Public Hearing Soal Enam Ruas Jalan Tol

11
104

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan kalau ia benar-benar akan menyetujui proyek enam ruas tol dalam kota apabila lahir dari kebutuhan publik dan bukan karena kepentingan bisnis.

“Enam ruas tol ini benar-benar akan saya setujui apabila lahir dari kebutuhan wajar masyarakat, bukan murni kepentingan bisnis,” ujarnya dalam public hearing di Balaikota Jakarta, Selasa (15/1/2013).

Jokowi mengaku alasannya menggelar public hearing soal rencana pembangunan enam ruas tol di Jakarta. Jokowi mengatakan yang terpenting ia ingin menjadi pejabat publik yang tidak melanggar etika kebijakan.

“Saya ini mau mengaku apa adanya, karena 100 persen saya belum mengerti benar mengenai enam ruas tol dalam kota. Setelah saya mendengarkan pemaparan, mungkin 90 persen, saya menjadi lebih mengerti,” kata Jokowi.

Mendengar itu, sontak seluruh publik yang memadati Balai Agung sore tadi bertepuk tangan seiring ucapan Jokowi tersebut. Salah seorang pengamat kebijakan publik, Andrinof Chaniago mengatakan kalau ada agenda bisnis dibalik mega proyek enam ruas tol dalam kota oleh investor yang meraih keuntungan dalam proyek tersebut.

“Ada agenda bisnis dibelakang enam ruas tol, ada agenda tersembunyi yang menyesatkan masyarakat, apakah sudah betul enam ruas tol ini secara kebijakan publik?” tegas Andrinof.

Dalam public hearing, selain Jokowi, juga tampak hadir Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak, Sekretaris Daerah Fadjar Panjaitan, Kepala Bappeda Sarwo Handayani, Asisten Sekda bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup Wiryatmoko, Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono, para pengamat, pakar, dan masyarakat umum.[Kompas]

Berita Terkait:

11 COMMENTS

  1. Bijak sekali pak Jokowi. stidaknya, bapak sudah memberi kesempatan untuk digelarnya public hearing dan juga website seperti ini untuk menyerap aspirasi masyarakat baik yang pro & kontra. tetap saja, keputusan terakhir ada ditangan bapak sebagai pimpinan tertinggi kami warga 🙂 dan kami akan mendukung keputusan bapak sepenuh hati. Hikmat Tuhan menuntun bapak Jokowi dan semua jajaran staff bapak ya. Tuhan memberkati.

  2. Solusi kemacetan?
    Ini solusi ane terakhir (mudah2an masih mau didengerin, termasuk pihak2 terkait penentu kebijakan):
    “Tinggalkan kenyamanan jika ingin nyaman!”

    sedikit filosofis, tapi coba renungkan sendiri apa maksudnya.
    Ane kasih hint sedikit (abis liyat tipi, jadi ane dapet buktinye langsung atas saran ane soal solusi macet akibat ego pemakai kendaraan pribadi yg mendasar dan tidak bisa dipaksa utk pindah ke kendaraan umum yg belum optimal layanannya dari berbagai segi/sektor, tapi masih bisa ditekan egonya jika slama masih boleh pakai kendaraan pribadi yg masih dianggap lebih aman dan bisa langsung ke tujuan):
    Di Belanda sudah memakai filosofi ini, disana jadi bebas macet dan bebas polusi dgn sendirinya. Dan kendaraan pribadi yg dipakai memang ber-UKURAN KECIL (sekitar 60 persen warga Belanda memakai moda transportasi pribadi ini yg bebas polusi), kalo gak mo dibilang TERKECIL yg makan space jalan. Silakan reply disini yg tau jawabannya, dan ade 2 tipe ‘mesin’-nya, silakan sebutkan keduanya ato salah satu.
    —–
    Nah ane bilang ape! Dah ketemu tambah banyak ajeh bukti2 dari saran ane soal “kendaraan yg TERKECIL makan space jalan” adalah solusinya utk kendaraan pribadi.
    Selama ini warga Jakarta terlalu mementingkan kenyamanan pribadi (AirCon, Full Entertainment, Ruang lega nyaman kayak bawa rumah sendiri, etc) dibandingkan kenyamanan umum (jalanan umum jadi legaan, dst), ya ga heran jalan tol jadi solusinya (yang cuma utk kenikmatan mobil2 kelas guaajaaaaaaahhhhh…! jawara pemakan space jalanan yg pantatnya adalah jawara penyumbat jalanan nomor satu di dunia klo ampe blusukan kemane2 di jalanan macet binti sempit [arti “blusukan” itu yg benernya ini bos, “nyempal-nyempil” klo pake bhs btawi/gaul] – soalnya di Jakarta yg diskriminatip ame speda/montor ini emangnye speda/speda-motor boleh masuk tol? sejak kapaaaan? (sekali lagi: MoGe/HD = mobil, bukan motor, tanya ajeh ame pak WaKaPolRI, ketum HDCI klo gak percaye) dan Jokowi juga gak masukin hal ‘sepele tapi solusi terbaik’ ini ke daftar permintaan beliyaw khan? [kec. dia juga pake montor kemana@, baru brasa kena diskriminasi di jalanan sini] permintaan aneh utk Pub-Tranz masuk tol apalagi speda/spedamotor, “emangnye Tol Suramadu!” ya pak JoW?).
    Dah pade sadar skrng? Oh, masih beloonn… 😀
    Silaken pikirin lagi, masih ade waktu sblm macet total nanti.
    (Macet baru kek gini aje dah pade ngeluh kek ape tau, padahal baru urutan ke-4 di dunia, apelagi macet total nanti ye… pengen denger komen2nye kek orang ksurupan 24/7 di semua forum2… :D)

