sdh ada pembenahan di daerah tsb?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here