Di Ursula BTP Puji Pertanyaan Kritis Siswa

11
116

Ahok.Org – Sesi tanya jawab antara pelajar Santa Ursula dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok diwarnai beberapa pertanyaan kritis. Salah satu pertanyaan yang mengundang pujian Ahok berasal dari siswa SMA St Ursula.

Pelajar yang tidak menyebutkan namanya itu langsung mempertanyakan janji kampanye Jokowi-Basuki untuk menolak pembangunan enam ruas jalan tol di Jakarta.

“Saya ingat Pak Jokowi ngomong akan menolak pembangunan jalan tol waktu kampanye. Saya ingat betul Pak Jokowi waktu itu ngomong di Metro TV,” kata siswa SMA St Ursula itu saat berdialog dengan Wakil Gubernur DKI di Persekolahan St Ursula Jakarta Pusat, Sabtu (12/1/2013).

Ahok langsung memuji pertanyaan siswa itu. Ia menganggap pelajar tersebut sebagai warga negara yang baik, yang mengingat pernyataan pemimpin dan siap menuntut komitmen yang telah disampaikan sebelumnya. “Warga yang baik seperti ini. Kalau kami orang politik bicara A atau B harus ditagih lagi supaya konsisten,” jawab Ahok.

Ahok menjelaskan, Jokowi tetap konsisten pada program untuk memprioritaskan pembangunan transportasi massal. Selain itu, persetujuan atas pembangunan tol sudah melalui perhitungan manfaatnya bagi masyarakat luas.

“Pak Jokowi tetap konsisten. Transportasi berbasis rel akan tetap dibangun,” kata Ahok.

Ia menjelaskan, manfaat yang bisa diperoleh dari keberadaan jalan tol baru, antara lain, terbukanya jalur bagi truk-truk lintas wilayah yang tidak perlu lagi memasuki wilayah kota Jakarta. Selain itu, ada pula jalur yang mengakomodasi terhubungnya lokasi barang produksi dengan tempat pemasarannya.

“Bukan bela-belain Beliau, Tapi Pak Jokowi sangat konsisten dalam kebijakan ini,” pungkas Ahok.[Kompas]

11 COMMENTS

  1. Pak Ahok, bila tujuannya dibangun jalan baru supaya terbuka jalur2 bagi truk2 lintas wilayah sehingga tdk perlu masuk wilayah kota jakarta, namanya jangan jalan tol pak. tapi jalan biasa. bila jalan tsb dijaga terus kondisinya, maka pajak yang dihasilkan buat warga jakarta kan juga besar pak. cukup untuk mengembalikan biaya pembangunan jalan tsb. bila pemprov tidak punya uang, jangan dibangun dahulu. bapak mungkin cuman duduk memimpin 5 tahun saja. tapi kami warga harus membayarnya selama puluhan tahun. sangat memberatkan pak.

    janji adalah utang. realisasikan dulu janji2 yang sudah dibuat, baru mikir untuk ke jalan tol-nya pak.

    • Grace, sy setuju dibuat jalan lintas tersebut, baik itu tol maupun tidak, manfaatnya jelas lalulintas angkutan barang truk dan angkutan penumpang bus tidak masuk ke jakarta dulu. Tol juga tidak masalah kalau pake sistim setelah sekian puluh tahun diserahkan ke negara. Yang penting jangan di mark-up, nanti beban tiket tol-nya mahal yang harus dibayar rakyat,jadi harus dicermati, demikian juga MRT dan Monorel. Inilah masalah yang sebenarnya.

      • inti dr PIHAK YG KONTRA toll itu sudah jelas yaitu BEBAN BEAYA bagi warga yg berkelanjutan.
        klo itu itu bisa di cut, ya no problem.
        klo tdk bisa ya toll nya yg d cut.

        • TOLL = BAYAR.
          NON-TOLL = TIDAK BAYAR.
          CON-TOLL = CONTRA-TOLL = Kontra/Berlawanan/Tak-Setuju Bayar (Ngutang dulu di warunk).
          PRO-TOLL = Pro/Searah/Setuju Bayar (Bayar kontan/cash keras).

          isenk lagi aahh:
          Zezuatu: …lah kapan bisa “eeekkksyeeenn…!” nya donk si tool ituh klo di “kaaaaat…!” teyus?

