Atasi Banjir dan Macet, DKI Belajar dari Bangkok

0
68

Ahok.Org – Segala upaya dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk mengatasi masalah banjir dan kemacetan yang melanda ibu kota. Termasuk, belajar dari pengalaman negara lain. Bahkan, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) berencana mencontoh Bangkok, yang dianggap sukses mengatasi masalah kemacetan dan banjir.

Jokowi mengaku ingin belajar banyak dari Bangkok untuk mengatasi persoalan di kota-kota besar. “Perbaikan transportasi, penanganan banjir di Bangkok seperti apa, saya kira problem di kota besar sama saja. Jadi kita saling belajar,” kata Jokowi, usai menerima kunjungan M. R. Sukhumband Paribatra, Governoor of Bangkok Municipal Administration  di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (17/9).

Terlebih menurut Jokowi, pada tahun 2015 nanti sudah dibuka Asean Economy Community sehingga mau tidak mau gubernur ibu kota negara Asean harus siap kerja untuk menghadapinya. “Nah intinya kerjasamanya saling belajar saja karena problemnya hampir sama, banjir, macet, sebagian sudah terselesaikan di sana. Seperti itu yang kita ingin belajar, tapi belum kerjasama masih tukar pikiran saja,” ujarnya.

Governoor of Bangkok Municipal Administration, Sukhumband Paribatra, mengapresasi upaya Jokowi yang berinisiatif mengumpulkan para gubernur se-Asean untuk saling tukar pengalaman. “Saya kagum atas inisiatif Jokowi yang mengumpulkan gubernur-gubernur se-Asean saling bertukar pengalaman, setiap ibu kota di Asean memiliki persoalan yang hampir sama,” ujar dia.

Pertemuan multilateral antara Gubernur atau Wali Kota, ibu kota negara ASEAN di Jakarta akan digerlar pada Rabu (18/9) besok. Akan dilakukan beberapa perjanjian kerjasama dalam beberapa bidang, seperti pariwisata, transportasi dan penanaman modal dengan pemerintah provinsi Bangkok. Acara Forum Gubernur dan Walikota, ibu kota negara Asean itu, untuk mempertemukan para pimpinan ibukota negara-negara Asean menyambut Asean Economy Community yang akan dimulai pada tahun 2015 nanti.[Beritajakarta]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here