Basuki: Jika Jokowi Jadi Presiden, DKI Tak Akan Guncang

7
92

Ahok.Org – Tahun ini, kemungkinan besar pergantian pimpinan di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan terjadi. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memastikan tidak akan ada dampak negatif terkait dinamika itu.

“Saya yakin tidak akan ada guncangan apa pun. Selama satu setengah tahun bekerja dengan beliau, banyak hal yang perlu dilanjutkan,” kata Basuki kepada Kompas, Senin (17/3/2014).

Menurut Basuki, jika Joko Widodo menjadi presiden, dia yakin sinergi antara pemerintah pusat dan Pemprov DKI akan menjadi lebih baik. Selama ini, urusan sinergi selalu menjadi kerikil tajam dalam penanganan sejumlah masalah di Ibu Kota.

Basuki menyadari, dalam beberapa hal, dia akan kehilangan Jokowi. Namun, di sisi lain, dia yakin akan mendapat dukungan lebih besar dari Jokowi yang berada di pusat.

“Saya yakin beliau tidak ingin melihat Jakarta hancur. Sebab, kepergiannya untuk menyelesaikan masalah nasional, sekaligus masalah Jakarta,” tuturnya.

Selanjutnya, jika menjadi Gubernur DKI Jakarta, Basuki tinggal melanjutkan program Jakarta Baru yang sudah berjalan. Misalnya, melanjutkan normalisasi waduk dan sungai, kampung deret, membenahi transportasi, dan sebagainya. [*]

Jika Gantikan Jokowi, Basuki…

Jika Joko Widodo menjadi Presiden RI, maka Basuki Tjahaja Purnama akan naik menjadi Gubernur DKI Jakarta. Pria yang saat ini masih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan tak mau marah-marah lagi.

“Soal gaya saya yang terkesan marah-marah, hal itu tidak perlu ada lagi. Bagi saya sederhana saja, mereka yang menduduki tanah negara, kami tinggal melaporkan polisi karena menyerobot tanah negara. Saya baru akan mencabut tuntutan hukum jika mereka bersedia tinggal di rumah susun sewa,” kata Basuki kepada Kompas, Senin (17/3/2014).

Soal blusukan, Basuki juga tidak akan meniru Jokowi. Menurut dia, blusukan tidak perlu setiap hari. Sebab, kini ada perangkat memonitor kondisi di lapangan. “Saya perlu turun ketika kondisi memang membutuhkan untuk itu,” ujarnya.

Basuki juga berjanji memberi penghargaan kepada pegawai di tingkat bawah yang benar-benar bekerja. Dia bisa menemui mereka pada pagi, siang, atau malam untuk memberi motivasi dan penghargaan.

“Bagi pejabat yang tidak benar kerjanya, tidak perlu panjang lebar, cukup kami ganti dengan pejabat lain, buat apa marah-marah lagi. Jadi selama ini saya dan Pak Jokowi menyiapkan semua itu untuk ke depan,” tutur Basuki. [*]

* Kompas.com

7 COMMENTS

  1. Pasti ada guncangan. Pak Ahok akan didemo terus-terusan oleh FPI dan kelompok Islam lain. Pak Jokowi akan didemo di istana negara karena janji gubernur 1 periode 5 tahun dilanggar.

    Belum lagi, kalau nanti pak Ahok dan pak Jokowi dapat wakil yang korup. Seperti pengalaman pak Ahok jadi bupati belitung timur, begitu ditinggal nyalon gubernur, ternyata wakilnya pak Ahok bernama Khaerul Effendy di Belitung Timur malah korupsi terus dipenjarakan. Kayaknya, pak Ahok nggak pernah bisa belajar dari pengalaman itu.

  2. Yth. Pak BCP.

    Saya yakin progress yang pesat yang telah diperlihatkan oleh DKI bukan hanya kerja Pak Jokowi. Saya yakin peran Pak BCP sangat penting dalam perubahan itu. Saya sangat berharap Pak Jokowi agak meralat kalimat kesiapannya untuk dicalonkan sebagai Presiden RI periode 2014-2019. Seharusnya: “Dengan mengucapkan bismillahirohman nirohim, saya siap melaksanakan mandat tersebut (dari ketua umum PDIP) bila dipasangkan dengan Pak BCP.”

    Banyak yang mencela langkah Pak Jokowi, tetapi seperti yang telah kita amati, upaya perubahan ke arah yang lebih baik di DKI tidak hanya dihalangi oleh oknum di lingkungan Pemprov DKI sendiri dan di DPRD DKI, tetapi juga oleh siluman-siluman di tingkat nasional. Sepak terjang Bapak bersama Pak Jokowi bila terpilih nanti sebagai pemimpin republik ini, insya Allah akan membuat Indonesia menjadi bangsa yang secara riil benar-benar terpandang di antara negara-negara lainnya dan tentunya membuat pembenahan DKI menjadi lebih mudah dan lebih pesat lagi. Aaaamiin.

    • selain itu, sebagai rakyat, kita harus bersatu dan mempersiapkan diri dibikin susah oleh mereka, mafia2 korupsi yg bisa mempermainkan hajat hidup org banyak bro…
      contoh saja mafia BBM, negara tdk berdaya, karena tanker saja kita gak punya, jk dibuat arus BBM terlambat ke rakyat, kita harus siap bersama2 bersusah2 dahulu!
      Sanggupkah? ya harus! Mafia sampah, truk2 sampah di stop swasta, sampah menumpuk bau, sanggupkah kita? menunggu sampe Pemda berjuang menjd normal lg rhytme nya….
      HARUS SANGGUP! kalo mau negara ini beres!

  3. jIKALAU PAK jokowi terpilih sebagai presiden RI dan pak AHOK menjadi gubernur DKI.Yang namanya NEGARA REPUBLIK INDONESIA masih tidak berubah secara siknifikan dan tetap amburadul disegala bidang seperti sekarang ini,terutama korupsi dan nepotisme meraja lela di tiap2x daerah diseluruh nusantara.
    Maka masa depan kita semua yg bernaung di bawah NKRI tercinta akan gelap gurita karena biarpun kita dipimpin oleh org yg benar2x sudah ter uji karakternya pun tak mampu merubah system dan prilaku2x mental yg buruk kearah yg lebih baik pada pejabat penguasa bawahannya dipusat maupun didaerah.
    Andaikata benar2x terjadi demikian,maka kedepannya SIAPA LAGI YANG BISA KITA PERCAYA untuk memimpin negeri tercinta ini???

  4. YAH PERLU DI MARAHIN LAH , KALAU BENAR BENAR KETERLALUAN GAK BERES,GPP KOQ,KALAU GAK DI MARAHIN GAK KAPOK,GAK TAU SALAHNYA APA ,SUDAH DI MARAHIN TINGGAL PROSES SELANJUTNYA PECAT!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here