  2. lht tetangga aje yaitu singapur.
    khaan kotanya kurang lbh sama sperti jkt.
    tinggal contek aje.
    knpe singapur bisa, kok jkt tidak bisa ???
    NAAAH…..PASTI ADA YG TIDAK BERES !!!!!
    JELAS BANGEEEET……

  3. knp kita hrs tolak toll d jkt ???
    ilustrasi :
    skg aje mcet dmn2 oleh produk mobil.
    ane pke mobil pribadi / taxi uda nyeraaaah.
    lalu ane sdh coba busway, hasilnye mandi keringet antri, was2 kjhtn dan sring kn mcet jg.
    lalu ane motor kopling, hasilnye asam urat, gr2 tgn-kaki sibuk opergigi/ perseneling bentar2.
    lalu ganti lagi motor matic skg, agak mendingan tdk sampe asam urat, ttpi hrs lwt trotoar kyk lomba moto grass root.
    body bwh ancur deh, tapi ane kgk peduli yg penting cpt sampe drpd kn mcet juga.
    sring ane ngelamun dlm kmacetan itu : boro2 pke motor bs lancaaar seeerrr…soale ane lihat org jln kaki aje susah mau nyeberang jln, pdhl dlm keadaan mcet.
    itu krn jarak mobil motor begitu rapet, hingga tidak ada ruang utk pejalan kaki lwt.
    akhirny ane nyerah krn faktor usia…ane sdh tdk kuat lagi bawa motor.
    jadi ane pasrah d rmh aje drpd mcet2an d jlnn.
    COBA klo moda massal bnyk, aman, murah, mungkin sy uda kmn2 lagi.
    kpn itu terjadi ???
    klo kate tmn2 nunggu gw mate dulu alias gak jelas pasti itu mksd tmn2 sy.
    mrk bahkan berani bertaruh dg sy 10jt banding 100jt mrk, bhw yg jadi terlaksana pasti toll dan bkn monorel.
    alasan mrk masuk akal yaitu toll SANGAT MENGUNTUNGKAN dan NOL RESIKO krn perundangan yg berlaku d indo.
    klo toll d acc, maka pemilik dana monorel akan banting setir k saham toll.

    • kecian de lo bat 😀 wkwkwk…
      tinggal daerah mana sih koq ampe macet kek gitu banget, pejalan kaki aje ampe kjepit gituh di antara bemper mobil.. ada yg sampe matek gak? 😀

  4. Kalau memang kebijakan yang diambil pemprov DKI sudah memasukkan kepentingan publik, tinggal gimana membatasi jumlah kendaraan yang beredar di Jakarta baik motor maupun kendaraan pribadi. Mungkin dengan cara :
    1. pembatasan jumlah kendaraan disetiap perusahaan dan penerapan pajak progresive yang “sangat mahal” buat mereka
    2.Pembatasan jumlah kendaraan disetiap rumah di DKI
    3. ERP yang mahal untuk kendaraan dari luar Jakarta yang mau masuk ke DKI, sehingga mereka yang dari luar Jakarta ketika mau masuk ke DKI mau ngak mau lebih memilih naik Busway atau “kereta api cepat” yang disiapkan pemprov(tolong dikaji kemungkinannya)
    4. Kemudahan,keamanan, kenyamanan, ketepatan waktu sampai tujuan dalam menggunakan transportasi publik (busway, monorel, MRT, dst) dapat pergi kesemua tujuan di DKI, dibandingkan dengan naik kendaraan pribadi macet mulu, kalau ini bisa tercipta, DKI akan bisa sangat berkurang macetnya. Orang akan lebih memilih naik transportasi umum dibandingkan mobil pribadi

    • bagus, ane setuju dgn ini, tpi sptnya bakal ada tentangan dari pengguna mobil pribadi (kalo spedamotor users sptnya ga masalah krn emang umumnya digunakan utk bawa badan sendiri jadi sesuai dgn tema public-tranz/PT) yg merasa layanan PT belum baik/maksimal di jakarta ini dan yg perlu kendaraan pribadi utk bawa barang banyak demi alasan keamanan (tapi biasanya juga ga masalah krn punya 1 aja di rumah dan cuma utk bawa barang banyak saja, dan PT lebih dipakai klo bawa badan aja – kayak ane lah, cuma butuh mobil kecil kayak Morris-nya Mr.Bean ukuran 1×2 meter max pengganti spedamotor utk bawa barang blanjaan bulanan yg banyak, tau sendiri kan jalan2 pake kendaraan pribadi is a no-no di jakarta yg macet abadi, jadi harus dimanfaatkan seefektif mungkin waktu dan BBM yg dibuang2 percuma di jalan krn macet, sekali jalan banyak barang bisa diangkut ke rumah – koq kayak maling rumah kesannya yah? :D).
      Apalagi jika yg pro mobil pribadi ini juga merasa mobil adalah rumah/akuarium pribadi kedua mereka, ga usah jauh2, disini juga ada contohnya, spt sesuai pengakuan Grace sendiri lalu, urusan tidur/mandi, makan/minum, kencing/eek aja disitu, bahkan diaggap trolley zupermarket, shg penuh barang2 blanjaan bulanan – yah benar, spt akuarium kedua (eh, Grace, kesannya ente tuh homelezz banget ampe mobil jadi caravan gituh 😀 tinggal di-‘gubux’ mane sih klo bole tau ampe ga betah gitu di rumah normal kesannye?).

