Jokowi Peringatkan Bangunan Tanpa IMB (Video)

13
151

Ahok.Org – Mulai awal Februari, Pemprov DKI Jakarta telah meluncurkan layanan pembuatan izin mendirikan bangunan (IMB) secara online. Dengan adanya sistem ini selain memudahkan masyarakat, dipastikan waktu pembuatan lebih singkat yakni hanya satu pekan saja. Karena itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menegaskan tidak ada lagi alasan bagi warga Jakarta untuk tidak membuat IMB setiap akan mendirikan bangunan.

Pria yang akrab disapa Jokowi ini, mengatakan layanan ini sengaja dibuat atas permintaan warga untuk dipermudah. Namun dirinya mengancam akan merobohkan bangunan yang tidak memiliki IMB. “Sudah gampang sekarang semuanya (mengurus IMB), jadi kalau nggak punya IMB, saya gempur nanti,” ujar Jokowi, usai meresmikan pelayanan IMB online di kantor Kecamatan Kemayoran, Jalan Serdang III, Jakarta Pusat, Kamis (13/2)

Hal tersebut, lanjut Jokowi, sebagai kompensasi atas permintaan dari warga yang mengeluhkan lambatnya pengurusan IMB secara manual. Dengan menggunakan layanan IMB online, warga yang biasanya membutuhkan waktu 15 hingga 30 hari untuk mengurus IMB, kali ini hanya butuh waktu paling lama 7 hari.

“Keluhan-keluhannya dulu kan, ngurusnya IMB-nya lama. Sekarang sudah cepat, pakai online bisa dari rumah. Paling lama 7 hari tapi prakteknya ada yang cuma 4 hari sudah selesai,” kata Jokowi.

Menurutnya, ke depan bila Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) telah siap di setiap wilayah kota, maka pelayanan IMB online akan bergabung di dalamnya. Sehingga nantinya semua layanan akan berada di satu pintu yang bisa mempersingkat waktu juga. “Secepatnya, nanti kalau PTSP-nya sudah siap gabung ke sana. Perdanya kan sudah ada,” tandasnya.[Beritajakarta]

Berantas Calo, Jokowi Luncurkan IMB Online

Video:

13 COMMENTS

  1. Maaf Pak Jokowi, bangunan2 mesjid, musholah dan langgar hampir semuanya tidak memiliki IMB atau dengan sengaja membangun mesjid yang dijamin tidak akan bisa peroleh IMB karna ketentuan prasyarat-nya dilanggar dengan sengaja. Salah satunya gambar yang ada di link akun facebook ini.
    https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1396465530613614&set=a.1396465527280281.1073741829.100007505404926&type=1&theater

    Bangunan Mesjid yang serupa seperti itu ada terletak di kompleks Perhubungan, Jl. Ciputat Raya, Kelurahan Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Saya rasa itu bangunan masjid besar tidak punya IMB atau sengaja melanggar IMB. Jalan di bawah extended bangunan mesjid itu adalah jalan umum aspal ukuran mobil. Tolong digempur saja. menyusahkan warga kompleks untuk keluar masuk. Terima kasih.

    • hahahahha…kreatip…
      ah ..minoritas gak usah aneh2 deh…
      50 tahun lagi hukum kita belum tentu bisa setara
      patung dewi keadilannya belum pake tutup mata kain, masih pake kacamata rayban hitam..ya dikit dikit masih liat kanan kiri laaa
      mayoritas tetep menang..sing sabar ya
      oye …santai saja…kalo ujan khan bisa buat iyup iyupan hehehe

    • Betullllllll Sis Grace.
      Tambahan lagi posko/ Gardu Ormas Anaskis yang begitu banyak bagai JAMUR. IMB nya mana ???
      Aparat di wilayah mana ???
      Jangan tebang pilih !!!
      SALUT untuk BPK JOKOWI & BPK BTP untuk GEBRAKANNYA.
      Maju terus “JAKARTA BARU”

  2. Tepatnya di jalan gunawarman. Sepengetahuan saya. Itupun telah dijawab dan dibenarkan oleh pengurus wilayah (RT dan RW). Banyak bangunan aneh. Daerah peruntukan yang semestinya rumah tinggal. Semestinya pun IMB nya rumah tinggal. Ternyata berdiri banyak jenis usaha. Trotoar dan jalan mohon dikembalikan sebagaimana fungsinya. Mohon agar daerah peruntukan rumah tinggal tidak mudah di atur sedemikian rupa bisa berubah menjadi tempat usaha. Terlebih yang memakai trotoar dan jalan sebagai parkir. Kalau bangunan yang digunakan sebagai tempat usaha itu punya ijin yang ajaib. mohon agar dicabut. Terlebih menimbulkan kebisingan suara musik setiap malam sampai dinihari, selain tak menyediakan lahan parkir tadi. Banyak yang punya IMB pak. Namun IMB aneh dan merusak suasana ketenangan.

  3. Sekretariat RW08 Kel.Tomang, Kec.Grogol, lokasi Jl.Tawakal Ujung Raya, bangunan + pagar halaman yang luas, semua berdiri di area hijau, saluran air ditutup bangunan, dan TANPA IMB. Diresmikan oleh Camat loh pak . . .
    .
    BAKALAN DIGEMPUR NGGAK PAK ???

  4. Website Ahok.org ini beneran akan difollow up ahok apa nggak yaaaaa……??
    Kayaknya cuma buat web ngoceh-ngoceh warga aja, ngga ada reaksi dari pemprov.
    .
    Gempur Masjid tidak ber-IMB ?
    Gempur Sekretariat RW tidak ber-IMB ?
    Paling No Action Talk Only !!

    • Bung Iwan, website ini dibuat untuk menampung pendapat kita warga DKI mengenai artikel pemberitaan yang ada. Dengan kita ngoceh2 disini, beliau2 sebagai pemimpin dapat lebih mantap dalam mengambil keputusan bertindak dan ide2 sebagai solusi. Tetap saja keputusan terakhir sepenuhnya adalah hak prerogatif pak Gubernur dan pak Wagub selaku pimpinan kapan dan bagaimana dijalankan. kita warga support saja. advis kita diikuti bagus, tidak juga ya harus legowo. stidaknya, kita warga diberi kesempatan mengaspirasikan pendapat kita atau menegor kesalahan yang dibuat pemerintah. hehehee…. enjoy aja lagee…. 😉

      • cuma Grace, website ini ada guna jika berfungsi sebagai wadah pelaporan. ditindak-lanjuti.

        benar tidaknya informasi, kan pak Ahok pasti punya tim khusus untuk check lapangan.

        apalagi kalau masalah yang dilaporkan masih terus berlanjut dan gencar terjadi dalam masa pemerintahan pak Ahok.

        toh bukan karena pengaruh alam, seperti banjir.
        tapi bencana dalam jajaran yang dikepalai oleh bapak gubernur dan bapak wagub. penegakan aturan pemda dki.

        semoga sih termasuk dalam penilaian dalam hasil evaluasi kinerja bawahan.
        kalau dilihat dari berita, biasa saja tuh.

        kalau ahok.org cuma tempat menulis aspirasi saja.
        yaa benar kata bung Iwan, bisa jadi :
        NATO

        semoga website ini benar diikuti oleh pak Ahok. bukan hanya team ahok.

        kita semua mengharapkan yang terbaik dari pak Ahok. karena langka ada orang yang seperti bapak Joko Widodo dan bapak Basuki TP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here