    • oiya..
      gagal pertamaaaaxx..!
      Grace, Azzzz..*^*&%^&#&^#!!! 😀

      sepele ga penting, tapi ungkapan emosi yg tertahan adalah solusi kemacetan pikiran yg terbaik… dan efektif. 🙂

    • wah masih blon ade yg jawab ye?
      dah ane jawab aje biyar jelas gak salah paham lagi.
      —–
      Jawabannya:
      1. Speda (bermesin) kaki [iye, kudu dikayuh dulu baru jalan]
      2. Speda (bermesin) listrik [inih kudu dicas dulu baru bisa jalan]

      emang TERKECIL kan postur kendaraannya?
      dah gitu bebas polusi lagi…
      ga heran orang Belande waras2 dan fine2 ajeh.
      gak macet jadi gak perlu strezz = stay waraz zelalu en tiba di tekape olweiz on taim!
      gak isep asep knalpot jadi gak perlu ke dokter ngobatin penyakit ISPA = gak dobol kantong en waktu nyembuhin penyakit.

      ane jadi ngerti knape pak Dahlan marah2 proyek spedamotor listrik gak jalan2 2 taon lebih hanya krn problem birokrasi doank.
      mo dibikin lebih sehat aja gak mau, padahal ujung2nya bebas macet parah juga krn ukurannya terkecil, anti-sumbat jalanan.

      “spedamotor” itu termasuk “kendaraan pribadi” bukan sih?
      koq keknya ga dianggep di pembahasan uji publik ruas jalan tol kemaren.
      (kesan yg ditangkep ane: kendaraan pribadi = mobil, krn menghabiskan space jalanan dan ruas lajur pun cuma pake standar lebar mobil, ga disebut2 lajur motor disitu, cuma ada lajur kendaraan umum – jadi motor lewat lajur yg mana nih? ato masih ga boleh lewat/diskriminatip ama motor?)
      klo gitu otomatis “spedamotor” termasuk “kendaraan umum” ya? wah berarti WAJIB di support pak Jokowi nih! kan dia cuma mendukung kendaraan umum saja katanya, dan spedamotor termasuk didalamnya.

  3. rasanya lom ada skema jalan keluarnya yg pasti, masih sekedar berandai-andai, transportasi sementara ga butuh yang kelewat bagus, yang penting lancar dulu…

    kapan genap ganjil+ERP mulainya ????

    • genap-ganjil = pasti gagal! di tipi2 dah banyak siarin soal kegagalan ini, special-requested by ahok.org angry roadsters demand.
      ERP = aturannya atas dasar apa dulu brow? harus jelas agar tak bikin marah roadsters nanti. Ente bisa liat aturan2 ERP yg ane usulin dulu2 sbg rujukan ente. yg pasti yg dari luwar kota pasti kena denda extra/tambahan khusus, ga peduli besar bodinya krn sudah lengkap diatur sama ERP dalam kota.
      dan yg termurah ERPnya yg pakai mesin listrik, baik yg spedamotor ato mobil2 berbadan kecil 1×2 meter max.
      nantinya ada RFID+smartcard berbeda kode/ID utk menandai setiap jenis kendaraan ini yg diembed/disegel ke kendaraan agar bisa cepat discan oleh mesin2 yg dipasang di portal2 pintu masuk wilayah2 ERP ini.
      singkatnya gitu, utk aturan2 ERP lengkapnya ente cari postingan2 ane sblon ini.

  4. USUL:
    TINGGIKAN BADAN JALAN sampai 2 meter, Jembatan Fly Over Kampung Melayu – Casablanca yang sekarang banjir karena luapan sungai Ciliwung
    Maka jika banjir lagi, akses jalan tidak sampai terputus.
    Terimakasih

    • tengkyu atas infonya brow.
      baru ane mo bilang soal bukti ini yg disiarin di tipi2 hari ini.
      nah bener kan pak JoW, inilah sebabnya kenapa harus diteruskan proyek tanggulisasi kali2 besar yg sering kebanjiran kiriman gini.
      dah jelas tekape deket kali yg terkenal sering kebanjiran, ga butuh bukti lebih banyak lagi kan pak JoW utk stick to the good old plan? gak perlu aneh2 lah kek Deep Tunnel yg mega trilyunan gitu, yg di depan mata aje dikerjain dulu ngapa… dah banyak yg minta tuuuhh diteruskan proyek tanggulisasinya dan cepetan/buruan/segera dilaksanakan…
      ato mo nunggu banjir kelelep sampe deket kuningan ato rumah2 dubes dolo baru mo beraksi?

        • wah, ntar ade nyang bikin judul headline:
          “Jokowi ingin proyek monumentalnya jadi, saat ini juga! Agar …. (terusin sendiri brow :))”
          ga enak nanti dengernye dipolitisir (lawan2 politik) kek gitu… ntar ade nyang ngiri nanti… (kek si abbaz :D) dst… hehehe…

          ini aja dah ujan2 kebanjiran dimane2, eh tau2 buruh2 se DKI masih rajin2nye cemunghut nuntut, entah apaan tau, ga jelas apa monya lagi. Apa ini move dari lawan2 politix kah? spt yg terjadi pd politisasi kecelakaan mobil listrik pa Dahlan yg terus2an di blow-up, sampe akhirnya cape sendiri ngulasnya, brenti sendiri…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here