      • Utk yg no.3 soal ERP, tapi utk dalam kota (yg dari luwar kota emang harus dikenakan penalty ERP-LK/Luar-Kota setinggi2nya, dan sedikit lebih tinggi jika bisa mematuhi kriteria ERP-DK/dalam-kota spt dibawah ini).
        Jadi intinya ada elemen ‘denda’ utk ERP krn dari luwar kota.
        Rumusannya: ERP-LK = ERP-DK + Denda-LK.

        Klo bisa, utk pengguna kendaraan pribadi di jakarta diarahkan utk memakai hanya speda-motor ato mobil kecil (klas “mini city car”) ukuran 1×2 meter max demi menghindari macet akibat mobil2 kelas gajah yg sering menyumbat jalan.
        ERP yg diterapkan akan lebih ringan utk yg memenuhi kriteria diatas (kena ERP max jika tidak), dan lebih ringan lagi jika mamakai mesin listrik krn alasan non-pollutant/environmentally-friendly, hemat BBM/energi, dan tidak brisik (tipikal mesin ICE/BBM tanpa knalpot emang sangat brisix dgn tema ledakan tanpa henti), yg memang SANGAT DIBUTUHKAN utk kota besar (klas MEGAPOLITAN?) padat spt jakarta ini.

        Bgmana pak JoW/BaZ? Sudah dipersiapkan daftar tarif ERP ini jauh2 hari?
        Karena sudah pasti harus diterapkan utk mengatasi macet (dan polusi udara/bunyi serta penghematan energi/BBM), drpd gonta-ganti plat nomor ganjil-genap yg sudah diperkirakan gak akan terlalu efektif krn efek ‘mudah diakali’ itu (bagi yg punya plat nomor genap, beli plat baru ganjil ato kendaraan baru dgn plat ganjil, yg BISA DIPESAN via calo/agen rahasia 004 spezialitzazi platnomor 4 angka).

        • oiya ampe lupa kaaan… gara2 mo nulis irit, malah jadi tambah boros banyak tambahan postingan gini… 😀
          —–
          kalo tinggal mobil2 kecil mini (lebar max 1 meter) dan spedamotor (lebar rata2 < 1 meter) yg bersliweran di jalanan jakarta, maka jalanan yg tadinya cuma cukup utk 2 lajur mobil normal, bisa dimaksimalkan jadi 3 lajur mobil mini ato bahkan 4 lajur klo mo dipepet abiz ato semuanya spedamotor (malah bisa 5-6 lajur kale klo spedamotor semua).
          Klo tidak ada penambahan kendaraan lagi, maka pengurangan ukuran ini akan berdampak pada bertambahnya space kosong jalan yg tak dipakai kendaraan shg jalanan lebih legaan efeknya (masalah "bemper ktemu bemper" bisa jarang ditemukan lagi, tapi saingan pembalap diseblah kiri-kanan tambah banyak sptnya dgn bertambahnya jumlah lajur scr otomatis).

          Mungkin kita harus berkaca kpd kota Paris, dan alasan knapa skuter2 dan mobil2 mini irit BBM/listrik yg populer disana.
          Warga benua Eropa sudah terkenal 'lebih irit/hemat' soal ukuran kendaraan dan pemakaian energi/BBM daripada rekannya di benua Amerika yg lahan+jalanannya luwas2, yg bahkan ketika macet pun spt di LA, masih terlihat jauh lebih legaan drpd jalanan di Jakarta (mereka gak suka bangetz 'ciuman bemper' gituh) – mungkin itu sebabnya spedamotor gak laku keras disonoh (masih lega jalannya utk nambah mobil 'boros' mereka, ya boros space ya boros BBM juga, ane aje shock pertama kali denger mereka ukurin BBM pake gallon unit, bukan liter – whaat?).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here