Basuki Gunakan Teknologi Untuk Tata Jakarta

7
92

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok berniat memanfaatkan teknologi tinggi untuk menata Jakarta. Dia tertarik dengan safety PIN. Apa itu?

“Itu aplikasi di Iphone dan Android. Jadi warga bisa melaporkan keadaan sekitarnya,” kata Ahok di Kota Tua, Jakarta Barat, Minggu (17/8/2014).

Ahok berada di Kota Tua untuk menghadiri launching TV streaming KPK dan dialog tentang ‘Penggunaan Teknologi untuk Kampanye Antikorupsi. Selain Ahok, acara dihadiri Ketua KPK Abraham Samad, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, dan Jubir KPK Johan Budi SP, serta artis Lola Maria.

Melalui safety PIN, warga bisa memberikan laporan keadaan sekitar, jalan berlubang, sampah, kantor yang korup, dan lain-lain, secara online. Misalnya, kata Ahok, ada petugas Pemprov yang genit, maka warga bisa langsung mengirim tanda yang nantinya terlihat di aplikasi safety PIN.

“Jadi nanti laporan itu masuk dan ditandai di web kayak peniti berwarna merah, biru, dan lain-lain. Warna itu menunjukkan kondisi, aman atau tidak, ada masalah atau tidak,” papar Ahok.

Ahok menambahkan, penggunaan safety PIN akan dikerjasamakan dengan KPK. Aplikasi ini diharapkan bisa menghemat dana APBD karena alokasi CCTV atau peralatan fisik lainnya otomatis berkurang.

Mantan Bupati Belitung Timur ini menambahkan selama ini kerja sama dengan KPK jalan terus. Dia mengharapkan Jakarta menjadi model. “Ibaratnya, kita menyembelih kepalanya dulu. Ini kan kita punya anggaran RP 72,9 triliun, satu persen aja dikorupsi bisa berapa itu,” tutupnya. [Detikcom]

7 COMMENTS

  1. ada cara untuk punya “Safetipin” sendiri…(dengan harga terjangkau)…ke freelancer.com, sediakan dana xxxxx$, langsung para programmer disana akan buat yang mirip, bedanya…kita bisa custom order… 🙂

  2. setelah app-nya selesai…kalau mau jadi gratis…bahkan untung…BISA…caranya pasang iklan mini di interface-nya…semakin banyak user yang aktif pakai…semakin besar revenue-nya…nah…keuntungan dari iklan ini BISA dipakai untuk develoment app-nya untuk lebih bagus lagi…

  3. bagaimana supaya user-nya “semangat” untuk pakai app ini? bisa dengan memberi undian…sebagai hadiah untuk partisipasinya dalam
    membantu negara… 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here